Nutrisi Buah Salak Untuk Kesehatan

Nutrisi buah salak untuk kesehatan
Nutrisi Buah Salak Untuk Kesehatan - Siapa yang tidak tahu buah salak? tanaman ini banyak kita temui di daerah tropis seperti indonesia, buah yang memiliki nama latin Sallaca Edulis ini sangat populer di kalangan masyarakat Asia dan sekitarnya.

Bagi yang menyukai buah salak bisa di dapatkan dengan mudah di daerah Malang selatan di desa suwaru kecamatan pagelaran, di sana salak berbuah sepanjang tahun.

Nutrisi Buah Salak Untuk Kesehatan

Rasa buah salak yang eksotis, sedikit asam, sedikit manis dan sedikit sepat menjadikan banyak yang menyukainya. Dalam sebuah penelitian ternyata buah ini mengandung nutrisi seperti kalsium, tanin, potassium dan saponin.

Dalam takaran 100 gram buah salak memiliki kandungan sekitar protein 0,40 gram, kalori 77 kal, karbohidrat 20,9 gram, kalsium 28 mg, fosfor 18 mg, zat besi 4,2 mg, vitamin - B dan vitamin - C juga air 750 mg.

Selain di konsumsi seperti biasa, salak bisa di manfaatkan untuk pengobatan, seperti diare. Tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi buah ini justru sebaliknya bisa susah buang air besar. Serat dalam buah salak terdapat pada selaput pembungkus dagingnya yang berwarna putih transparan.

Kalau di indonesia buahnya yang di konsumsi dan kulitnya di buang begitu saja, tetapi kalau di China kulit buah salak di manfaatkan untuk pengobatan tradisional. Seperti pengobatan diabetes, tentu saja selain aman juga ekonomis.

Berikut Obat Dari Kulit Buah Salak

Bahan:

- Kulit buah salak sekitar 100 gram.

- Air bersih 1000 ml

- Kuali untuk wadah mendidihkan air

Didihkan air dan masukkan kulit salak yang sebelumnya sudah di bersihkan dahulu, gunakan api yang tidak terlalu besar, jika warna air sudah berubah lalu dinginkan dan saring, minumlah setiap hari satu gelas. Perlu di ketahui bahwa kulit salak yang sudah di pakai tidak bisa di gunakan kembali.

Selain untuk pengobatan diabetes, kulit salak juga bisa di manfaatkan untuk pengobatan penyakit wasir, cara menggunakanya sama dengan cara di atas.

Manfaat Lain dari Buah Salak

1. Ternyata buah salak mengandung betakarotin yang tinggi baik untuk kesehatan mata.

2. Serat yang terkandung di dalam buah salak cocok untuk Anda yang menjalankan program diet sehat.

3. Seperti yang telah di singgung di atas bahwa salak dapat di manfaatkan untuk mengobati diare.

4. Kandungan potassium yang baik bermanfaat untuk menunjang kesehatan otak kita, zat ini berperan untuk menunjang kinerja sistem syaraf sehingga otak bisa bekerja maksimal.

Mengingat banyaknya manfaat buah salak untuk kesehatan, alangkah baiknya kalau kita selalu menyediakan buah ini di meja makan kita. Konsumsi buah ini sekitar 3-5 buah setiap hari akan dapat membantu mencukupi nutrisi tubuh yang di perlukan.

Macam Buah Salak di Indonesia

1. Salak pondoh

2. Salak suwaru

3. Salak bali

Masing masing buah salak tersebut memiliki ciri khas dan tampilan yang berbeda, kalau saya sendiri lebih suka salak pondoh karena rasanya tidak terlalu asam, tidak terlalu sepat dan manis, bahkan salak pondoh yang masih muda pun selama layak konsumsi juga tidak terlalu sepat dan asam.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga