Artikel Tentang Narkoba

Artikel tentang narkoba Artikel Tentang Narkoba - Narkoba (Narkotika dan obat/bahan berbahaya) merupakan salah satu obat yang pemakaianya tidak sembarangan dan harus dengan pengawasan ahli.

Kadang narkoba ini sering di salah gunakan pemakainaya, akhibatnya kematianlah ujung ujungnya selain itu jika tertangkap hukumannya sangat berat. Oleh karena itu jangan sekali - kali menggunakan barang ini sembarangan.

Kita tidak tahu peredaran dan keberadaan narkoba yang ada di sekitar kita, lebih baik kita harus lebih jeli dan respek terhadap setiap perkembangan dan perubahan yang terjadi, seperti melihat suatu keanehan terhadap subtance yang beredar atau kecenderungan munculnya rasa curiga terhadap segala sesuatu yang beda dari biasanya.

Kita semua di harapkan jangan sampai terbawa hasutan atau terbujuk rayu oleh siapa saja termasuk teman di kantor, sekolah atau di masyarakat luas apalagi dengan iming-iming atau janji akan di berikan hadiah atau sesuatu imbalan yang sangat menarik. Curigalah dengan yang demikian!!!

Konon menurut berita yang beredar, saat ini ada 26 jenis narkoba yang beredar di indonesia dari 354 zat psikoaktif, sementara tahun sebelumnya masih terdapat 251 jenis yang beredar.

Peredaran narkoba begitu cepat sekali di dunia, bayangkan hanya kurun waktu 3 tahun yang dulunya beredar di 20 negara sekarang sudah menyebar lebih dari 80 negara. Bagaimana? ini merupakan tantangan bersama masyarakat dunia.

BNN menuliskan kata-kata yang menarik untuk kita simak yaitu " Kami bangga padamu kalau sampai saat ini masih menjauhi narkoba, dan ikut menyampaikan kepada teman-temanmu tentang arti pentingnya untuk bebas dari (Penyalahgunaan dan Peredaran gelap) Narkoba."

Sedangkan ada satu pesan lagi yang menarik yaitu " Tetaplah waspada! karena penjual dan pelaku pengedar narkoba untuk terus berupaya membujukmu untuk menggunakan narkoba yang sangat berbahaya itu, tanpa kamu sadari."

Ingat,,, Jauhi Penyalahgunaan NARKOBA Sekarang Juga!!!

Berikut ini Ada Beberapa Contoh Narkoba dan Dampaknya Bagi Kesehatan

1. GANJA Istilah Lain ( Mariyuana, Cimeng, Hasis, Gelek)

Dampak yang di timbulkan: Motivasi rendah dan susah di kendalikan, depresi, paranoid, gangguan pola pikir, sulit konsentrasi dan gerakan lambat.

Gejala: Murung, tegang, mudah marah, timbul rasa cemas yang berlebihan.

2. EKSTASI Istilah Lain ( Inek, Enak, Cui iin, Flipper, Hammer, Flash)

Dampak yang di timbulkan: Kerusakan ginjal, hati dan otak, Kehilangan ingatan dalam jangka waktu sangat lama, Menggigil, berkeringat, Muntah, Tidak mampu berfikir jernih, serta susah menyelaraskan fungsi gerakan tubuh.

Gejala: Kehilangan sensitifitas, Paranoid, Timbul rasa cemas yang berlebihan, Kehilangan akan sehat dan kadang kesadaran hilang. Akhibatnya sangat rentan terhadap kematian karena pecahnya pembuluh darah ke jantung dan otak.

3. HEROIN Istilah Lain ( White, Smach, Junk, Serbuk putih, Medicine, Ubat)

Dampak yang di timbulkan: Kerusakan paru - paru, ginjal, hati dan organ vital lain, detak jantung lemah dan mengalami sesak nafas, Dapat menularkan virus HIV, sulit konsentrasi dan penurunan kesadaran.

Gejala: Sulit tidur, hidung berair seperti flu, mudah marah, gelisah, kram tubuh, menggigil, berkeringat dan muntah yang di ikuti dengan diare. Jika Overdosis berakhibat kematian.

4. KOKAIN Istilah Lain ( Pstasta koka, Crack, Daun koka)

Dampak yang di timbulkan: Dapat memicu serangan jantung, strok, gagal ginjal, Menampakkan prilaku yang agresif, gemetar yang berlebihan, Pandangan kabur, sering berhalusiansi.

Gejala: Mudah marah, gelisah berlebihan, depresi, Cemas dan kehilangan gairah untuk melakukan sesuatu.

5. SHABU Istilah Lain ( Ice, Ubas, Methamphetamine)

Dampak yang di timbulkan: Mudah marah, berhalusinasi, rasa cemas yang berlebihan, merusak fungsi hati, ginjal dan jantung, mudah bingung, berkhayal dan susah tidur.

Gejala: Hilang nafsu makan, Pernafasan pendek, jantung berdebar dan timbul rasa gelisah yang berkepanjangan.

Selain dari yang di sebutkan di atas juga terdapat narkoba antara lain KETAMINE, LYSERGIDE, INHALANTS, dan ERIMIN. Kesemuanya memiliki dampak dan gejala yang hampir mirip dan biasanya berakhir dengan kamatian.

Dampak Psikologis Akhibat Penyalahgunaan Narkoba

Dengan memiliki emosi yang tidak terkendali maka pelaku atau korban sangat mudah untuk berkata bohong, kurang bertanggung jawab, hubungan dengan angota keluarga lain, orang tua, guru, masyarakat, teman terganggu.

Mereka merasa di kucilkan, sehingga berusaha menarik diri dari masyarakat dan tidak berani bertatap muka langsung untuk berbicara. Mereka tidak peduli dengan norma atau aturan yang ada, cenderung melakukan tindak pidana seperti mencuri dan cenderung mengganggu ketertiban umum.

Demikianlah share yang bisa di sampaikan, tidak perlu di hafalkan namun sekedar untuk di ketahui saja agar kita lebih paham terhadap narkoba dan bahayanya.

Tetaplah waspada!! jangan terlalu cepat menerima pemberian atau bujuk rayu orang lain yang pada awalnya tampak manis tapi di akhir cerita sangat merugikan bahkan mencelakakan.

Salam sehat.

 


2 comments:

  1. Kalo pakai shabu katanya orang jadi hepi terus .,yg ada hanya ketawa mulu hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seperti orang gila gitu, merasa happy dan ketawa sendiri, selain banyak uang yang harus di keluarkan, nyawa juga terancam,,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga