Makanan Sehat Untuk Bunda Yang Sedang Hamil

Makanan sehat untuk bunda yang sedang hamilMakanan Sehat Untuk Bunda Yang Sedang Hamil - Sebelumnya saya ucapkan "Selamat atas kehamilannya." senang sekali punya baby yang akan menemani sepanjang waktu. 

Pada awal kehamilan, sering sekali para ibu muda ini menebak makanan apa saja yang harus di hindari dan makanan apa yang harus di konsumsi saat kehamilan?

Asupan makanan yang sehat sangat di perlukan oleh bunda karena untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin. Janin yang ada dalam uterus sangat rentan terjadinya keguguran terutama pada usia trimester pertama kehamilan.

Beberapa gangguan yang biasa terjadi pada bunda yang sedang hamil pada trimester pertama antara lain mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan, padahal pada waktu tersebut adalah penting untuk mendapatkan vitamin dan mineral demi pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Lalu bagaimana dengan makanan yang akan di konsumsi ibu hamil muda jika keadaannya demikian? makanan yang di konsumsi bukan banyaknya porsi, namun kualitas makanan yang di makan bunda sehingga dapat menunjang kesehatan janin.

Sebaiknya pengaturan makanan yang Anda makan di sesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan dan kebutuhan yang di sesuaikan dengan pertumbuhan janin, dan ini adalah langkah yang tepat.

Jadi perhatian terhadap makanan yang di konsumsi bunda adalah penting bukan hanya untuk kesehatan janin namun juga untuk kesehatan ibu sendiri, terutama pada saat awal kehamilan terjadi perubahan hormonal yang signifikan sehingga dapat mempengaruhi sensitivitas bunda sendiri.

Berikut Makanan Sehat Untuk Bunda Yang Sedang Hamil

Sereal

Saat awal kehamilan pertama Anda seringkali menjadi masalah tentang sarapan di pagi hari, kondisi yang mual dan keinginan untuk muntah sangat menggangu bahkan nafsu makan menurun. Sereal dengan banyak varian rasa memberikan pilihan bagi Anda untuk menjadi menu sarapan pagi yang sesuai dengan keinginan.

Sereal dengan banyak nutrisi di dalamnya seperti mineral, vitamin, karbohidrat, kalsium yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan janin. Gandum yang banyak mengandung serat sangat bagus untuk pencernaan ibu dan kesehatan bayi.

Produk Susu

Mengkonsumsi produk susu sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin serta kesehatan motorik sel saraf janin yang masih dalam proses penyempurnaan.

Nutrisi dalam susu dapat membantu pembentukan sel jaringan baru juga mengganti sel sel yang rusak dengan yang baru, pemenuhan kebutuhan oksigen dalam darah dapat di penuhi dengan mengkonsumsi produk susu.

Pilihan susu kedelai menjadi alternatif yang bagus dengan banyak pilihan rasa atau original, sesuaikan dengan keinginan Anda, susu kedelai banyak mengandung vitamin D yang berfungsi membantu pertumbuhan pembentukan tulang dan gigi.

Ikan

Ikan banyak megandung asam omega-3 dan protein yang sangat bagus untuk menunjang kesehatan janin. Cukupilah kebutuhan konsumsi beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna dan sarden tetapi perlu juga untuk di perhatikan kandungan mercuri yang ada pada beberapa jenis ikan lain.

Buah dan Sayur segar

Pada awal kehamilan, tubuh membutuhkan kekebalan tubuh yang baik agar tidak gampang sakit, oleh karena itu jus jeruk dapat Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C agar jauh dari infeksi.

Anda juga bisa memilih beberapa buah yang mengandung zat besi untuk pembentukan sel darah merah atau Hemoglobin, sehingga Anda tidak akan menderita anemia. Buah segar juga memberikan energi ekstra yang bisa di andalkan selain karbohidrat.

Kacang kacangan

Sayur dari golongan kacang kacangan sangat baik untuk memenuhi nutrisi ibu dan janin, asam folat dan vitamin B yang terdapat di dalamnya membantu perkembangan dan pertumbuhan sistem saraf pada bayi.

Air, Vitamin dan Mineral

Kecukupan air putih untuk tubuh ibu dan janin juga tidak kalah pentingnya, selalu jaga kondisi agar tidak terjadi dehidrasi. Tips bagi ibu yang terlalu sering mengalami mual Anda bisa memanfaatkan air putih plus sari buah tanpa gula.

Satu lagi yang juga penting di perhatikan, jangan lupa selalu kontrol dan cek kondisi kandungan ibu agar keadaan janin dapat selalu di ketahui, hal ini untuk menghindari kelahiran abnormal. Juga untuk menentukan tambahan vitamin dan suplemen yang tepat untuk ibu dan janin.

Contoh Menu Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Bisa di Terapkan

Sarapan Pagi:

   1. Nasi pecel atau nasi putih
   2. Telur mata sapi
   3. Jus buah.
   4. Susu (jangan salah pilih susu, khusus untuk ibu hamil)

Makan Siang Hari:

   1. Nasi putih
   2. Sayur bening
   3. Ikan bumbu kuning
   4. Tahu atau tempe goreng
   5. Jus jeruk atau buah segar

Makan Malam: 

   1. Nasi putih
   2. Bistek
   3. Bakwan jagung yang di goreng
   4. Selada buah
   5. Susu menjelang tidur malam   

Sebenarnya selain makanan yang di sebukan di atas ada banyak makanan lain yang bisa Anda jadikan referensi untuk variasi makan setiap hari, hal ini untuk menghindari rasa bosan, seperti minyak zaitun, gunakan untuk melumuri makanan atau mengoreng, walnut, Oatmeal, sayur asparagus, ubi jalar, ubi ungu, singkong, Yoghurt, telor ayam kampung.

Itulah beberapa makanan sehat untuk bunda yang sedang hamil, yang dapat Anda jadikan referensi dan jika ada di antara pembaca yang ingin menambahkan silahkan di tulis di kolom komentar agar bisa di share ke lebih banyak orang lain lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga