Manfaat Puasa Senin Kamis Secara Spiritual dan Kesehatan Fisik

Manfaat puasa senin kamis secara spiritual dan kesehatan fisikManfaat Puasa Senin Kamis Secara Spiritual dan Kesehatan Fisik - Ibadah puasa sunnah banyak manfaatnya langsung atau tidak langsung, dan akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara mental, dan spiritual bagi pelakunya.

Konon mereka yang gemar melakukan puasa senin dan kamis akan mampu menyeimbangkan kesehatan dari tiga kecerdasan, antara lain Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Spiritual (SQ) dan Kecerdasan Emosional EQ)

Wow,, banyak sekali manfaatnya bukan,,,? dari tiga kecerdasan yang terpelihara itu saja hidup kita bisa menjadi tenang dan tentram, sebuah tawaran yang menarik untuk tidak di tolak dan di lakukan setiap hari senin dan kamis.

Saya rasa tidak hanya muslim saja yang di anjurkan untuk berpuasa senin dan kamis, namun mereka yang menganut kepercayaan dan agama lain juga di anjurkan berpuasa, mungkin hanya caranya saja yang tidak sama.

Puasa hari senin dan kamis termasuk puasa sunnah yang di anjurkan oleh ulama muslim dunia dan bahkan Rasulullah sendiri, beliau terbiasa menjalankan ibadah puasa senin dan kamis, di riwayatkan oleh Abu harrairahu anhu dan beliau berkata bahwa:

"Rasulullah adalah orang yang paling banyak menjalankan ibadah puasa hari senin dan kamis, dan ketika beliau di tanya tentang alasanya, beliau bersabda "Sesungguhnya segala amal perbuatan di persembahkan pada hari senin dan kamis." maka Allah akan mengampuni dosa setiap muslim kecuali orang yang bermusuhan." maka Allah berfirman, Tangguhkan keduanya." 
(HR. Ahmad)

Betapa pentingya menjalankan ibadah puasa hari senin dan kamis untuk memperkokoh spiritual maupun kesehatan kita secara fisik, berikut ini sedikit akan di sampaikan beberapa manfaat yang akan kita dapatkan saat menjalankan ibadah puasa senin dan kamis dari sisi fisik maupun spiritual.

Manfaat Menjalankan Puasa Senin Kamis Secara Spiritual dan Kesehatan Fisik

Meremajakan Sel Kulit dan Menjaga Elastisitasnya

Saat menjalankan puasa tubuh tidak di sibukkan dengan penyerapan sari makanan oleh usus halus dan menampung sumber energi baru yang kita konsumsi pada saat itu, namun tubuh telah menyediakan dan menggunakan energi dari hasil metabolisme tubuh itu sendiri dari cadangan makanan yang ada.

Dengan demikian sel sel tubuh akan bekerja lebih aktif dan maksimal dari hari biasanya termasuk sel kulit, sel kulit mati akan terbuang dengan mudah dan di gantikan dengan yang baru, selain itu juga memperbaiki tingkat elastisitas kulit itu sendiri.

Jadi jika kalian ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik maka berpuasalah secara teratur dan hindari makanan makanan yang banyak mengandung lemak dan kalori.

Mengencangkan Kulit Dan Bikin Cantik

Anda boleh tidak percaya dengan ungkapan ini, namun tidak ada salahnya untuk di coba dan di buktikan, jika Anda ingin memiliki kulit yang lebih sehat dan terasa kencang. Menurut Dr. Yuri Nikolayev (Direktur RS. jiwa di Moskow) mengatakan bahwa dengan kemampuan seseorang melakukan puasa mengakhibatkan pelakunya awet muda dengan kulit yang kencang.

Sementara Direktur lembaga makanan sehat "Fultonia" di Amerika Serikat bernama Alvenia M. Fulton menyatakan bahwa Puasa adalah cara yang terbaik untuk mempercantik kulit wanita secara natural serta puasa juga memberikan kelembutan pesona dan daya pikat yang kuat.

Nah, tuh,,!! jika Anda peduli dengan perawatan tubuh dan kecantikan diri Anda, saya rasa tidak akan melupakan kalimat ini begitu saja tanpa membuktikannya terlebih dahulu.

Mengeluarkan Racun dan Zat Asing dari Dalam Tubuh

Sisa makanan yang tidak bisa keluar dari dalam tubuh akan menyebabkan racun atau toksin, hal ini jelas dapat mempengaruhi proses pencernaan dan metabolisme tubuh kita, sehingga terjadi akumulasi dan bisa menyebabkan berbagai penyakit yang lebih parah.

Dengan berpuasa maka zat asing atau racun di dalam tubuh kita akan bisa di keluarkan dengan mudah secara efektif dan hal ini sangat menguntungkan bagi tubuh kita, zat beracun tersebut akan di buang bisa melalui keringat, urine atau feces.

Jadi tidak hanya dengan olahraga saja mengeluarkan toksin dari dalam tubuh tapi dengan menjalankan puasa racun atau kotoran yang tertinggal di dalam tubuh bisa di keluarkan sehingga tubuh kembali lebih sehat.

Bagaimana, hebat bukan,,,??

Memberikan Waktu Untuk Istirahat Pada Organ Pencernaan

Mesin sebuah perusahaan tidaklah mungkin terus menerus bekerja karena pasti di kemudian hari butuh istirahat supaya mesin awet dan tahan lama, karena jika tidak demikian maka sebagian alat atau komponen lain yang ada di mesin tersebut akan lebih cepat aus atau rusak, begitu pula dengan sistem pencernaan kita.

Dengan menjalankan ibadah puasa senin dan kamis secara rutin maka secara tidak langsung akan memberikan kesempatan bagi organ pencernaan untuk beristirahat sehingga nanti jika saatnya beroperasi lagi dapat lebih maksimal.

Selain itu mesin perusahaan tersebut juga membutuhkan perawatan yang kontiyu agar bisa bertahan lama, sama dengan organ pencernaan kita, di butuhkan perawatan dan pemeliharaan agar tetap sehat dan bugar.

Jadi sistem pencernaan dan semua organ vital tubuh kita seperti alat mesin pabrik yang membutuhkan istirahat dan perawatan secara intensif. 

Menurunkan Kadar Lemak

Lemak memang manjadi salah satu nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kita supaya sehat namun jika jumlahnya terlalu berlebih justru akan menyebabkan kerugian bagi tubuh apalagi lemak yang ada adalah lemak jahat yang berakhibat fatal bagi kesehatan.

Setidaknya ada tiga hal yang dapat menurunkan kadar lemak dari dalam tubuh kita yaitu berolahraga rutin, menjalankan program diet sehat dan berpuasa.

Dalam hal ini menjalankan puasa senin dan kamis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak jahat yang ada di dalam tubuh kita, dengan demikian tubuh kita akan selalu sehat dan jauh dari penyakit.

Jiwa dan Hati Lebih Tenang

Orang kalau sudah terbiasa berpuasa akan mudah mengkontrol dirinya. Hati dan pikiran lebih tenang, dengan menjalankan puasa senin dan kamis kita akan melatih diri kita untuk bisa mengendalikan diri lebih baik dari sebelumnya.

Jadi, dengan mengkontrol pikiran dan hati maka jiwa akan jauh lebih tenang dan damai, hidup menjadi tentram dan bahagia.

Hsssstt,,,,!!! Tips jika ada yang mengalami gejala gangguan kejiwaan seperti timbul rasa takut yang berlebih dan datang secara tiba tiba tanpa alasan yang jelas, depresi, stres dan hati tidak tenang, Anda bisa mencegahnya dengan menjalankan ibadah puasa senin dan kamis secara bertahap, setelah itu berserah diri kepada Tuhan Allah SWT.

Lebih Peka Terhadap Lingkungan di Sekitar

Dengan menjalankan ibadah puasa senin dan kamis maka kita sama halnya dengan melatih diri untuk lebih mengenal dan peduli dengan merasakan keadaan saudara kita, family, kerabat, teman atau tetangga kita yang kurang mampu, yang masih susah dalam mencukupi kebutuhan hidupnya atau masalah sosial lainnya, dengan kata lain kita akan lebih empati terhadap mereka. 

Beruntunglah kita di berikan kehidupan sosial ekonomi yang lebih baik. Dengan lebih bisa mengenal dan merasakan penderitaan mereka yang kurang mampu, maka kepekaan kita terhadap lingkungan di sekitar lebih kuat, sehingga kesehatan sosial kita akan jauh lebih baik.

Lebih Banyak Beramal

Jiwa yang terkontrol dengan berpuasa akan memberikan dampak positif pada perkembangan sosial kita. Kita akan lebih mudah meningkatkan amal ibadah kita kepada orang yang lebih membutuhkan seperti memberikan sumbangan kepada anak yatim piatu, menyantuni fakir miskin atau anak terlantar.

Dengan menjalankan ibadah puasa senin dan kamis akan berdampak positif pada kesehatan mental spiritual dan fisik kita. Kesabaran dan ketenangan dalam hidup akan tumbuh lebih tertata dengan baik dan kedahsyatan puasa senin dan kamis akan Anda raih.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Bahasa Yang Kamu Gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape