Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat bawang putih bagi kesehatanManfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan - Bawang putih tergolong rempah rempah yang bermanfaat untuk penyedap setiap masakan dan sangat mudah kita jumpai di sekitar kita.

Tanaman yang akrab dengan ibu rumah tangga ini selain sebagai penyedap setiap masakan ternyata memiliki manfaat lain yang berguna untuk kesehatan kita.

Perlu di ketahui bahwa bawang putih memiliki manfaat yang optimal jika di konsumsi dalam keadaan masih mentah dan segar.

Kandungan Gizi Bawang Putih

Dalam suatu riset yang di lakukan, dalam setiap 100 gram bawang putih mengandung energi sebesar 95 kilokalori, protein 4,5 gram, karbohidrat 23,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 42 miligram, fosfor 134 miligram, zat besi 1 miligram dan potasium, selain itu juga mengandung vitamin A, B dan C.

Dengan adanya banyak nutrisi yang ada di dalam bawang putih, tentunya ini menjadi keuntungan bagi kita semua untuk memanfaatkanya. Bawang putih beda dengan bawang merah atau bawang bombay, mereka memiliki ciri khas dan kandungan nilai gizi yang tidak sama. 

(Catatan: Riset yang di lakukan pada bawang putih yang berbeda juga akan di dapatkan hasil yang berbeda pula karena adanya banyak faktor yang mempengaruhi seperti iklim, kesuburan tanah dan lainnya)

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Pada zaman dahulu bawang putih banyak di manfaatkan oleh orang untuk pengobatan herbal pada beberapa penyakit kronis dan ringan, namun sekarang pemanfaatnya mulai jarang di lakukan karena adanya berbagai pengobatan modern masa kini. Namun demikian bawang putih tetap menjadi sarana pengobatan herbal yang aman (tanpa efek samping), sehat dan ekonomis.

1. Anti Sel Kanker

Zat yang bernama dialil sulfida yang terdapat di dalam bawang putih memiliki manfaat yang sangat efektif untuk mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh. Bagi wanita ini adalah kesempatan untuk jauh dari kanker payudara.

2. Pelindung Jantung

Dalam udara yang tidak sehat dapat menyebabkan radikal bebas yang sangat merugikan tubuh kita, selain paru paru maka jantung akan menjadi korban berikutnya.

Nutrisi yang terkandung di dalam rempah ini mampu melindungi jantung dari radikal bebas yang sangat merugikan, bau khas bawang putih memang menyengat tapi jika kita melihat manfaat yang luar biasa bagi kesehatan jantung maka bau itu tidak akan ada artinya.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Bawang putih mengandung hidrogen sulfida yang bermanfaat untuk melonggarkan dan memberikan efek elastisitas yang baik untuk pembuluh darah kita, juga mengontrol tekanan darah agar tetap dalam keadaan stabil.

4. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah

Kita tahu bahwa jika dalam darah terdapat kolesterol jahat yang berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Ini adalah bukti nyata bahwa bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah dan merugikan itu.

5. Obat Alami Penderita Diabetes

Nutrisi insulin yang terkandung di dalam rempah ini juga mampu mengkontrol gula darah agar tetap stabil, kita mengetahui bahwa gula darah berlebih akan menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit ini untuk saat ini tidak hanya menyerang kaum lansia saja namun para remaja masa kini pun juga memiliki resiko terkena diabetes karena pola makan yang tidak sehat.

Bawang putih membantu menstabilkan gula darah kita sehingga jauh dari derita penyakit diabetes. bagi penderita diabetes sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung bawang putih, karena ini sangat membantu.

6. Jauh Dari Berbagai Penyakit Kulit

Infeksi jamur yang menyerang kulit Anda akan di hancurkan oleh ajoene yang merupakan zat kimia yang terkandung di dalam bawang putih. Ajoene merupakan anti kekentalan darah. Jika Anda meginginkan kulit yang sehat, halus dan mulus jangan lupa konsumsi makanan yang banyak mengandung bawang putih.

7. Anti Depresi

Bawang putih juga bisa membantu menurunkan tingkat stres atau depresi seseorang. Tidak hanya dengan olah raga atau yoga dari sisi makanan bawang putih memiliki peranan penting dalam membantu menurunkan tingkat depresi atau rasa cemas seseorang.

Banyak sekali manfaat dari rempah yang satu ini, selain mudah di dapatnya kita juga bisa melakukan pengobatan dan pencegahan dengan menggunakan bawang putih.

Selain yang di sebutkan di atas, ada manfaat lain yang bisa kita ketahui antara lain untuk menambah kekebalan tubuh, menyuburkan rambut, mencegah dan mengobati flu, menyembuhkan sariawan, membantu mengurangi jerawat, meningkatkan nafsu makan, menghambat proses penuaan dan terakhir menghambat penurunan fungsi kerja otak.

Bagaimana sobat, kali ini kita telah mengetahui banyak sekali manfaat dari bawang putih bagi kesehatan, semoga bermanfaat dan jika pembaca menemukan manfaat lain dari bawang putih bisa di tambahkan di dalam kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga