Fakta Menarik Tentang Junk Food

Fakta menarik tentang junk foodFakta Menarik Tentang Junk Food - Makanan junk food adalah jenis makanan modern siap saji yang banyak kita kenal saat ini. Makanan ini sangat mendunia dan sudah umum di telinga kita.

Istilah "Junk food" di publikasikan oleh seseorang yang bernama Michael Jacopson pada sekitar tahun 1972.

Kita mengenal makanan ini banyak mengandung kalori tetapi sedikit gizi, kebiasaan makan junk food membuat kita merasa tidak cepat kenyang tetapi justru malah akan menimbulkan masalah dengan berat badan, gula serta masalah kesehatan lain.

Berikut ini Fakta Menarik Tentang Junk Food Yang Jarang di Ketahui

1. Kandungan oxycholesterol terlalu tinggi dalam makanan junk food. Kolesterol jenis ini jika di konsumsi terlalu tinggi berpotensi serangan jantung.

2. Gula yang tidak di manfaatkan tubuh di ubah menjadi lemak dan ini penyebab utama berat badan seseorang terus meningkat.

3. Kandungan mineral dan vitamin yang rendah dalam makanan ini merupakan bukti makanan ini bukan pilihan terbaik untuk kesehatan. Apalagi sangat tinggi kalori, waspadalah dengan berat badan Anda.

4. Junk food di kenal dengan makanan yang memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Dalam sebuah kaleng minuman cola terdapat 10 sendok teh gula. Oleh karena itu jika Anda termasuk orang yang bermasalah dengan kadar gula sebaiknya berpikir ulang jika ingin minum cola.

5. Zat perasa atau pewarna yang terkandung di dalam junk food sangat bertanggung jawab terhadap timbulnya asma, ruam atau hiperaktif.

6. Perlu di ketahui bahwa makanan junk food untuk anak anak jauh lebih berbahaya daripada junk food untuk orang dewasa. Bahan pengawet, pewarna dan perasa yang terkandung di dalamnya sangat merugikan kesehatan anak dalam jangka panjang.

7. Beberapa jenis makanan ini di kenal juga mengandung garam tinggi yang menyebabkan jumlah natrium dalam tubuh terus meningkat. Jika kadar natrium tinggi maka sangat berpotensi timbulnya tekanan darah.

8. Beberapa jenis makanan juga mengandung jumlah tinggi minyak terhidrogenasi dan lemak. Lemak trans atau minyak terhidrogenasi tidak ada manfaat bagi tubuh justru akan berdampak negatif pada tubuh.

9. Di Amerika Serikat di ketahui, sebanyak 12,5 juta anak mengalami obesitas dan setelah di adakan penelitian ternyata mereka biasa mengkonsumsi junk food.

10. Margin atau keuntungan yang di peroleh perusahaan minuman ringan di perkirakan sekitar 97% bersih.

11. Gula yang super tinggi menyebabkan insulin dalam tubuh tetap tinggi sehinga memicu masalah metabolisme tubuh.

12. Pemasaran secara agresif pada makanan junk food membuat banyak orang beralih ke makanan jenis ini dan menjadikannya menu rutinitas harian mereka.

13. Lemak buruk dalam makanan ini menuntut otak untuk terus banyak makan. Efek ini timbul pada otak dalam jangka waktu yang lama.

14. Selain masalah jantung, obesitas dan beberapa jenis kanker, junk food juga bisa menyebabkan kerusakan gigi, hati dan ginjal jika di konsumsi dalam waktu yang lama.

Berikut ini Tips Mudah Untuk Menghindari Junk Food

1. Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi beras merah. Nasi beras merah di kenal banyak mengandung serat dan banyak nutrisi lain, nasi ini juga baik untuk diet.

2. Mengkonsumsi Gandum atau Oat, karena banyak mengandung serat, vitamin, mineral, seng, besi, magnesium dan asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Mengkonsumsi sayuran kaya serat seperti bayam, selada, bunga kol dan sayuran berwarna hijau lain karena akan membantu mengurangi kadar gula darah. Setidaknya cukupi kebutuhan protein seperti ikan, telur, daging dan kacang kacangan.

4. Banyak mengkonsumsi buah segar seperti apel, pisang dan beberapa jenis berry, bisa juga di buat jus tetapi sebaiknya hindari jus kemasan yang sudah siap saji karena kandungan zat kimia lain yang perlu untuk di hindari.

Selain itu jus kemasan terkesan sangat halus karena kandungan serat telah di hilangkan saat pengolahan oleh karena itu lebih baik mengkonsumsi buah yang utuh dan masih segar yang penting dalam keadaan higienis.

Itulah fakta menarik tentang makanan junk food yang bisa kita ketahui bersama, semoga bermanfaat dan kita lebih pandai dalam memilih makanan harian kita.

Semoga bermanfaat dan terima kasih
 


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga