Adas Untuk Kesehatan

Adas untuk kesehatan Adas Untuk Kesehatan - Alam telah menyediakan banyak manfaat bagi manusia termasuk obat-obatan herbal. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tanaman Adas yang merupakan tanaman obat dan biasa di gunakan oleh masyarakat jawa dan sekitanya.

Sebenarnya banyak sekali manfaat adas untuk kesehatan manusia, tinggal kita saja bagaimana cara memanfaatkanya untuk kesehatan, sesuai dengan keperluannya.

Tanaman ini memiliki tinggi mencapai sekitar 2m hingga 3m, berbau harum, berwarna hijau terang, daun berbentuk rambut dan bunganya kuning kecil-kecil serta bersifat majemuk berdiameter 5cm - 15cm, dan bijinya yang mengandung minyak biasanya di pakai untuk menghangatkan tubuh di sebut minyak telon.

Berikut Beberapa Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Mengobati Anemia

Kanker darah atau Anemia bisa di sembuhkan dengan Adas. Kandungan zat histidin dan zat besi mampu merangsang Hemoglobin atau sel darah merah untuk memproduksi lebih banyak, jika Sel darah merah dalam tubuh cukup maka Anemia bisa di atasi.

Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Minyak esensial yang terdapat pada bijinya bisa di manfaatkan untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan. Pada anak - anak yang mengalami ganguan pencernaan bisa mengunyah langsung beberapa biji Adas setelah makan, selain itu zat ini juga merangsang sekresi asam lambung, mengurangi peradangan lambung dan peradangan usus.

Mengatasi Perut Kembung

Produksi gas dalam lambung yang berlebih bisa di kurangi dengan zat antiflatulen yang terkandung di dalam bijinya.

Mengatasi Sembelit

Biji adas mengandung serat yang cukup tinggi dan bisa di manfaatkan untuk menjaga pergerakan peristaltik di dalam usus, sehingga melancarkan pencernaan dan sembelit bisa di atasi.

Obat Sakit Jantung

Kandungan serat biji adas bermanfaat untuk menjaga kestabilan kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh, sementara LDL nya pun juga bisa di turunkan. Dengan adanya kolesterol yang stabil tentunya bisa menjaga kesehatan jantung dan juga mencegah strok.

Mencegah Kanker

Sel tubuh kita bisa terlindungi dengan adanya beberapa zat penting yang ada di dalam biji adas, Flavonoid, Alkaloid, juga fenol menghambat dan mencegah tumbuhnya berbagai sel kanker, termasuk kanker payudara dan kanker hati.

Menormalkan Tekanan Darah

Zat potasium yang terkandung di dalam adas sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk mengendurkan ketegangan dalam pembuluh darah, semakin sedikit ketegangan pembuluh darah maka semakin lancar suplai darah ke seluruh tubuh dan semakin normal kesehatan pembuluh darah tersebut.

Meningkatkan Fungsi Otak

Otak kita bisa semakin sehat dengan memanfaatkan nutrisi biji adas, kandungan kalium sangat efektif untuk meningkatkan konduksi lisrik di dalam tubuh. Termasuk konduksi tubuh ke otak, dengan demikian suplai oksigen ke otak semakin lancar dan memori otak semakin kuat.

Mengobati Diare

Diare yang di sebabkan karena infeksi karena bakteri dapat di sembuhkan dengan minyak esensial biji tanaman adas.

Mengobati Kolik

Penyakit kolik yang terjadi pada ginjal dapat di atasi dengan minyak esensial biji adas. Selain aman, manfaatnya sangat besar.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan adanya vitamin C yang terkandung tentu saja dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tidak gampang sakit.

Melancarkan Menstruasi

Bagi para kaum hawa, biji adas bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, zat ini mampu merangsang hormon estrogen agar lebih cepat luluh dan keluar sehinga menstruasi Anda dapat lebih lancar.

Caranya:
Anda cukup merebus beberapa potong adas lalu setelah dingin atau hangat bisa langsung di minum.

Membesarkan Penis

Bagi para kaum adam, yang ingin memiliki penis lebih besar dan kuat, Anda bisa memanfaatkan tanaman ini untuk pengobatan.

Caranya:
- Siapkan 5-6 lembar daun adas.
- Gosok-gosokkan beberapa saat dengan kedua tangan.
- Bersihkan penis dan bungkus penis dengan mengunakan daun Adas tersebut.
- Tungggu hingga beberapa saat (sekitar 15-35 menit)
- Bersihkan dan lakukan berulang.
- Saran lebih baik di lakukan malam hari, karena lebih efektif.

Mengatasi TBC

Anisaldehida zat yang terkandung di dalam adas bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati TBC. Zat ini sebagai streptomycin dan sangat efektif untuk mengobati TBC.

Mengobati Kencing Batu

Zat asing yang menggumpal dan keras bisa menganggu saluran vasdeferen laki-laki sehingga mengganggu proses sekresi urine dan terasa sakit sekali. Dengan menyeduh air adas maka gumpalan batu ini bisa di hancurkan sedikit demi sedikit, sehingga bisa bersih kembali. Buang air seni pun lancar kembali.

Memperbesar Payudara

Hormon estrogen yang terangsang oleh zat atau nutrisi biji adas bisa menahan cairan di seputar payudara, sehingga memperbesar ukuran payudara tersebut.

Mencegah Penuaan

Asam amino serta vitamin C yang ada di dalam tanaman ini bisa mencegah penuaan dini, serta meremajakan kulit.

Mengobati Penyakit Ambeien

Berobat di dokter mahal, Anda yang sedang mengalami penyakit ambeien dapat sembuh dengan memanfaatkan daun atau biji adas.

Caranya:
- 3 Sendok teh adas.
- 1 butir bawang merah.
- 1 cangkir daun patikan cina.
- Setengah cangkir daun meniran.
- 1 sendok teh jinten putih.
- Setelah bahan siap dan bersih campurkan dengan 1 liter air, rebus dan sisakan setengahnya, setelah di saring bersih minumlah dalam kondisi hangat, lakukan rutin sebanyak 5 kali sehari.

Mengatasi Demam

Demam pada anak atau orang dewasa terjadi karena infeksi virus atau bakteri sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Caranya:  
- Ambil beberapa adas secukupnya dan haluskan.
- Ambil batang pulosari (sekitar 4cm) dan haluskan.
- 2 Sendok makan madu dan labu air
- Air satu gelas.
- Setelah siap semua, campurkan dan di rebus hingga di sisakan setengah gelas, setelah hangat atau dingin minum secara rutin.

Itulah pengobatan dengan manggunakan tanaman adas yang sangat baik untuk menunjang kesehatan kita, semoga bermanfaat dan mungkin masih banyak lagi manfaat dari tanaman ini. Anda bisa menambahkan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



3 comments:

  1. wah,, ternyata adas banyak manfaatnya ya mas,, luar bisa..

    ReplyDelete
  2. Betul mas Heri Prayitno, Adas memang luar biasa, kita bisa tanam di pekarangan rumah, siapa tahu suatu saat membutuhkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke deh,, ini baru namanya Smart info :)

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga