Manfaat Sayur Okra Untuk Kesehatan

Manfaat sayur OkraManfaat Sayur Okra Untuk Kesehatan - Ada yang tahu tanaman okra? Yap! tanaman ini tergolong sayuran dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman yang memiliki nama lain "Genus hibiscus" dan masih dalam golongan keluarga Malvaceae (Kapas - kapasan) ini sangat jarang di kenal oleh masyarakat indonesia, namun di negara seperti Malaysia, Singapura, Arab saudi, Jepang, Sri lanka, India, Taiwan, Philipina serta negara-negara di benua Amerika dan Eropa sangat mengenal dan tidak asing dengan tanaman ini, biasanya di buat sayur untuk makanan sehat setiap hari

Tanaman yang seharusnya di kenal baik oleh masyarakat indonesia ini biasa hidup di daerah tropis dan hangat, semestinya kita lebih mengenal sayuran ini sama halnya dengan sayuran lain seperti mentimun, buncis, kacang panjang, gambas atau tanaman sayuran yang lain. Sayur okra bisa di masak seperti biasa sebagai sayur kuah, salad, tumis atau sop.

Berikut Manfaat Sayur Okra Untuk Menjaga Kesehatan

Gizi Sayur Okra

Sayur okra banyak mengandung serat dan glutation, selain itu dalam biji okra juga mengandung semacam minyak yang kaya asam lemak tak jenuh seperti (asam oleat dan linoleat). Selain itu okra juga banyak mengandung nutrisi lain yang sangat di butuhkan bagi kesehatan antara lain Vitamin (A,C,E,K) Kalsium, Kalium, Magnesium, Karbohidrat, Folat, Niacin, Sodium dan Beta karotin.

Bagaimana, kaya gizi bukan? untuk itu mari kita tambah menu masakan di rumah dengan sayur okra. Perlu kita ketahui bahwa okra tidak hanya cocok untuk di konsumsi sebagai sayur teman nasi saja namun okra juga bisa di manfaatkan untuk pengobatan.

Okra Untuk Pengobatan

Dengan mengenal manfaat sayuran ini kita jadi tidak ragu-ragu lagi mengkonsumsi sayur okra sebagai lauk makan setiap hari yang lebih sehat.

Okra juga bisa di gunakan sebagai pengobatan yang alami, aman dan ekonomis, banyak manfaat okra untuk penyembuhan dari suatu penyakit mulai dari penyakit ringan sampai dengan penyakit berat.

* Mencegah Kanker Rongga Mulut

Seperti halnya bunga kol hijau, okra juga bermanfaat sebagai obat anti kanker rongga mulut, antioksidan yang terkandung di dalam nutrisi okra sangat baik untuk kesehatan ronga mulut.

* Membantu Memperlancar Proses Pencernaan

Okra kaya serat sehingga sangat bermanfaat untuk proses pencernaan serta meningkatkan kadar gula darah.

* Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Dengan adanya serat dan antioksidan tinggi (katekin, epicatehin, procyanidin, rutin dan quercetin) okra di percaya mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

* Menurunkan Kolesterol

Ekstrak okra di percaya mampu menurunkan kadar kolesterol seseorang, hal ini di perkuat dengan adanya alasan yang di sampaikan sebuah studi di The Journal of federation of American societies for Eksperimental Biology.

* Membantu Menambah Energi Metabolisme Tubuh

Kandungan " mangan dan magnesium " yang berperan penting dalam metabolisme, magnesium sebagai katalisator dalam proses biologi dalam tubuh, sedangkan mangan berperan sebagai sintesis ureum. Kedua nutrisi tersebut berfungsi untuk mengkontrol energi metabolisme tubuh.

* Menjaga Keseimbangan Tubuh

Kita ketahui bahwa vitamin B complex sangat penting peranannya dalam tubuh kita, dan okra memiliki kandungan itu. Sementara jika kita kekurangan vitamin B ini akan sangat fatal akhibatnya, syaraf yang tidak sehat, pencernaan buruk, kurang energi, serta ketidak seimbangan kolesterol tubuh. Vitamin B komplek tersebut antara lain Niacin, Pyridoxine (B-6), Thiamin dan asam pantotenat.

* Memperkuat Tulang dan Gigi

Vitamin K yang terkandung di dalam Okra bermanfaat anti kekentalan dalam darah juga bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, karena dengan adanya vitamin ini maka jaringan struktur tulang dan gigi menjadi lebih padat, okra juga mengandung kalsium.

* Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan kita mengkonsumsi okra setiap hari maka kebutuhan vitamin C akan terpenuhi, vitamin antiradikal bebas ini berperan penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu Okra juga mengandung zat besi yang mengatur jumlah hemoglobin di dalam darah, sistem DNA dan kekebalan tubuh.

* Melindungi Paru - paru

Senyawa flavonoid terdapat di dalam nutrisi okra yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa lutein, beta karotin, xanthin bermanfaat untuk antiradikal bebas yang merugikan kesehatan, termasuk kesehatan paru paru.

* Membantu Menurunkan Berat Badan

Sayur okra sangat rendah kalori, bayangkan dalam setiap 100 gram okra hanya mengandung 30 kalori, tidak mengandung lemak jenuh dan kaya serat, mineral dan vitamin. Kebanyakan dokter merekomendasikan sayur okra untuk membantu menurunkan kolesterol dan berat badan.

* Membantu Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Kandungan vitamin A yang tinggi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, tidak perlu di ragukan kembali nutrisi dari sayur okra untuk kesehatan mata seperti halnya wortel, brokoli dan selada dan bayam.

Sayur Okra Untuk Obat Diabetes

Penderita diabetes bisa memanfaatkan sayur Okra untuk pengobatan penyakit diabetes yang di deritanya, karena di percaya dapat menstabilkan gula darah.

Pada sebuah studi yang di lakukan di tahun 2011 dan di terbitkan dalam ISNR farmasi, menyatakan bahwa nutrisi okra mampu menyerap glukosa darah yang pada akhirnya mengurangi kadar gula darah, Okra juga mengandung glikemik rendah.

Para peneliti berkesimpulan bahwa tanaman ini di kelola untuk penderita diabetes, pengobatan tradisional ini di sambut baik oleh masyarakat, karena hasil yang di berikan saat penderita mengkonsumsi sayuran jenis ini sangat memuaskan.

Namun, para peneliti menyarankan agar konsumsi okra jangan bersamaan dengan konsumsi metforin pada penedrita diabetes, karena justru akan meningkatkan gula darah.

Itulah manfaat sayur okra untuk kesehatan, tambahkan sayur okra menjadi menu wajib harian kita, selain sehat, aman dan ekonomis.

Semoga bermanfaat dan salam sehat



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga