Cara Menjadi Ayah Yang Baik Untuk Anak Perempuan Anda

5 Tips menjadi ayah yang baik untuk anak perempuan AndaCara Menjadi Ayah Yang Baik Untuk Anak Perempuan Anda - Selain ibu seorang ayah juga memiliki peran penting dan tanggung jawab yang besar terhadap setiap anggota keluarganya terutama bagi anak-anak, untuk memberikan bimbingan, perlindungan, pengayoman dan sekaligus teman yang menyenangkan di setiap hari-hari yang di lalui.

Memang ada ungkapan dari seorang filosof dan penyair terkenal yang menyatakan kurang lebih "Bahwa anak-anakmu bukanlah anak-anakmu tetapi adalah jiwa yang di titipkan kepadamu dariNya." untuk memahami kalimat ini di butuhkan pemikiran yang jeli dan dalam, sehingga kita mengerti apa yang di maksud dari kalimat tersebut.

Ada tugas dan tanggung jawab besar serta langkah-langkah luhur untuk mendampingi mereka, apalagi kita sebagai orang tuanya. Sosok ayah yang baik di mata anak-anak menjadi idola yang dapat di banggakan oleh anak-anak terutama anak perempuan.

Anak perempuan cenderung lebih sensitif tehadap segala sesuatu yang di alami ayahnya, perasaan seorang perempuan mulai tumbuh bersama dengan anggota keluarga lain terutama ayah. Bisa di katakan bahwa "Cinta pertama seorang anak perempuan adalah terhadap ayahnya." hal ini begitu terasa karena saya juga memiliki seorang anak perempuan yang berumur 2,5 tahun.

Hati ini terasa tak tega tatkala melihat buah hati menangis ingin di belikan mainan atau makanan kesukaannya, atau saat di tinggal pergi bekerja. Pernah suatu hari, saat saya bekerja anak saya menangis sejadi-jadinya karena ingin bertemu dengan saya, ibunya tidak bisa menelfon karena kebetulan pulsa habis, terpaksa menuruti kemauannya untuk menyusul saya dengan berjalan menyusuri jalan kampung lebih dari satu kilo meter jauhnya.

Hingga suatu saat tanpa sengaja saya telfon keadaan di rumah dan istri saya bercerita tentang kejadian tadi sore. Istri saya mengeluhkan kakinya sakit dan pegal-pegal karena tidak pernah berjalan sejauh itu, esok harinya saat pulang kerja dengan membawa oleh-oleh saya menghampiri anak perempuan saya dan memeluknya.

Perlu kita ketahui bahwa anak perempuan kita adalah unik yang tidak bisa di miliki oleh anak laki-laki, jangan pernah menyakiti atau menghancurkan asa-nya, sungguh dia adalah titipan Tuhan yang sangat berharga bagi Anda.

Dari salah satu peristiwa tersebut di atas saya merasa begitu berartinya menjadi sosok ayah di mata anak perempuan saya, mungkin Anda juga pernah merasakan hal yang serupa ini. Untuk itu, kali ini saya berbagi tips menjadi ayah yang baik untuk anak perempuan kita, seperti yang pernah di tuliskan di keluarga.com siapa tahu ini juga bermanfaat bagi Anda.

Berikut Cara Menjadi Ayah Yang Baik Untuk Anak Perempuan Anda

Mengasihi Istri Sepenuh Hati

Perlakuan Anda terhadap istri yang sangat mengasihi dan menghormatinya sepenuh hati menjadi perhatian tersendiri bagi putri Anda dalam menilai ayahnya. Saat Anda memperlakukan istri Anda dengan penuh kasih tidak ada alasan bagi putri Anda untuk menuruti perintah atau saran-saran yang Anda sampaikan. Mereka berfikir bahwa saran yang Anda sampaikan itu adalah yang benar dan harus di laksanakan, tips ini sangat ampuh untuk menarik simpati anak perempuan Anda.

Memperlakukan Orang Lain Dengan Hormat dan Penuh Kesopanan

Saat bertemu atau bertandang ke rumah teman, saudara, tetangga atau kerabat yang lain bersikaplah yang wajar-wajar saja dan penuh hormat dengan kesopanan yang tinggi. Tunjukkan pada anak Anda sikap respek terhadap pertemuan itu dan kenalkan anak Anda pada mereka, pujilah ia dan tumbuhkan sikap percaya dirinya.

Menghindari Sikap dan Perlakuan Kasar

Jangan pernah bersikap dan berprilaku kasar terhadap siapapun termasuk anggota keluarga Anda apalagi di ketahui oleh putri kecil Anda. Saat ada masalah, berusahalah untuk mengendalikannya, jangan menampakkan sikap kasar di hadapan anak-anak atau putri Anda. Sadarlah bahwa kesabaran Anda sedang di uji.

Ketika mereka mengetahui bahwa ayahnya menghadapi masalah dan menyikapinya dengan baik maka mereka akan menilai bahwa ayahnya adalah orang yang sabar dan bijaksana dalam menghadapi setiap permasalahan hidup. Maka dengan demikian meraka akan semakin menghormati Anda dan bukan di takuti.

Tidak Pilih Kasih

Jangan pernah bersikap pilih kasih, berusahalah untuk selalu bertindak adil dengan anak - anak yang lain, jadikanlah anak perempuan Anda sederajad dengan anak laki-laki, tidak ada penggolongan tugas dan tanggung jawab di dalam keluarga, semua sama, semua bekerja untuk kebersamaan. Jadi, tumbuhkan rasa perlakuan yang adil di hadapan anak-anak.

Anak Perempuan Merasa di Cintai dan di Hargai Saat di Tolong

Ada kalanya putri Anda mencari-cari perhatian agar mendapatkan balasan perhatian dari Anda, sikap manja yang biasanya muncul perlu untuk di tanggapi, jangan pernah mengabaikan sikap seperti ini dari putri Anda. Saat dia mendapatkan kesulitan, tolonglah dengan tulus, karena dengan pertolongan yang Anda berikan maka ia akan merasa di cintai dan di hargai. Berilah perhatian sewajarnya padanya.

Tumbuhkanlah kepercayaan diri mereka terhadap Anda, dengan kita bersikap melindungi, mengayomi dan menyayangi maka mereka pun merasa bahagia karena mendapatkan perasaan yang nyaman saat berdampingan dengan Anda.

Dengan demikian pertumbuhan dan perkembangan putri kecil Anda akan semakin sempurna dan kelak balasanya terhadap Anda adalah tidak akan pernah melupakan sikap kasih dan budi pekerti ayahnya yang luar biasa terhadapnya, selama-lamanya. Percayalah!

Semoga bermanfaat dan terima kasih



12 comments:

  1. Ok, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

    ReplyDelete
  2. Punya anak perempuan dan laki-laki di era internet ini memang sebuah tantangan ya mas.... mudah2an langkah mereka selalu dibawa ke arah yang baik oleh Yang Maha Baik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih mba Ira sudah berkunjung,,, Saya yakin Dia akan memberikan yang terbaik buat umatnya.

      Delete
  3. semoga suami saya termasuk dalam kategori ayah yang baik,amin..

    ReplyDelete
  4. Pernah merasakan yang nomor 4 ttg pilih kasih, kebetulan adik bungsu saya laki2 dan sebagai kakak perempuan saya disuruh mengalah terus, tapi ah kalau dipikir2 lagi, orang tua mah bukan pilih kasih waktu itu cuma memang sewajarnya yang lebih tua mengayomi adiknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap!!! betul sekali teh,,, yang lebih tua harus bisa mengayomi dan melindungi adiknya karena mereka masih belum terlalu bisa mengkontrol dirinya dalam segala hal termasuk bermain. Makasih sudah berkunjung.

      Delete
  5. Makasih banget mas link nya ini, pas untuk saya yang baru punya anak perempuan. bisa saya share ke suami ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mba Ranny, senang bisa membantu,,,

      Delete
  6. Semoga saya bisa menjadi Ayah yang baik untuk anak-anak saya

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga