Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Cara meningkatkan kecerdasan anakCara Meningkatkan Kecerdasan Anak - Pertumbuhan dan perkembangan fisik anak selain di sesuaikan dengan sifat genetik atau gen (sifat menurun dari orang tua) juga salah satunya di pengaruhi oleh lingkungan di mana anak itu tumbuh dan berkembang.

Pertumbuhan dan perkembangan anak memerlukan pendamping atau pembimbing hidup yang menemani si anak tersebut, sehingga dia dapat dengan cepat terbantu untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar termasuk dengan mereka yang membimbingnya.

Membutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi dalam mendidik anak apalagi untuk mencetak anak yang cerdas dan pintar. Stimulasi yang di berikan dengan sentuhan atau dengan gerakan - gerakan tertentu dapat merangsang tumbuh kembang sel otak anak tersebut.

Anak anak memiliki karakter yang tidak sama dengan yang lainnya sehingga di butuhkan penanganan yang berbeda juga. Seperti anak indigo, perbedaan dia dengan anak yang lain pada umumnya sangat tampak, karena ada kelainan genetik yang di alami pada anak indigo. Cara mendidik anak indigo pun juga harus beda.

Jangan pernah membentak anak, karena memarahi atau membentak anak akan menyebabkan kerusakan milyaran sel otak, hal itu akan jauh lebih fatal jika sampai terjadi, karena bagaimanapun juga akan berpengaruh pada kesehatan anak saat dewasa nanti. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus bisa menemukan satu cara yang tepat untuk bisa menghindari rasa ingin marah dan membentak terhadap anak.

Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Ada beberapa langkah yang bisa di lakukan agar anak cerdas sejak masih di dalam kandungan dan ini adalah langkah yang tepat jika kita menginginkan anak yang cerdas, karena langkah sejak dini merupakan langkah awal demi pertumbuhan anak kita nanti.

1. Menjaga asupan nutrisi saat kehamilan.

2. Menghindari zat berbahaya bagi tubuh.

3. Menghindari makanan yang berpengawet.

4. Menghindari stres saat kehamilan.

5. Lakukan komunikasi dengan bayi walau masih di dalam kandungan.

6. Memberikan nama bayi.

7. Sering menyebut nama bayi saat berkomunikasi.

8. Memainkan musik.

9. Mengajak bermain.

10. Terapi sentuhan.

Cerdas secara intelektual merupakan harapan setiap orang tua, dan beberapa langkah di lakukan termasuk menyekolahkan di tempat - tempat pendidikan baik secara formal maupun les atau kursus-kursus sekolah tertentu.

Seperti yang telah di lansir ivillage.com, berikut beberapa hal yang bisa di lakukan untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Sediakan Sarapan Sehat Setiap Pagi

Pelajar yang mengawali pelajaran dengan sarapan pagi memiliki tingkat kecerdasan dan kekuatan otak yang lebih dari pada mereka yang melewatkan sarapan pagi. Seperti studi yang telah di lakukan oleh Ulm University, jerman.

Studi yang di lakukan di inggris juga menyimpulkan bahwa sarapan pagi yang kaya karbohidrat kompleks dapat membantu meningkatkan kinerja mental, kususnya mengenai perhatian dan memori.

Berikan sarapan sehat seperti sereal gandum, susu rendah lemak, buah seperti apel dan pisang serta kacang - kacangan juga telur agar mendapat nutrisi bagi sel otak.

Berikan Beberapa Pertanyaan Untuk Merangsang Sel Otak Berfikir Sesat

Mengajak anak untuk berinteraksi dengan memberikan beberapa pertanyaan, seperti menanyakan bagaimana sekolahnya? atau bagaimana keadaan peralatan sekolahnya atau membahas tempat rekreasi keluarga dan banyak lagi yang lain akan sangat membantu sel otak anak untuk merangsan berfikir, apalagi hal itu di lakukan saat santai atau duduk - duduk di teras rumah dan di tempat lain yang nyaman.

Bangun Suasana Keluarga Yang Hangat

Dalam suatu penelitian menyimpulkan bahwa membangun suasana keluarga yang hangat dan stabil sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi kognitif sel otak anak, serta meningkatkan daya ketrampilan anak tersebut.

Sebaliknya, jika anak - anak hidup di lingkungan yang keras maka besar kemungkinan anak tersebut mengikuti arus suasana keluarga yang keras dan sulit mengembangkan daya ketrampilan anak.

Memprioritaskan Jam Tidur Anak

Jika anak Anda tidak memiliki waktu untuk tidur maka anak akan kehilangan waktu yang berharga bagi dirinya. Tidur sangat mempengaruhi fungsi kognitif anak termasuk perhatian, memori, pemecahan suatu permasalahan atau mengambil suatu keputusan untuk bertindak.

Dalam sebuah studi menerangkan bahwa anak yang kurang jam tidur akan sulit berkonsentrasi dan menambah permaslahan baru di tempat sekolah karena kesulitan dalam fokus pada mata pelajaran.

Buatlah rutinitas waktu untuk tidur secara konsisten dan matikan TV, Komputer, atau peralatan elektronik lain yang bisa mengganggu proses tidur anak sebelum 1-2 jam sebelum jam tidur tiba.

Penuhi Asupan Kebutuhan Lemak Omega-3 Untuk Anak

Asam lemak omega-3 sangat penting perananya bagi sel otak anak, karena untuk perkembangan dan pertumbuhan kemampuan perhatian terhadap sesuatu, memori dan sifat kognitif lain yang vital.

Berikan suplemen atau minyak ikan yang mengandung Omega-3 dan DHA bagi anak. Anda bisa memberikan daging ikan Salmon, Sarden, ikan lele atau sumber makanan lain yang mengandung Omega-3 dan DHA.

Ajaklah Anak Untuk Berolah Raga Bersama

Berolah raga dapat merangsang daya sifat kognitif anak, apalagi jika hal itu di lakukan secara bersama - sama dengan anggota keluarga yang lain. Hal itu akan lebih menyenangkan dan membantu merangsang daya pikir anak.

Menurut sebuah penelitian yang di lakukan di Medical College of Georgia di Augusta. Menemukan bahwa ketika anak - anak yang berusia 7 hingga 11 Tahun berolah raga selama 25 hingga 45 menit setiap hari, mengalami perubahan yang mencolok pada segi kognitif otak dalam 13 minggu.

Dengan berolah raga otak anak akan lebih segar dan ringan dalam berfikir, untuk itu buatlah jadwal kusus untuk berolah raga pagi setiap hari.

Perkenalkan Dengan Permainan Edukatif Pada Anak

Bermain teka teki akan membantu merangsang sel otak untuk kreatif dan menemukan jawaban dari setiap pertanyaan yang di lontarkan. Hal ini dapat membantu menjalin saraf otak yang baru dan meningkatkan kualitas kognitif otak anak.

Batasi Waktu Menonton TV

Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi selalu berkaitan dengan berat badan dan konsumsi makanan yang tidak sehat. Hal ini jelas akan memperburuk tingkat pola pikir anak tersebut, karena akan timbul permasalahan baru dengan kesehatan anak.

Dalam suatu penelitian bahwa seorang anak yang menghabiskan waktu dengan menonton televisi setiap hari sangat mempengaruhi potensi belajar anak sehinga dapat menimbulkan permasalahan baru di sekolah seperti kesulitan dalam fokus pada pelajaran atau kurang bersemangat dalam sekolah. Menonton televisi 2 jam setiap hari cukup untuk anak - anak sekolah.

Sediakan Camilan Sehat Untuk Anak

Camilan sehat dapat membantu menambah nutrisi sel otak. Dengan nutrisi cukup anak - anak dapat berfikir dengan cerdas dan mudah cepat tanggap terhadap setiap sesuatu hal yang ada di sekitarnya. Dalam sebuah penelitian, menyimpulkan bahwa buah dan sayur segar sangat merekomendasikan untuk nutrisi otak anak.

Ajak Anak Berlatih Untuk Memainkan Musik

Sebuah penelitian yang di lakukan di Prancis menyimpulkan bahwa pelatihan musik selama 6 bulan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Ambil salah satu alat musik dan mainkan bersama atau belajar musik seperti memainkan gitar, biola dan alat musik yang lain. Hal ini sangat membantu meningkatkan kognitif sel otak anak dengan mengikuti alunan gelombang musik yang berinteraksi dengan saraf otak.

Bantu Anak Mengatasi Stres

Setiap anak pasti suatu saat akan mengalami tingkat stres yang berbeda satu dengan yang lain. Kalau anak tersebut mampu mengendalikan dan mengelola stres yang dia alami maka justru akan berdampak positif bagi kepribadian dirinya. Baca 5 Dampak positif stres yang di derita seseorang. Namun jika di rasa stres yang di alami terlalu berlebih atau mengganggu kesehatan seharusnya di hindari, ada beberapa minuman yang dapat mengendalikan stres sehingga dapat di minimalisir tingkat stres yang terjadi. Baca Cara menghilangkan stres secara alami dengan minuman sehat.

Anak yang mengalami stres dapat mempengaruhi proses belajarnya dan tidak bisa fokus pada sesuatu apa yang di kerjakanya setiap hari. Kita sebagai orang tua atau pembimbing harus mendampingi dan menjadi teman yang baik untuk membantu menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul.

Kurangi Kebisingan

Penelitian yang di lakukan di University of London menyimpulkan bahwa anak - anak yang hidup di lingkungan yang bising akan kesulitan memahami buku yang di bacanya.

Jika Anda berada di lingkungan yang dekat dengan suatu pabrik atau proyek besar yang mengganggu sehingga menimbulkan pencemaran suara, Anda bisa memasang apapun yang bisa meredam kebisingan tersebut di dalam rumah, sehingga anak bisa belajar dengan nyaman.

Jaga Kebersihan

Mengajak anak untuk membersihkan tempat tidurnya secara tidak langsung akan mendidik dia untuk membiasakan membersihkan tempat tidurnya setiap hari. Jangan memberikan perintah untuk membersihkan kamar tidur dengan cara yang kasar, karena itu justru akan memberikan dampak buruk bagi motorik anak.

Dengan lingkungan yang bersih dan sehat akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan sel otak anak, selain proses belajar anak lancar tingkat kenyamanan pun meningkat sehinga secara cepat akan merangsang otak untuk lebih sehat dan fokus dalam berfikir.

Bebaskan Anak Anda Dan Biarkan Akrab Dengan Alam

Banyak waktu di luar ruangan dapat membantu fungsi otak anak tentu saja dengan hal hal yang lebih positif seperti bermain petak umpet atau berinteraksi dengan hewan peliharaan atau sekedar pergi ke ladang belakang rumah.

Alam yang segar memberikan pembelajaran baru bagi anak dan mereleksasi sel otak anak, biarkan dia bebas berteman dengan Alam. Kehidupan Alam yang segar dapat membantu meningkatkan hubungan batin antar anggota keluarga sehingga di dapatkan suasana yang lebih harmonis dan berkualitas.

Itulah tips untuk meningkatkan kecerdasan anak sehinga akan di dapatkan anak yang lebih berkualitas dan sehat.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

  1. tips yang benar" masuk aka,, patut untuk dicoba, terimakasih nih..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih juga sudah berkunjung dan semoga bermanfaat...

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga