Mengenal Kesehatan Jiwa

Mengenal kesehatan jiwaMengenal Kesehatan Jiwa - Kesehatan jiwa seseorang cenderung tidak stabil, banyak sekali kejadian setiap hari yang dapat mempengaruhi aktivitas penting kita seperti pekerjaan , studi, asmara dan masih banyak lagi yang lain.

Menurut Dr. Supiyani Henuhili, Sp.Kj mengatakan bahwa "jika seseorang sering merasakan kondisi tubuh yang tidak biasa seperti sulit tidur, sikap waspada yang berlebihan, tidak tenang, nafsu makan menurun, nafsu seksual menurun, sulit konsentrasi dan perasaan tidak tenang lainnya, sebaiknya segera di periksakan ke dokter ahli."  siapa tahu kejiwaan Anda terganggu, dan ini harus segera di atasi. Tambahnya

Secara Umum Ada Tiga Faktor Yang Mempengaruhi Kesehatan Jiwa Kita

1. Faktor Organobiologi

Faktor ini tidak bisa kita hindari jika di ketahui bahwa orang tua atau kakek nenek kita pernah memiliki kebiasaan yang seperti Anda rasakan. Faktor genetik ini menurun dan sulit untuk menghindarinya. Contoh lain adanya ketidak seimbangan zat-zat neurokimia di dalam otak kita.

2. Faktor Psikologis

Faktor ini antara lain bisa berbentuk mood yang tidak stabil, rasa cemas yang berlebihan, adanya halusinasi atau suatu gangguan adanya salah persepsi terhadap ungkapan yang di sampaikan oleh orang lain dan berlebihan.

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perkembangan jiwa seseorang terutama bagi mereka yang masih dalam taraf pertumbuhan. Faktor lingkungan mulai dari yang paling dekat yaitu keluarga lalu lingkungan sekolah, tetangga atau kampung dan masih banyak lagi faktor sosial yang mempengaruhi. Jika lingkungan sosial seseorang sehat tentu jiwa orang atau remaja atau anak tersebut pasti sehat namun juga berlaku sebaliknya.

Ganguan kejiwaan memang tidak mematikan namun sangat mengganggu dan merusak produktifitas seseorang. Selain itu juga biasanya akan merepotkan anggota keluarga yang lain atau masyarakat sekitarnya.

Tidak sedikit mereka yang tergangu kejiwaanya selalu berhubungan dengan aparat hukum di negeri ini sehingga merugikan diri sendiri, lembaga dan orang lain. Oleh karena itu deteksi sedini mungkin lebih penting dari pada mengobati.

Stres dan Depresi

Stres yang timbul ini adanya banyak faktor yang mempengaruhi kejiwaan seseorang, seperti pekerjaan berat, asmara bermasalah, studi yang menyiksa diri dan masih banyak lagi yang lain, hal ini jika di teruskan terjadi maka tingkatanya bisa meningkat menjadi depresi.

Seseorang yang mengalami depresi cenderung banyak murung dan diam, kalau sudah seperti ini harus segera di tangani, kalau tidak semua sistem kehidupan dalam tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Konsultasikan kepada dokter ahli kepercayaan Anda, meditasi lebih banyak membantu kondisi kejiwaan Anda dan melakukan olah raga rutin setiap hari setiap pagi juga bisa membantu keadaan kejiwaan Anda agar lebih tenang dan bahagia.

Terkadang seseorang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami stres, bisa di deteksi melalu gejala-gejala depresi antara lain rasa sakit di ulu hati yang terus menerus, sakit migrain atau sakit kepala yang berkepanjangan, sakit kulit dan masih banyak lagi yang lain, namun sayangnya biasanya di abaikan oleh penderita.

Namun tidak selamanya stres atau depresi itu membawa petaka, ternyata jika kita mampu mengelolanya stres bisa memberikan dampak positif bagi penderitannya. Namun, jika stres yang kita derita terasa berlebih dan menyiksa, kita juga bisa meredanya dengan minum minuman pengendali stres.


Cemas (Anseitas)

Gejala cemas yang timbul juga mempengaruhi kejiwaan seseorang secara fisik dan psikologis. Perasaan tidak tenang dan gelisah tersebut berakhibat jantung sering berdebar, merasa leher tercekik, keluar keringat dingin, gemetar, mulut terasa kering, perasaan takut terhadap sesuatu yang membayangi, berjalan sempoyongan, merasa asing berada di sekitar anggota keluarga sendiri, kepala sering pusing, perasaan takut gila, perasaan takut mati, kehilangan kendali, sering merasa nyeri, tegang otot, mudah kaget, sering tegang, tidak bisa berfikir tenang rilex, merasa mudah tersinggung, terbangun belum waktunya, sulit tidur dan banyak lagi yang lain.

Gangguan Psikotik (Skizofrenia)

Gangguan jiwa berat yang harus segera di deteksi adalah gangguan psikotik. Gangguan jiwa ini tergolong berat karena sudah berbeda dengan depresi, dan ini harus segera di tangani oleh ahli kejiwaan.

Gejala-gejala Yang Timbul Antara lain:

1. Timbulnya perasaan yang curiga atau merasa di mata-matai oleh seseorang.

2. Merasa bahwa ada seseorang yang akan menyerang dirinya.

3. Pernah melihat penampakkan atau melihat sesuatu yang tidak bisa di ketahui oleh orang lain.

4. Pernah mendengar suara-suara aneh yang tidak bisa di dengar oleh orang lain, serta sumber suaranya tidak di ketahui.

5. Selalu merasa cemas dan gelisah tingkat tinggi.

6. Sering pusing dan sakit kepala tinggi.

Jika itu terjadi, saran saya segera bawa orang tersebut ke dokter ahli kejiwaan atau psikiater. Karena semakin cepatdi atasi maka proses pemulihannya semakin cepat pula. Jangan khawatir, kecanggihan ilmu kedokteran mampu menangani itu selama pasien disiplin untuk melaksanakan setiap anjuran dokter. Selain pengobatan juga bisa di tangani dengan psikoterapi. Obat-obatan yang di sediakan tidak menjadi ketagihan dan bahkan merupakan suatu kebutuhan bagi mereka.

Keberhasilan Penanganan Ini Tergantung Dari Beberapa Hal Di Bawah Ini

1. Dukungan keluarga.

2. Disiplin dalam mentaati anjuran dokter ahli.

3. Dukungan lingkungan sekitar.

4. Dukungan dari teman dan sahabat dekat.

5. Rutin kontrol ke dokter.

Pengobatan Dengan Psikoterapi

Selain dengan obat-obatan, psikoterapi juga sangat membantu dalam kesembuhan pasien. Banyak model psikoterapi yang ada karena tingkat penyakit yang di derita pasien berbeda maka penyembuhannya pun juga berbeda.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



4 comments:

  1. yang paling mempengaruhi menurut ane mungkin pengaruh secara lingkungan dan psikologis karna sangat mempengaruhi jika tidak dapat dikendalikan dengan baik.

    ReplyDelete
  2. Betul, lingkungan dan psikologis memberikan pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan jiwa seseorang, oleh karena itu kita harus bisa selektif terhadap pergaulan terutama dengan orang yang tidak begitu kita kenal.

    ReplyDelete
  3. Terkadang sifat naluriah manusia seperti faktor emosional ikut mendukung untuk menjadi depresi ,... perlu cooldown untuk menyeimbangkannya dan banyak cara yang bisa dilakukan untuk penyeimbangnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itulah yang semestinya di lakukan tapi terkadang tingkat kesabaran yang rendah menjadi halangan untuk mengarah ke cooldown,, semoga kita bisa menguasai diri sendiri dalam menghadapi pelangi hidup ini.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga