Konsep Sederhana Agar Hidup Sehat

Konsep sederhana agar hidup sehat Konsep Sederhana Agar Hidup Sehat - Memang benar ungkapan yang menyatakan bahwa "Sehat adalah pilihan" Tetapi bagi yang sadar tentang arti pentingnya kesehatan maka mereka akan berpendapat bahwa "memelihara dan menjaga kebiasaan hidup sehat merupakan kewajiban yang harus di lakukan" karena tidak hanya ingin jauh dari penyakit tetapi juga menghargai hidup.

Pernahkah Anda mendengar ungkapan bahwa "Apa yang kamu makan adalah cerminan dirimu" ? Ungkapan sederhana dan sangat mudah untuk di pahami ini memberikan gambaran atau filosofi kepada kita semua bahwa apapun yang kita makan maka itulah kita.

Untuk itu jika ingin mendapatkan hidup yang sehat dan berkualitas minimal menjaga kesehatan pencernaan kita dengan cara selalu menjaga makanan yang akan kita makan. Merubah pola makan yang sehat tidak mudah jika sebelumnya kita makan dengan sembarangan.

Niat yang kuat, adalah langkah awal yang di tanamkan dalam benak supaya memiliki kemampuan selalu menjaga pola hidup sehat.

Berikut ini Konsep Sederhana Agar Hidup Kita Jadi Lebih Sehat

1. Makan Secukupnya

Jangan makan berlebih, sejak dahulu orang tua selalu menyarankan kepada kita bahwa "Kalau makan jangan terlalu kebanyakan" rupanya ada kaitanya dengan kesehatan pencernaan kita.

Makanlah sesuai dengan pola hidup sehat yaitu "Berhenti makan sebelum kenyang dan segera makan sebelum terasa lapar." Kebiasaan ini akan mengarahkan kita kepada pola hidup sehat yang berkualitas.

2. Mengunyah Makanan Dengan Baik

Kunyahlah makanan yang kita makan dengan sempurna. Karena dengan makanan yang lembut maka akan membantu proses pencernaan. Ada yang mengatakan bahwa kita harus mengunyah makanan sebanyak 30-35 kali supaya makanan menjadi lembut dan halus.

3. Cukupi Kebutuhan Tubuh Dengan Serat

Satu lagi yang paling penting untuk menjaga pencernaan agar tetap sehat adalah kebutuhan terhadap serat. Anda bisa mengkonsumsi serat melalui sayur dan buah segar, sediakan buah segar setiap hari di meja makan.

Serat yang mencukupi akan membantu proses metabolisme tubuh dengan sempurna, sehingga penyerapan sari sari makanan di dalam usus halus berjalan dengan baik dan sehat.

4. Hindari Stres

Apapun alasanya, jagalah diri Anda dari stres. Stres memang tidak selamanya merugikan, jika kita mampu mengelola stres, maka stres justru akan berdampak positif, tetapi jika tidak maka bisa sebaliknya.

Jika saat stres terjadi, makan makanan tertentu jadi tidak berselera dan hal itu menyebabkan meningkatnya neurotransmitter gejala yang tidak menyenangkan.

Artikel lain:
Cara menghilangkan stres secara alami dengan minuman sehat
Berkebun di sekitar rumah berdampak positif pada kesehatan

5. Olah Raga Cukup

Olah raga jangan terlalu berat, jika Anda menginginkan, mulailah dari yang ringan dan simple saja. Tetapi dengan manjalankan rutinitas olah raga ringan setiap pagi saja pencernaan Anda akan selalu dalam keadaan sehat.

Jogging, jalan sehat, pilates, senam atau yoga bisa menjadi alternatif olah raga ringan yang bisa Anda lakukan setiap hari.

Demikianlah 5 konsep sederhana untuk meningkatkan kualitas hidup yang di mulai dari makanan yang kita makan, agar pencernaan kita selalu sehat sehingga berdampak pada hidup yang berkualitas.

Semoga bermanfaat dan salam sehat.




10 comments:

  1. saya masih belum bisa komit olah raga nih huhu
    thank for share ya pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok mba Dessy, thanks juga sudah mampir,,

      Delete
  2. sekarang saya jarang olahraga soalnya males :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh,, kok males Gan, kalau begitu buat jadwal khusus aja, atau gak sama sekali,,, Hehehe

      Delete
  3. Saya sepertinya pengunyah yang baik, saking lamanya mengunyah, selesai makannya juga lama banget, dulu waktu kecil bahkan sampai di tegur orang tua :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebenarnya yang kita lakukan sudah benar yah,,, kadang orang tua kita yang kurang mengerti apa yang kita rasakan, hanya masalah makan saja juga penting untuk di perhatikan.

      Delete
  4. Hampir semua orang ingin sekali hidupnya sehat, tapi tidak banyak yang memperjuangkan agar bisa hidupnya sehat terus..

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga