Makanan Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Makanan sehat untuk diet menurunkan berat badanMakanan Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan - Makanan sehat sangat penting untuk tubuh kita agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sebaik - baiknya.

Apalagi jika Anda sedang dalam melaksanakan program Diet sehat, tentu saja tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan.

Sebenarnya ada beberapa jenis diet yang bisa kita ikuti di antaranya diet Dash dan diet Coklat panas atau diet OCD yang di pelopori oleh Deddy corbuzier. Kesuksesan diet tergantung dari diri kita sendiri dalam melaksanakan diet, apakah disiplin dalam menjalankan diet atau hanya sekedar menjalankan keinginan sesaat saja, hanya kita sendiri masing-masing yang menentukannya.

Di bawah ini ada beberapa jenis makanan sehat yang bisa kita manfaatkan untuk referensi tambahan dalam menjalankan diet yang sehat serta cocok untuk tubuh ideal, dan ini juga cocok pula bagi mereka yang memiliki tubuh bongsor dan berlemak tinggi.

Berikut Makanan Sehat Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

1. Apel

Kandungan nutrisi yang ada pada apel adalah serat yang sangat mudah di olah oleh tubuh untuk melawan kolesterol. Selain itu satu apel setiap hari maka Anda akan jauh dari segala penyakit kanker. Loh,,, kok bisa? karena apel mengandung Quecertin dan plavanoid selain vitamin C sebagai antioksidan.

2. Kacang Almond

Kacang almond di percaya kaya serat dan zat besi serta beberapa zat lain yang bermanfaat bagi tubuh antara lain magnesium serta vitamin - E. Konsumsi almond maka program diet Anda akan terbantu.

3. Blueberry

Blueberry atau jenis buah berry lain sangat cocok untuk mendukung diet sehat Anda karena buah ini kaya serat dan sumber vitamin - C yang bermanfaat untuk antioksidan. Konsumsilah buah buahan segar dari jenis berry.

4. Bayam

Konon menurut sebuah penelitian daun bayam kaya zat besi, vitamin A, vitamin C dan magnesium sehingga bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.

5. Kacang Merah

Anda juga bisa memanfaatkan kacang merah karena kacang merah kaya serat, zat besi, fosfor, vitamin serta magnesium tinggi.

6. Brokoli

Brokoli bisa di bilang sayur ajaib karena sangat bagus sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Brokoli kaya kalsium, potasium, vitamin A dan C sebagai tips lebih baik pada saat memasak sayur brokoli jangan terlalu matang karena kandungan nutrisinya akan cepat hilang dan rusak.

7. Ubi

Ubi kaya karbohidrat serta vitamin yaitu vitamin A, B, C serta vitamin E. Ubi yang di masak sampai matang sangat baik untuk membantu pencernaan.

8. Salmon

Ikan ini kita kenal dengan kandungan Omega3 yang tinggi dan tentu saja sangat baik untuk kesehatan otak dan tubuh kita. Jika kita kesulitan konsumsi ikan salmon Anda juga bisa mendapatkan gantinya yaitu pada ikan lele, ikan lele juga kaya omega3 sehingga bagus sekali untuk kesehatan otak dan tubuh kita.

9. Gandum

Konsumsi roti gandum setiap hari sangat baik untuk melancarkan pencernaan kita serta bagus untuk pertumbuhan sel. Karena gandum banyak mengandung vitamin B3, Thiamin, serat, zat besi, vitamin B1, serta vitamin E.

10. Kedelai

Kandungan zat besi, kalsium dan omega 3 juga terdapat pada kedelai. Konsumsilah kedelai karena sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Diet Sehat

Adalah suatu langkah atau cara yang di lakukan seseorang untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, sehinga akan di dapatkan kondisi tubuh yang sehat dan prima meskipun menjalankan program diet.

Cara Menurunkan Berat Badan

Cara yang tepat untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan aktivitas tertentu yang di sertai dengan mengkonsumsi makanan sehat secara rutin dan disiplin. Dengan memiliki tubuh yang ideal maka tubuh akan jauh dari berbagai penyakit dan juga menambah kepercayaan diri yang tinggi.


Berikut ini Langkah Untuk Menjalankan Diet Sehat Yang Benar


1. Lakukan Sekarang

Jika sudah memiliki niat untuk menjalankan diet maka lakukanlah sekarang. Jangan membiasakan menunda nunda aktivitas karena cenderung tidak akan dilaksanakan, oleh karena itu lakukan sekarang juga.

2. Gunakan Tujuan Yang Nyata

Untuk memotivasi program diet Anda, bila perlu ambil celana jeans yang telah lama di dalam almari dan gantung di luar agar selalu terlihat bahwa itu adalah tujuan nyata Anda serta bertekad akan memakai celana favorit Anda yang dulu.

3. Jangan Terlalu di Paksakan

Kita hanya membutuhkan kalori sekitar 1.200 - 1.500 per day agar badan selalu dalam keadaan sehat. Menghabiskan kalori hingga 600 - 800 per day justru akan memperlambat proses metabolisme tubuh dan bisa bisa bukan kesehatan yang di dapat malah justru penyakit. Maka dari itu jangan terlalu ekstrem dalam menjalankan diet.

4. Majukan Jadwal Sarapan Pagi

Jika Anda terbiasa dengan sarapan pagi berubah sarapan siang artinya sarapan pagi yang di lakukan pada jam - jam 9 atau 10 siang mendiangan majukan jadwal sarapan pagi Anda menjadi sekitar jam 6 atau jam 7. Ini di maksudkan agar pembakaran kalori berlangsung sejak awal waktu berputar dalam setiap hari.

5. Cek Menu Sarapan Anda

Menurut Dr. Pauline Endang SpGK (Spesialis gizi di jakarta) Awalilah sarapan pagi Anda dengan setangkup roti gandum plus salad dan dadar telur. Atau bisa juga 100 gram nasi dengan sepotong ikan plus sayur. Kalori sebesar 300 - 500 cukup untuk mengawali hari Anda.

6. Kunyah Makanan Sampai Halus

Mengunyah makanan tidak harus 36 kali namun Anda bisa merasakan bahwa makanan yang Anda kunyah sudah betul betul halus dan siap untuk di telan. Karena dengan demikian makanan dapat dengan mudah di olah dalam pencernaan dan penyerapan sari sari makanan lebih sempurna.

7. Jangan Lupa Minum Air Putih

Air putih sangat di butuhkan oleh tubuh, dalam keadaan dehidrasi maka metabolisme tubuh akan terganggu. Konsumsi air putih secukupnya biasanya sekitar 7-8 gelas setiap hari.

8. Jangan Lupa Bergerak

Satu lagi yang tidak kalah penting untuk menjalankan diet sehat adalah bergerak. Anda harus bergerak! lakukan aktivitas sesuatu yang dapat tubuh Anda berkeringat. Olah raga sekitar 60-90 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu sudah cukup untuk mendukung keberhasilan diet Anda. Melakukan aerobik berbentuk jogging plus jalan kaki cukup efisien untuk membakar lemak.

9. Perbanyak Makan Serat

Konsumsilah makanan yang banyak serat! buah dan sayur segar bagus untuk Anda. Menurut Dr. Endang, manusia membutuhkan 21 gram serat setiap hari, tambah porsi buah dan sayur segar yang Anda konsumsi.

10. Apakah Cukup Dengan Buah dan Sayur Saja?

Tidak, tubuh Anda masih membutuhkan protein untuk menghasilkan energi, masukkan protein 15%-20% saat setiap Anda makan, maka metabolisme tubuh akan tetap bejalan normal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Berat badan ideal wanita (Kg)= (Tinggi badan (cm) -100) - (15% x tingi badan - 100)

Contoh:
Seorang wanita memiliki tinggi badan 170 cm maka berat idealnya adalah?
( 170 - 100 ) - ( 15% x tinggi badan - 100) = 59,5 Kg

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Berat badan ideal pria = (Tingi badan (cm) - 100 ) - ( 10% x tinggi badan -100 )

Contoh:
Seorang pria memiliki tinggi badan 180 cm maka berat idealnya adalah?
( 180 - 100 ) - ( 10% x tinggi badan - 100 ) = 72 kg

Semoga Anda sukses dalam menjalankan diet sehat dan menurunkan berat badan serta yang paling penting adalah kondisi tubuh Anda harus tetap dalam keadaan sehat walafiat.

Terima kasih



2 comments:

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga