6 Makanan Sehat Untuk Diet Pengganti Nasi

Makanan sehat untuk diet pengganti nasi6 Makanan Sehat Untuk Diet Pengganti Nasi - Zaman sekarang orang banyak yang sangat perhatian pada postur tubuhnya, gemuk sedikit, bingung cari program diet yang tepat, kurus sedikit bingung cara agar tubuhnya bisa gemuk, apalagi kalau awalnya gemuk lalu berubah jadi kurus, wah, tambah bingung lagi, pikiran pun mulai yang aneh-aneh, mulai dari stres sampai penyakit muncul di benak. Duh, kenapa jadi begini yah?

Tetapi tidak masalah, yang penting tubuh selalu sehat dan tidak sakit-sakitan itu sudah bagus. Apalagi menjalankan program diet sehat, lebih mantap lagi. Jika kita serius dalam menjalankan satu program diet dan disiplin menjalankan aturanya saya yakin Anda pasti berhasil.

Kali ini kita membahas tentang makanan sehat pengganti nasi untuk program diet. Kira-kira adakah makanan sehat penganti nasi itu? nanti kalau ganti selain nasi takutnya tambah gemuk atau malah sakit atau program diet yang di lakukan salah?

Tidak, dan ada banyak sekali makanan penganti nasi yang bisa di jadikan acuan sebagai menu diet sehat yang Anda lakukan. Nasi itu mengandung GI (Glycemic Index) yang sangat tinggi dan ini berfungsi untuk mengukur kecepatan makanan di serap untuk menjadi gula darah dalam tubuh. Gula darah naik potensi mengalami obesitas tingi.

Berikut ini 6 Makanan Sehat Untuk Diet Pengganti Nasi

1. SINGKONG

Singkong adalah sumber karbohidrat komplek yang rendah (GI), singkong juga mengandung serat tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Jadi singkong menjadi pilihan nomor satu untuk pengganti nasi dalam menjalankan program diet.

2. UBI JALAR

Karbohidrat dalam ubi jalar terlalu lamban dalam meningkatkan gula darah karena kadar GI yang rendah. Ubi jalar juga mengandung vitamin A dan vitamin C. Kadar vitamin A dalam ubi jalar sangat tinggi sehingga melebihi kapasitas yang di sarankan untuk yang kita konsumsi setiap hari, sementara vitamin C nya memenuhi kebutuhan tubuh sampai 60% Nah, bagaimana lengkap bukan? dan ingat ubi jalar juga mengandung serat tinggi yang sangat baik untuk pencernaan sehinga cocok sekali untuk program diet Anda.

3. JAGUNG

Jagung banyak terdapat di pulau Madura dan jenisnya pun juga banyak, namun jagung sebagai sumber karbohidrat belum sepenuhnya di pilih sebagai pengganti nasi oleh banyak kalangan. Jagung kebanyakan hanya sebagai jajanan atau cemilan saat pada suasana tertentu, entah itu di bakar, di rebus atau dalam bentuk jajanan lain.

Fruktosa dalam jagung memberikan rasa manis dan akan di ubah dulu menjadi gula sederhana dalam tubuh sebelum di cerna. Fruktosa aman di konsumsi orang yang mengalami sakit diabetes sekalipun namun biasanya sebelum tercerna zat ini sudah terbuang bersama urine. Jagung juga kaya vitamin B, serat, mineral dan merupakan anti oksidan yang tinggi.

4. TALAS

Talas adalah sumber karbohidrat dan protein. Karbohidrat dalam talas mudah di cerna karena mengandung pati dan sekitar 77,9% sementara protein talas lebih dominan jika di bandingkan dengan protein ubi jalar dan singkong. Selain itu talas juga mengandung serat yang bagus untuk pencernaan. Konsumsi talas juga di percaya manjauhkan Anda dari serangan penyakit jantung dan darah tinggi.

5. KENTANG

Kentang lebih populer di masyarakat, cara mengolah kentang yang baik adalah di rebus dan jika salah mengolahnya bisa menjadi sumber kolesterol jahat dan nutrisinya juga tidak maksimal. Selain karbohidrat kentang juga mengandung vitamin C yang baik. Kadar GI kentang cukup tingi sehingga perlu lebih bijaksana dalam mengkonsumsinya. Selain itu kentang juga mengandung serat yang bagus untuk proses pencernaan.

6. SUKUN

Sukun termasuk golongan buah buahan, namun sangat baik jika di gunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Sukun memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi jika di banding dengan ubi jalar dan kentang. Selain itu buah sukun juga mengandung Flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung dan ginjal.

Itulah 6 jenis makanan sehat untuk diet pengganti nasi yang cocok kususnya untuk orang di Asia, karena sumber makanan tersebut mudah di dapatkan dan sesuai dengan karakter pencernaan orang Asia.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga