8 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat wortel untuk kesehatanManfaat Wortel Untuk Kesehatan - Wortel bukan hanya bisa di manfaatkan untuk sayur segar setiap hari saja, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Tanaman yang tergolong sayuran berwarna orange ini secara luas di kenal sebagai sumber vitamin A yang sangat baik.

Sayuran ini tidak asing bagi warga dunia, bentuk dan cirinya mudah di kenali dan dapat di temukan di sekitar kita. Kandungan gizi yang ada pada wortel sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun tentu saja jika kita mengkonsumsinya setiap hari. Cara yang paling tepat adalah untuk sayur sop tetapi bisa juga di buat jus atau langsung di makan mentah sebagai menu salad makanaan sehat kita.

Kandungan Gizi Wortel

1. Sumber Vitamin A yang Sangat Baik

Di awal sudah kita singgung bahwa wortel sebagai sumber vitamin A yang tepat. Wortel memenuhi kebutuhan 210% orang dewasa setiap hari, selain itu juga mengandung 6% sebagai vitamin C, kalsium 2% dan zat besi 2% dari setiap porsinya.

Menurut departemen pertanian Amerika bahwa 1 wortel ukuran sedang atau 1/2 cangkir wortel cincang bisa di anggap sebagai satu porsi. Sementara satu porsi wortel mengandung 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan satu gram protein.

2. Antioksidan

Warna orange yang cukup terang tersebut menunjukkan bahwa sayuran ini mengandung antioksidan beta-karoten yang banyak, di dalam proses pencernaan beta-karoten ini di serap usus halus dan di ubahnya sebagai vitamin A yang baik.

Sayuran yang akrab dengan ibu rumah tangga ini juga mengandung banyak nutrsi lain seperti kalium, fosfor, folat, mangan, serat, magnesium, vitamin E, vitamin K dan seng.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

1. Mengurangi Resiko Kanker

Selain beta-karoten dan fosfor sayur ini juga mengandung hidrat arang, dalam suatu studi bahwa seseorang yang mengkonsumsi dua potong wortel setiap hari dapat menurunkan resiko terkena serangan penyakit kanker payudara dan kanker lain (seperti kanker paru paru dan kanker usus) sebesar 17% dan ini sangat baik untuk kesehatan kita, bagaimana hebat bukan?

Dalam sebuah penelitian juga di temukan zat falcarinol dan zat fancarindiol yang merupakan zat anti kanker. Wow, rupanya sayuran yang kita kenal ini sangat anti sel kanker.

2. Menekan Resiko Penyakit Jantung

Kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh juga bisa di tangkal dengan wortel, dalam sebuah studi yang di lakukan di Harvard University menemukan bahwa jika seseorang mengkonsumsi enam potong wortel dalam seminggu maka hal itu dapat menekan resiko terkena penyakit jantung.

Selain itu zat betakaroten yang terkandung di dalam wortel juga mampu menurunkan takanan darah tinggi yang dapat memicu timbulnya penyakit jatung.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Rajin mengkonsumsi sayur wortel setiap hari juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Masakan sop wortel yang di campur dengan ketumbar di percaya dapat menangkal tubuh dari bahaya berbagai penyakit.

Di atas sudah di terangkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam sayur ini memiliki zat antioksidan, dan tentu saja hal ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas serta memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

4 Mencegah Strok

Selain menekan timbulnya resiko serangan penyakit jantung, mengkonsumsi enam wortel setiap satu minggu sekali dapat mencegah strok jika di bandingkan dengan seseorang yang mengkonsumsi satu buah dalam sebulan.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal memiliki peran sangat vital bagi kesehatan tubuh, yaitu menyaring darah sebelum di alirkan ke seluruh tubuh agar selalu dalam keadaan bersih. Zat yang terkandung di dalam sayur wortel mampu membersihkan ginjal dari berbagai kotoran yang mengganggu proses penyaringan serta menjaga kestabilan ginjal.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa yang tidak ingin memiliki mata yang tajam dan sehat? saya rasa semua orang ingin memilikinya termasuk Anda bukan? betakaroten yang di ubah menjadi vitamin A sempurna di dalam hati akan di transformasikan ke dalam retina untuk rhodopsin, adalah pigmen ungu yang di butuhkan untuk mempertajam penglihatan kita saat malam hari.

Betakaroten juga dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang biasanya terjadi pada orang tua.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi betakaroten memiliki resiko lebih rendah 40% dari degenerasi makula di bandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi, bagaimana sobat, hebatkan?

Wortel Sebagai Nutrisi Untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

1. Mencegah Keriput dan Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin dan nutrisi lain yang terkandung di dalamnya juga mampu menjaga kesehatan kulit kita agar teap sehat. Zat ini juga mampu menghilagkan noda hitam pada kulit akhibat pigmentasi, serta menghambat kulit keriput akhibat penuaan, cara menggunakannya bisa langsung kita makan setiap hari atau bisa juga sebagai masker. Nutrisi wortel membantu mencegah serangan berbagai penyakit kulit seperti kanker kulit dan panyakit kulit lain.

2. Mencegah Penuaan Dini

Banyak faktor sehingga seseorang mengalami penuaan dini apalagi zaman sekarang, udara tidak bersih dan pola hidup yang tidak sehat sangat membantu timbulnya proses penuaan dini.

Antioksidan yang terkandung di dalam wortel akan memiliki peranan menangkal radikal bebas dan di percaya memperlambat efek penuaan dini pada tubuh kita.

Bagaimana sobat? kali ini kita mengetahui 8 kehebatan nutrisi yang terkandung di dalam wortel untuk menunjang kesehatan kita, sangat bermanfaat sekali bukan? Oleh karena itu mari kita budayakan mengkonsumsi wortel setiap hari. Jika Anda memiliki info manfaat lain dari wortel silahkan tambahkan di kolom komentar yang telah tersedia supaya bermanfaat untuk kita semua.

Salam sehat



2 comments:

  1. I think your blog is very helpful to many people and thank you for your blog that you have shared to all readers
    domino qiu qiu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Jenifer jilian on appreciation, glad to be helpful for many people,,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga