Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Manfaat cengkeh untuk kesehatanManfaat Cengkeh Untuk Kesehatan - Cengkeh bukan hanya untuk menambah cita rasa suatu masakan saja namun lebih dari itu, cengkeh juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan seseorang.

Oleh karena itu harga cengkeh relatif mahal, di Maluku harga cengkeh kualitas terbaik antara Rp 125.000 sampai Rp 150.000 / Kg.

Cengkeh di ketahui memiliki kandungan zat seperti Kalsium, Kalium, Fosfor, Seng, Magnesium, zat besi, rempah - rempah ini juga mengandung beberapa vitamin antara lain vitamin C, A, D, E, K, B-6, Thiamin, Niacin dan asam folat.

Di dalam cengkeh juga terdapat zat aktif lain seperti Eugenol yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh terhadap radang sendi selain itu juga terdapat Flafonoid, Heksana, Methalyne, Timol, Asam lemak, Wuthenol bensena, semua kandungan zat ini bermanfaat untuk kesehatan  manusia.

Baru baru ini dalam sebuah studi di ketahui bahwa cengkeh juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah, sesuai yang di lansir oleh Boldsky.com

Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan

Mengatasi Masalah Pencernaan

Cengkeh di percaya dapat meningkatkan sekresi Enzim pencernaan, sehingga dapat membantu mengurangi rasa mual, perut kembung, cara memanfaatkanya adalah Anda bisa menyeduh cengkeh bubuk dengan air hangat untuk minuman di pagi hari.

Mengontrol Gula Darah Diabetes

Mengkonsumsi cengkeh dengan cara menyeduhnya setiap hari dapat menstabilkan gula darah Anda dan ini sangat bagus untuk penderita diabetes. Dengan begitu perlahan gula darah Anda akan terkontrol dengan stabil. Jadi, konsumsilah ekstrak cengkeh jika Anda ingin terbebas dari masalah diabetes, selain aman juga tidak ada efek sampaing beda dengan pengobatan medis yang ada efek sampaing dari obat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cengkeh mengandung senyawa yang dapat meningkatkan konsentrasi sel darah putih yang bermanfaat untuk memperbaiki kekebalan tubuh kita sehingga tidak gampang terserang berbagai penyakit. Bahkan, juga bisa menunda reaksi Hipersensitivitas. Manfaatkan cengkeh untuk menambah daya tahan tubuh.

Mengurangi Sakit Kepala

Beberapa orang juga mempercayai bahwa cengkeh sangat efektif dapat mengurangi sakit kepala, caranya adalah campurkan bubuk cengkeh ke dalam minuman seperti susu, air putih atau teh lalu di minum saat masih hangat.

Mengatasi Sakit Gigi

Tetangga saya pernah sakit gigi dan oleh kawannya di sarankan untuk di tetesi minyak cengkeh, setelah di tetesi beberapa saat kemudian sakit giginya mereda. Minyak cengkeh juga di percaya mampu mengobati beberapa penyakit mulut seperti radang gusi atau gingivitis juga periodontitis (peradangan pada area sekitar periodontal).

Itulah beberapa manfaat cengkeh untuk membantu menunjang kesehatan manusia, jika pembaca memiliki manfaat lain dari cengkeh bisa di tambahkan di kolom komentar, agar bisa kita bagikan kepada yang membutuhkannya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



6 comments:

  1. loh ternyata bisa juga untuk sakit gigi?

    ReplyDelete
  2. ini biasanya saya tambahin pas buat soto banjar atau es buah. wangi emang...ternyata khasiatnya buat kesehatan banyak juga ya. Tfs ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka sekali soto banjar, kuahnya bening dan sedap sekali rasanya. Istri saya dulu pernah buat saat ada hajatan di rumah, kadang sekarang kepingin menikmatinya lagi,,, Hehe

      Delete
  3. Selain bahan dasar rokok, saya taunya emang but rempah masakan nih cengkih. Cuma saya pengen tau beres aja alias tinggal makan ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk campuran bahan dasar rokok kita tidak tahu kualitasnya, kan langsung jadi batangan rokok, lagian rokok tidak bagus untuk kesehatan teh efi,,, Nah, kalau untuk masakan boleh nich,,, Hehe

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga