9 Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Benar

Cara menjaga kesehatan mata yang benarCara Menjaga Kesehatan Mata Yang Benar - Kita yang masih di berikan kesehatan oleh Tuhan yang Maha Kuasa patut bersukur, seperti kesehatan panca indra dan kesehatan yang lain.

Kita ambil contoh mata, mata merupakan salah satu panca indra kita yang sangat vital. Dengan mata kita bisa mengetahui benda, warna aktifitas dan sebagainya.

Dengan kemampuan melihat yang ada di sekitar kita, kita bisa mengapresiasikan apapun yang bisa kita ketahui. Dengan kemampuan bisa melihat sesuatu yang kita ketahui adalah merupakan bentuk karunia yang sangat luar biasa dariNya.

Dengan bisa merasakan arti pentingnya peran fungsi mata maka selayaknyalah kita selalu menjaga kesehatan mata dengan sebaik baiknya. Jika mata kita sakit maka kenikmatan yang semestinya bisa kita rasakan juga berkurang.

Sakit mata bisa di sebabkan oleh beberapa hal seperti berada di depan komputer terlalu lama seperti bermain game atau membuat laporan atau tugas sekolah dan sebagainya, bisa juga menonton televisi terlalu lama atau saat membaca buku dan sebagainya.

Berikut 9 Cara Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Yang Benar

1. Riwayat Kesehatan Mata Keluarga

Luangkan waktu untuk membicarakan masalah kesehatan mata dengan anggota keluarga lain seperti kedua orang tua atau kakek dan nenek Anda. Siapa tahu dengan mendengar cerita beliau kita bisa mengetahui riwayat kesehatan mata keluarga, dengan demikian kita bisa mengetahui resiko apa yang kemungkinan bisa alami.

2. Jaga Jarak Pandang

Jarak pandang perlu untuk di ketahui karena akan berdampak pada kesehatan mata kita. Jaga jarak antara mata dengan obyek yang kita pandang, misalkan saat menonton televisi jarak yang ideal adalah antara 50-100 Cm atau saat membaca buku yaitu sekkitar 30 Cm. Manfaatkan apa pun yang ada di sekitar Anda dengan selalu menjaga jaga jarak pandang yang tepat.

3. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

Kadang mata terasa gatal entah itu karena ada debu atau apapun yang membuat mata kita terasa ingin di kucek. Tahan! jangan mudah mengucek mata dengan sembarangan bisa jadi bola mata kita tergores dengan debu atau partikel lain yang mengganggu kesehatan mata. Akhibatnya bola mata bisa terinfeksi oleh goresan tersebut dan berakhibat fatal.

Manfaatkan obat mata pencegah gatal atau jika Anda ingin yang natural gunakan daun sirih untuk membersihkan mata. Caranya adalah masukkan daun sirih yang sudah di cuci ke dalam air panas untuk di ambil ekstraknya. Setelah itu gunakan untuk membasuh mata, awalnya terasa pedih namun jika sudah biasa akan terasa jauh lebih segar dan sehat.

4. Gunakan Pelindung Mata

Saat kita ada aktivitas di luar ruangan tentunya ada resiko mata kita terkena butiran debu atau partikel lain yang mengganggu. Alangkah baiknya jika kita mengunakan pelindung mata yang sesuai, hal ini akan melindungi mata dari iritasi yang merugikan.

5. Istirahatkan Mata

Bukan hanya tubuh kita saja yang butuh istirahat, namun mata kita juga memerlukan istirahat yang cukup. Jangan memaksakan terlalu lama di depan komputer atau depan televisi atau membaca buku. Luangkan sedikit waktu untuk istirahat.

6. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Betakaroten atau Vitamin A

Tentu saja kesehatan mata juga harus di tunjang dari dalam tubuh kita dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan mata, dengan demikian mata kita akan tetap sehat dan segar. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A kita bisa mempercayakan kepada sayur dan buah segar atau bisa juga suplemen tambahan yang mengandung vitamin A

7. Berhenti Merokok

Tidak hanya menimbulkan penyakit kanker atau penyakit kronis lain, tetapi kebiasaan merokok ternyata juga akan mempengaruhi kesehatan bola mata kita. Kebiasaan merokok bisa menyebabkan kerusakan saraf optik mata atau penyakit katarak.

8. Berhenti Minum minuman Keras dan Narkoba

Tidak hanya di dalam ajaran agama saja, dari sisi medis ternyata terlalu banyak minum minuman beralkohol juga mempengaruhi kesehatan mata. Apalagi pemakai narkoba, jika ada seseorang yang menggunakan obat obatan terlarang seperti narkoba sama saja dia sudah tidak peduli lagi dengan kesehatannya. Hilangkan kebiasaan itu dan ganti dengan aktivitas positif lain yang jauh lebih berguna.

9. Periksakan Mata

Lebih sempurna lagi kalau kita memeriksakan kesehatan mata kita pada dokter ahli secara berkala agar bisa di ketahui kondisi kesehatan mata kita sedini mungkin.

Itulah 9 cara untuk menjaga kesehatan mata yang benar dan mari kita jaga karunia Tuhan yang satu ini, agar kita masih di berikan kesempatan untuk menikmati hidup ini lebih sempurna dan lama lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

  1. Selain cara di atas, harus konsisten menjalani caranya.. tentu dengan konsisten akan mendapatkan hasil yang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, terima kasih atas tambahannya,,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga