10 Jenis Makanan Sehat Terbaik Untuk Diet

10 Jenis makanan sehat terbaik untuk diet10 Jenis Makanan Sehat Terbaik Untuk Diet - Dalam menjalankan program diet sehat, kita harus pandai memilih jenis makanan yang kaya nutrisi.

Makanan pilihan terbaik untuk program diet menjadi peranan penting dalam kesuksesan progam diet sehat Anda.

Jika dalam menjalankan program diet yang Anda jalankan menunjukkan keberhasilan, itu berarti Anda juga berhasil dalam menurunkan berat badan. Dengan demikian pola makan sehat yang telah berlangsung selama ini harus tetap di pertahankan.

Kondisi tubuh yang sehat akan membantu segala bentuk aktivitas organ tubuh untuk menjalankan sesuai dengan fungsinya. Lalu makanan apa saja yang merupakan pilihan terbaik untuk menjalankan program diet sehat?

Berikut 10 Contoh Makanan Sehat Terbaik Untuk Diet

1. Sayuran Hijau

Sayur adalah makanan sehat yang rendah kalori dan lemak. Mengkonsumsi sayur sayuran hijau segar sangat di rekomendasikan oleh pakar nutrisi, karena sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Beberapa sayuran seperti brokoli, asparagus dan bayam sangat kaya nutrisi yang terbaik seperti serat, vitamin dan mineral.

2. Telur

Sebagian orang menghindari telur saat menjalankan program diet, karena di anggap mengandung banyak kolesterol sehingga menghambat proses diet. Tetapi sebenarnya telur tidak menambah kolesterol dalam tubuh namun justru memiliki kandungan protein tinggi dan lemak baik, selain itu telur juga mengandung kalori yang rendah. Jadi telur merupakan salah satu makanan pilihan terbaik untuk menjalankan program diet sehat.

3. Ikan Salmon

Jenis ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang bagus untuk nutrisi otak. Asam lemak ini membantu pembakaran lemak sehingga mempercepat proses metabolisme tubuh. dalam sebuah penelitian yang di lakukan di negeri kangguru-Australia menyatakan bahwa " Beberapa orang yang memiliki kandungn lemak berlebih dan setiap hari mengkonsumsi ikan memiliki kenaikan respon glukosa insulin mereka. Jadi Ikan salmon sangat baik untuk makanan program diet sehat.

4. Kentang Rebus

Menurut sebuah studi kentang yang di rebus tanpa kulit memiliki kandungan nutrisi 260 gram kalori, 6 gram protein dan 0,5 gram lemak. Kentang juga mengandung vitamin B kompleks. Kentang bisa di jadikan sumber energi yang sangat baik bagi orang yang menjalankan program diet sehat.

Kentang yang sudah di rebus memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga membantu menstabilkan detak jantung. Selain itu mengkonsumsi kentang setiap hari akan membuat tekanan darah Anda tetap dalam keadaan sehat.

5. Buah Apel

Dalam sebuah studi yang di lakukan oleh Journal of  Nutrition menyatakan bahwa Wanita yang overweight dan mengkonsumsi tiga buah apel setiap hari selama tiga bulan, mengalami penurunan berat badan yang signifikan jika di bandingkan dengan wanita overweight yang menjalankan diet sehat dengan mengkonsumsi Oat. Pilihan buah apel untuk program diet sehat adalah keputusan yang tepat.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar di kenal sebagai sumber serat tinggi dan rendah kalori. selain itu ubi jalar juga mengandung beberapa nutrisi penting di antaranya adalah Vitamin A, B, C dan E yang sangat mendukung Anda dalam menjalankan program diet sehat.

7. Ikan Tuna

Bagi Anda yang aktif dalam dunia bina raga maka ikan tuna tidak asing lagi karena ikan ini sangat rendah kalori dan tinggi protein. Pilihan ikan tuna sebagai sumber energi adalah pilihan tepat karena daging ikan tuna sangat rendah lemak jika di bandingkan dengan sumber protein hewani yang lain.

Perlu di ketahui bahwa pilihan ikan tuna segar adalah yang terbaik, karena jika daging ikan ini sudah terlalu lama di dalam mesin pendingin maka nutrisinya pun juga tidak optimal.

8. Buah Alpukat

Selain ikan tuna ada buah alpukat yang menjadi pilihan selanjutnya. Buah ini sangat tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk program diet sehat Anda, asam lemak Oleat selain dalam kandungan Alpukat juga ada dalam minyak zaitun.

Meskipun buah ini sangat tinggi lemak tetapi lemak baik yang membantu proses metabolisme tubuh. Dalam sebuah penelitian di temukan bahwa lemak ini membantu penyerapan hara dari sayuran 2,6 hingga 15 kali lipat. Selain itu Alpukat juga mengandung serat dan potasium.

9. Tiram

tiram mengandung lemak tak jenuh yang berperan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu tiram yang di masak dengan minyak tiram yang kaya antioksidan tinggi. Kandungan nutrisi tiram mengandung zat aktif yang mengatur kadar lipoprotein dalam tubuh.

Lemak dalam tiram bermanfaat untuk mengatur kadar LDL sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Tiram menjadi pilihan selanjutnya dalam menu makanan untuk menjalankan program diet sehat.

10. Buah Berry

Kita tahu bahwa beberapa keluarga buah berry seperti blueberry, strowberry, blackberry dan yang lain mengandung sangat rendah lemak, kaya serat dan vitamin. Seperti halnya vitamin C yang bemanfaat untuk membantu proses sekresi saliva dan asam lambung sehingga pada giliranya memperlancar proses pencernaan.

Nah, pemirsa infokesehattan semua, itulah 10 jenis makanan pilihan terbaik untuk program diet sehat yang bisa Anda jadikan referensi. Tentu saja saat mengkonsumsinya harus di sesuaikan dengan porsi yang tepat, artinya tidak berlebih atau kurang. Semoga bermanfaat dan sukses menjalankan program diet sehat.

Salam sehat



10 comments:

  1. terimakasih infonya,sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. sehat2 makanannya. tapi mahal2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak juga teh momogrosir, tuh ada ubi jalar, kentang rebus sama alpukat, gak mahal kan,,, Hehe

      Delete
  3. Makanan2 itu juga baguskah untuk orang kurus? atau sebaiknya dihindari yaa biar cepat gemuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus juga untuk orang bertubuh kurus tapi mungkin porsinya yang perlu di perhatikan. Thanks

      Delete
  4. Makan enak dan sehat... thanks infonya

    ReplyDelete
  5. Sehat itu mudah, tapi tergantung pada orangnya, niat untuk ngejalaninya atau hanya mau saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, emang tergantung niat yah,,, mau atau tidak itu saja.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga