Bahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan

Bahaya kabut asap bagi kesehatanBahaya Kabut Asap Bagi Kesehatan - Kabut asap yang di sebabkan oleh kebakaran hutan di sekitar Sumatra selatan dan Kalimantan - Indonesia sudah sangat mengkawatirkan dan ini harus mendapatkan perhatian khusus bagi masyarakat dan pemerintah Indonesia.

Asap yang di timbulkan dari akhibat kebakaran hutan ini tidak tanggung - tanggung dampaknya, tidak hanya di Indonesia namun negara lain pun juga merasakan akhibatnya. Kemarin sore saat saya buka Face book tiba - tiba saya mendapat sms fb dari seseorang, setelah berkomunikasi agak lama ternyata dia adalah orang Singapura dan menanyakan kondisi kebakaran yang sebenarnya di Indonesia.

Malu memang mendapat pertanyaan seperti itu dari orang negara lain, namun apa daya keadaan yang menunjukkan demikian. Akhirnya saya jawab apa adanya dan saya tidak banyak menceritakan keadaan yang telah terjadi karena saya ada di Jawa dan kebakaranya itu di Sumatra dan Kalimantan.

Asap yang di timbulkan sangat beresiko bagi kesehatan orang - orang di sekitarnya, semua menanggung akhibatnya mulai dari anak anak sampai orang tua, aktifitas sehari - hari pun sangat terganggu, sunguh merugikan. Mereka menerima bencana ini mungkin karena kesalahan segelintir manusia yang tidak bertanggung jawab atau faktor alam yang menghendaki demikian?

Gangguan kesehatan akan lebih mudah mempengaruhi pada penderita paru-paru, jantung, para manula dan anak-anak. Dampak yang langsung terasa adalah infeksi paru-paru dan pernafasan. Kabut asap yang mengganggu dapat menyebabkan iritasi selaput lendir pada hidung, mulut, tenggorokan, dan mata. Infeksi ini jika tidak mendapat perhatian atau pengobatan khusus maka bisa menyebabkan infeksi akut (ISPA) dan paling parah menyebabkan pneumonia.

ISPA atau Infeksi Pernafasan Akut akan sangat mudah meradang jika adanya ketidak seimbangan daya tahan tubuh, pola adanya bakteri atau virus di tambah dengan faktor lingkungan yang buruk. Asap kebakaran memperburuk warga yang memiliki penyakit kronik.

Selain menimbulkan gangguan kesehatan di atas, Asap kebakaran secara perlahan juga menyebabkan penyakit berat lain seperti penyakit jantung, ginjal, hati dan organ vital lain, karena semakin banyak efek negatif asap kebakaran maka semakin menurun daya tahan tubuh kita. Sistem kerja paru - paru semakin lemah sehingga warga mudah lelah dan kesulitan pernafasan. Selain itu asap juga mempengaruhi tingkat psikologi warga sehingga mereka banyak yang mengalami stres.

Asap kebakaran juga mencemari air bersih yang biasa di gunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari, akhibatnya dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari gatal - gatal sampai dengan pencernaan. Buah dan sayur segar para petani pun juga tercemar, sehingga mempengaruhi kehigienisan buah dan sayur tersebut.

Untuk meminimalisir dampak dari asap kebakaran tersebut sebaiknya tetap menjaga kebersihan dan selalu membiasakan hidup bersih dan sehat serta jika harus bepergian keluar ruangan sebaiknya menggunakan masker.

Minum air putih lebih banyak dari biasanya serta menutup rapat persediaan air bersih dan jika suatu saat memang terasa ada yang di keluhkan sebaiknya segera di periksakan ke dokter agar segera dapat di ketahui penyakitnya. Selain itu bagi yang suka menambah asap di sekitarnya "perokok" sebaiknya bertekad untuk mengurangi dan menghentikan aktivitas ini.
Di sadur dari: Berbagai sumber dan pengalaman pribadi.



3 comments:

  1. Kabut asap... Sudah hampir empat bulan saya merasakannya... Tapi bersyukur, sekarang sudah tak berasap..

    ReplyDelete
  2. Syukurlah kalau begitu mas Sarwo Edi, kita semua harus peduli terhadap kelestarian hutan kita...

    ReplyDelete
  3. Indonesia sudah musim penghujan, semoga kabut asap sudah tidak menjadi kendala lagi,,,

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga