Cara Menjaga Kesehatan Paru paru

Cara menjaga kesehatan paru paruCara Menjaga Kesehtan Paru paru - Paru paru merupakan organ vital untuk pernafasan, jika paru paru ada kendala berarti sistem pernafasan dan kesehatan organ vital lain juga terganggu dan jika tidak segera di atasi tentu saja berakhibat fatal bahkan sampai pada kematian.

Saat kondisi sehat terkadang kita lupa dengan menjaga kesehatan terutama kesehatan paru paru, hal ini di perparah lagi dengan konsumsi berbagai makanan yang berkolesterol tinggi dan mengandung unsur berbahaya lain bagi tubuh.

Jadi, sebaiknya menjaga kesehatan jauh lebih penting daripada mengobati. Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan paru paru agar tetap sehat antara lain.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Paru paru Agar Tetap Sehat

Hindari Merokok

Banyak informasi di masyarakat yang menyatakan bahwa merokok dapat merugikan kesehatan, bahkan di muka bungkus rokok sendiri bertuliskan " Merokok merugikan kesehatan" tidak hanya itu gambar korban kebiasaan merokok juga di tampilkan di beberapa produk rokok, tapi anehnya kenapa masih banyak orang yang suka merokok?

Jika Anda ingin sehat lahir dan batin sebaiknya berfikir ulang jika melakukan hal ini. Hindari merokok maka Anda akan sehat! ada sebagian warga yang berpendapat bahwa merokok sama hal-nya dengan bunuh diri secara perlahan. Namun jika Anda masih ingin hidup lama lagi segera bersihkan paru paru dari nikotin rokok dan zat aditif lain.

Hindari Minum minuman Beralkohol

Kandungan zat yang berada di dalam minuman beralkohol dan minuman lain yang terlalu banyak bersoda sangat merugikan kesehatan paru paru Anda. Oleh karena itu lebih baik hindari berbagai minuman yang beralkohol.

Hindari Polusi Udara

Bagi saudara kita yang tingal di perkotaan mungkin mendapatkan udara tanpa polusi susah, namun bisa di siasati dengan menanam beberapa tanaman yang bermanfaat selain menambah keindahan kota juga menjaga kandungan O2 di udara, ya tentu saja kita bisa melakukan dengan cara tanam hidroponik. Udara banyak sekali mengandung berbagai partikel yang merugikan kulit dan kesehatan tubuh juga mengandung virus atau bakteri yang menyebabkan kanker paru paru, oleh karena itu sebaiknya gunakan masker saat bepergian.

Olah Raga Rutin

Jangan lupa berolah raga, kelihatanya sepele namun membawa berkah tersendiri untuk kesehatan kita. Dengan berolah raga sirkulasi darah ke seluruh tubuh menjadi lancar konsumsi O2 pun juga terpenuhi dengan baik.

Hindari Stres

Seseorang bisa saja mengalami stres karena tekanan mental yang di alami, mulai dari karena pekerjaan, asmara, studi, ekonomi, sosial, jalan macet dan banyak faktor lain, namun jika kita bisa mengelolanya maka stres dapat memberikan dampak positif bagi tubuh kita.

Biasakan Bernafas Melalui Hidung

Walaupun kita bisa bernafas melalui mulut tetapi cara ini tidak sehat karena udara yang mengalir ke dalam tubuh tidak di saring dengan bulu hidung. Oleh karena itu biasakan bernafas melalui hidung agar udara dan Oksigen (O2) yang masuk lebih sehat dan bersih.

Kanker paru paru sangat berbahaya bagi kesehatan jika terlanjur kronis maka bisa berakibat fatal dan tidak menutup kemungkinan berakhir dengan kematian. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya kita ketahui sejak dini gejala penyakit paru paru ini.

Ciri ciri Orang Terkena Kanker Paru paru

Mereka yang terkena penyakit paru paru biasanya mengalami gejala yang selalu berkaitan dengan pernafasan dan mengganggu sekali, seperti yang telah di lansir oleh top 10Homeremedies.com antara lain.

Batuk Yang Berkelanjutan

Jika ada orang yang mengalami batuk terus terusan hingga sampai tiga minggu belum sembuh walau sudah di obati, wajib waspada karena batuk yang demikian ini biasanya di sertai rasa nyeri di dada dan menjalar sampai bahu. Segera periksakan ke dokter ahli! agar mendapatkan pengobatan sedini mungkin.

Batuk di Sertai Darah

Jika sudah batuk dan di sertai darah lebih baik segera periksakan kondisi kesehatan Anda di dokter setempat karena hal itu biasanya sudah terjadi infeksi virus atau bakteri seperti tuberkulosis, bronchitis atau pneumonia dan kardiovaskuler tertentu.

Sesak Nafas

Jika sudah sampai terasa sesak nafas itu berarti paru paru Anda dalam bahaya. Selain infeksi yang di sebutkan di atas kemungkinan juga karena penyumbatan pembuluh darah arteri, anemia dan kekurangan oksigen yang bisa di alami oleh mereka yang berada di ketingian tertentu. Atau bisa jadi karena cairan sel tumor menumpuk di area dada.

Kesulitan Menelan (Disfagia)

Hal ini adalah gejala umum dari sakit tenggorokan namun jika saat menelan makanan padat atau cairan terasa nyeri selama tiga minggu dan semakin terasa sakit maka bisa jadi itu adalah ciri ciri terkena kanker paru paru.

Itulah ciri ciri orang terkena kanker paru paru. So, selalu peka terhadap segala kondisi tubuh agar tetap sehat, bugar dan berkesempatan lebih lama menikmati hidup ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



4 comments:

  1. kunjungan balik, artikel yang menambah wawasan. selamat berkarya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sobat, selamat berkarya dan sukses juga untuk Anda.

    ReplyDelete
  3. semoga kita sllu dbri ksehtan,,olh Allah,aminn

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga