Pengertian Penyakit Usus Buntu

Pengertian penyakit usus buntuPengertian Penyakit Usus Buntu - Penyakit usus buntu terjadi karena peradangan yang di sebabkan oleh tumpukan kotoran yang tidak terbuang dan mengeras di sekitar usus yang berukuran sekitar 5-10 cm yang terletak di ujung usus besar atau bagian awal dari usus besar (Tempat terbentuknya feces).

Usus buntu atau apendisitis jika terjadi peradangan akut akan menyebabkan komplikasi yang serius. Perut kita akan terasa sakit nyeri di sebelah kanan bawah dan harus segera di operasi, pada umumnya pengangkatan usus buntu tidak mengganggu kesehatan kita, tetapi sampai saat ini belum di ketahui kenapa kita memiliki usus buntu yang konon fungsinya adalah menstimulasi mekanisme pertahanan tubuh dari berbagai kuman. 

Penyakit yang biasanya menyerang kalangan muda usia sekitar 10-25 tahun ini juga tidak menutup kemungkinan juga menyerang usia lanjut. Penyakit ini biasanya timbul karena pola makan yang tidak teratur dan konsumsi makanan yang tidak sehat.

Kita semua memiliki kemungkinan terkena resiko penyakit usus buntu, oleh karena itu alangkah baiknya jika kita mengetahui gejala dari usus buntu tersebut antara lain:

Gejala Usus Buntu

Awalnya terasa sakit nyeri biasa di bagian perut sebelah kanan tetapi semakin lama makin terasa nyeri yang sangat lalu hilang dan muncul lagi, begitu seterusnya. Hingga suatu saat rasa sakit ini bertahan lama dan tidak hilang hingga berjam jam sampai terus bertambah parah.

Rasa sakit ini semakin terasa saat terjadi penekanan di bagian perut seperti bersin dan batuk, saat berjalan pun juga terasa sakit. Sakit perut ini biasanya di sertai beberapa dampak lain seperti,

- Kesulitan buang gas.

- Mual dan muntah.

- Terasa sakit saat buang air kecil.

- Demam.

- Kram atau kejang perut.

- Nafsu makan berkurang.

- Terjadi pembengkaan pada perut.

- Susah bernafas, saat melepaskan udara pernafasan.

Segera periksakan ke dokter ahli!! jika sakit perut yang Anda rasakan semakin lama semakin parah dan bertahan lama, bisa jadi itu adalah awal penyakit usus buntu. Karena jika terlambat menanganinya bisa terjadi peritonitis (Infeksi serius pada lapisan perut sebelah dalam).

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyebab terjadinya penyakit ini belum di ketahui secara pasti namun di perkirakan adanya penyumbatan pada pintu masuk usus buntu karena kotoran atau feces yang mengeras dan mengganggu area sekitarnya.

Pencegahan

Cara mencegah terjadinya penyakit ini adalah dengan banyak minum air putih/mineral melebihi kapasitas dari biasanya, hindarkan penahanan saat buang air besar, konsumsi makanan yang banyak mengandung serat (Rekomendasi: buah dan sayur segar).

Pengobatan Alami

Pengobatan herbal untuk penyakit usus buntu ada dua cara dan Anda bisa pilih salah satu untuk pengobatannya.

1. Minumlah ramuan dari rempah kunyit, caranya sediakan kunyit secukupnya, air, asam jawa dan wadah. Haluskan kunyit bersama asam jawa, bisa di blender atau di parut, lalu peras dan di saring. Minumlah ramuan ini sehari sekali sampai sembuh.

2. Menggunakan ramuan herbal rumput lidah ular.

Beberapa cara pengobatan alami di atas bisa membantu dalam mengatasi penyakit usus buntu yang Anda alami, namun saya yakin masih banyak pengobatan herbal lain yang kusus untuk mengatasi penyakit usus buntu.

Komplikasi Pecahnya Usus Buntu

Penyakit usus buntu yang tidak segera di obati akan beresiko pecah dan dapat mengancam keselamatan jiwa seseorang. Pecahnya usus buntu dapat mengakhibatkan komplikasi seperti abses dan peritonitis. Oleh karena itu segera periksakan kesehatan Anda jika mulai terasa sakit perut di sebelah kanan bawah yang timbul semakin lama semakin parah.

Abses merupakan munculnya kantong nanah secara alami sebagai akhibat terjadinya infeksi yang terjadi. Cara menanganinya adalah dengan upaya penyedotan atau dengan suntikan antibiotik. Oleh karena itu pada saat operasi area sekitar usus buntu perlu adanya pemeriksaan yang lebih jeli.

Peritonitis adalah suatu penyebaran bakteri yang mulai masuk ke selaput lapisan perut bagian dalam (peritoneum). Gejalanya meliputi sakit perut yang sangat parah, muntah, demam, pembengkaan daerah perut, detak jantung cepat dan nafas pendek. Kalau sudah seperti ini operasi pengangkatan usus buntu harus segera di lakukan.

Salam sehat dan terima kasih




6 comments:

  1. Wah ini bagus sekali, lengkap sudah informasinya, saya kebetulan nyari2 informasi tentang pengobatan bisul tapi kok bisa kesini larinya ya, tapi sayapun jadi tau bisa membantu informasi tentang usus buntu.

    salam sukses bro
    Firmax3 Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak, salam sukses juga, semoga bermanfaat.

      Delete
  2. Ternyata setelah saya membaca semua artikel ini, banyak juga dari Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu tidak Cuma dengan serupa, bahkan lebih dari satu Penyakit Usus Buntu ini, memang web ini menyuguhkan artikel yang sangat bagus dan baik, enak dibaca dan juga dipahami, salam sehat buat pemegang web ini, dan tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk saling mengetahui : Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu

    Salam sehat, dan panjang umur. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, salam sehat dan panjang umur juga buat Juragan.

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih @Ganda wenang sani, semoga informasinya bermanfaat,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga