Berkebun Dirumah Bermanfaat Bagi Kesehatan

Berkebun dirumah bermanfaat bagi kesehatanBerkebun Dirumah Bermanfaat Bagi Kesehatan - Siapa sangka dengan berkebun bisa sehat, ternyata aktifitas berkebun di pekarangan rumah sangat baik untuk perkembangan kesehatan kita baik secara fisik maupun mental.

Berkebun memberikan pelajaran penting bagi kita semua untuk lebih mengenal dan akrab dengan alam lingkungan.

Dengan latihat atau terapi alam ini kita akan lebih menyatu dengan kehidupan di luar rumah yang menyehatkan.

Dengan aktifitas seperti mencangkul lahan, menanam tanaman, menyiram, memupuk dan merawat tanaman tersebut membutuhkan energi yang lebih banyak apa lagi hal itu di lakukan dengan cara beramai ramai dengan anggota keluarga yang lain, pasti suasana akan menjadi hangat dan semakin harmonis.

Berkebun akan memberikan suasana baru bagi Anda, hal ini lebih sehat di banding hanya duduk di belakang meja kantor dan diam tidak bergerak. Selain itu Anda akan mendapatkan udara segar, pemandangan hijau serta mendengar lebih jelas suara alam.

Dengan aktifitas sehat berkebun bisa mengusir stres serta memperbaiki suasana hati yang buruk menjadi lebih segar dan bugar, keadaan tersebut timbul bisa karena banyaknya tugas kantor atau beban lain yang memberatkan hati.

Coba bayangkan! dengan aktifitas berkebun ini Anda dan keluarga menanam sayuran dan buah buahan sendiri, suatu saat nanti Anda bisa memanen hasil berkebun dan memasaknya tanpa harus membeli di pasar atau supermarket, bagaimana, sehat bukan?

Berikut Manfaat Berkebun di Rumah Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Kreatifitas

Dengan melakukan aktifitas berkebun maka pikiran akan terangsang untuk lebih aktif dan kreatif dalam melakukan sesuatu hal yang berkaitan dengan berkebun. Karena suasana baru dan menyegarkan memberikan dampak positif pada otak dan fisik kita.

2. Meningkatkan Kebugaran

Saat Anda melakukan aktifitas dan gerakan yang menyenangkan maka tingkat kebugaran fisik otomatis akan meningkat. Dengan demikian peredaran darah juga terangsang semakin lancar. Selain itu dengan membawa peralatan berkebun dan menggunakannya merupakan pelatihan terapi yang sehat.

3. Rileksasi Pikiran

Menghirup udara segar dan menyentuh tanah akan menjadi pengalaman baru yang sehat. Dengan melakukan berbagai aktivitas berkebun hal ini secara tidak sadar akan merileksasi pikiran kita. Kita akan berkeringat dan terasa lelah tapi jangan kawatir, tubuh kita akan terasa lebih sehat dari sebelumnya, asalkan jangan terlalu capek.

4. Stimulasi Otak

Aktifitas berkebun akan merangsang meningkatnya zat kimia tertentu yang sangat baik bagi kesehatan otak Anda. Hal ini akan memberikan stimulasi pada otak Anda sehingga Anda akan merasa jauh lebih damai dan tentram.

5. Meminimalisir Tingkat Stres

Berkebun dapat mengurangi tingkat stres yang di alami seseorang. Manfaatkanlah kebun yang ada di belakang atau depan rumah, jika tidak ada pekarangan Anda dan keluarga bisa memanfaatkan wisata alam yang tersedia di dekat tempat tinggal Anda, tidak ada salahnya seminggu sekali meluangkan waktu pergi ke kebun teh atau kebun raya yang mendominasi warna hijau segar dari perkebunan.

Studi menunjukkan bahwa orang yang akrab dengan lingkungan alam terbuka seperti berkebun di pekarangan rumah, bercocok tanam di ladang yang hijau dan sebagainya memiliki tingkat stres yang sangat rendah.

Artikel lain: 
Tips cantik sehat jiwa dan raga 
5 Makanan penyebab timbulnya stres

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Di atas telah di singgung bahwa melakukan aktifitas berkebun dapat meningkatkan sirkulasi darah. Berbagai aktivitas mengolah dan menanami lahan serta mempercantik halaman luar rumah membutuhkan energi, tentu saja hal ini baik untuk peredaran darah Anda.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskuler

Dalam sebuah penelitian menyimpulkan bahwa orang yang menyentuh tanah dalam beberapa waktu setiap hari akan mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler. Mungkin itu sebabnya rata rata orang desa dan petani dahulu memiliki kesehatan yang stabil serta berumur panjang.

8. Terapi Kesehatan Mata

Dengan kita di hadirkan pemandangan yang serba hijau dan segar akan memberikan terapi mata yang jauh lebih sehat. Sehingga mata tidak cepat lelah saat beraktivitas di manapun dan kapanpun.

9. Meningkatkan Fleksibilitas

Aktivitas bercocok tanam, membersihkan sekitar dari gulma, memupuk dan sebagainya akan meningkatkan fleksibilitas panca indra Anda. Ketika Anda menghabiskan waktu di kebun, Anda akan lebih bersemangat dalam menjalani hidup.

10. Meningkatkan Keharmonisan Keluarga

Telah di singgung di atas bahwa aktivitas ini selain menyehatkan juga dapat menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan anggota keluarga lain agar semakin harmonis. Jika hal ini terus di lakukan secara bertahap maka akan memupuk rasa suka cita dalam hidup berkeluarga.

Bagaimana sobat, sudahkah Anda berkebun hari ini? banyak sekali manfaat berkebun, selain melatih kesehatan fisik juga memberikan dampak positif pula pada mental kita agar jauh lebih stabil, sehat dan menyenangkan.
Sumber di sini.



2 comments:

  1. wah banyak juga ya, manfaatnya baru tahu artikelnya bagus semoga tambah sukses gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terima kasih Gan, smoga sukses juga buat Agan.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga