Penggunaan Alat Kontrasepsi dan Efek Sampingnya

Penggunaan alat kontrasepsi dan efek sampingnyaPenggunaan Alat Kontrasepsi dan Efek Sampingnya - Memakai pencegah kehamilan ternyata memiliki efek negatif terhadap pemakainya, baik KB suntik ataupun pil KB.

Akhibat yang di timbulkan bagi pemakai KB suntik adalah lapisan dari lendir yang ada di dinding rahim semakin tipis, sehinga haid sedikit, bercak atau tidak sama sekali.

Suntikan harus di lakukan oleh tenaga ahli kesehatan secara teratur, tidak melindungi dari PMS, perdarahan tidak menentu.

Peningkatan berat badan, rambut rontok, kelainan metabolisme lemak, osteoporosis (pengeroposan tulang), ketidak teratuan menstruasi termasuk menemetroragi ( Umumnya beberapa bulan pertama) dan amenorea ( satu tahun pertama).

Jika suntikan KB di hentian maka siklus menstruasi akan kembali normal seperti sediakala sekitar 6 bulan samapai satu tahun. Kontrasepsi suntikan KB tiga bulan mengandung long-actingprogesting (Nerostiteron enantat) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA).

Hormonal ini akan di berikan setiap tiga bulan dan berfungsi untuk mencegah kehamilan, dengan cara mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh pemakainya.

Salah satu efek samping dari pemakai hormon tersebut adalah pendarahan yang tidak teratur, mulai dari pendarahan hanya bersifat bercak, flek atau pendarahan berkepanjangan. Bahkan pengguna alat KB suntik bisa tidak menstruasi.

Memang benar bahwa kemampuan fisik setiap individu berbeda, pendarahan terjadi karena peluruhan lapisan endrometrium di dalam rahim yang tidak teratur akhibat efek pemakaian hormon tersebut.

Pil KB

Fungsi pil KB sama halnya dengan suntik KB yaitu mencegah kehamilan pada setiap hubungan biologis dengan pasangan. Hanya bedanya hormon ini di kemas dalam bentuk pil, dengan mengkonsumsi pil ini maka proses ovulasi (keluarnya ovum dari dalam ovarium) akan terhambat.

Selain itu pil KB juga akan mempersulit sel sperma untuk mencapai ovarium atau ovum. Tetapi tahukah Anda efek samping pemakaian pil KB ini? berikut ini yang akan di timbulkan bagi pemakai pil KB sesuai yang telah di lansir Alodokter.com

Mual

Reaksi mual ini akan berlangsung beberapa saat dan hilang dengan sendirinya sekitar dua bulan kemudian, konsumsilah bersama makanan sebelum beralih ke metode kontrasepsi lain.

Sakit Kepala dan Timbul Rasa Tidak Nyaman pada Payudara

Biasanya reaksi ini muncul pada awal mengkonsumsi pil KB, jika efek ini tidak segera hilang, sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda dan berusahalah untuk memilih kontrasepsi yang lain.

Pendarahan Secara Tiba tiba di Luar Masa Menstruasi

Bagi sebagian orang pemakai pil KB akan mengalami pendarahan di luar masa menstruasi dan datang secara tiba tiba. Namun jika mengkonsumsi pil KB secara teratur bisa meminimalsir pendarahan tersebut. Namun jika Anda merasa khawatir atau tidak nyaman lebih baik konsultasikan kepada dokter kepercayaan Anda.

Berat Badan Meningkat

Pada sebagian wanita pengguna pil ini merasa ada peningkatan berat badan, hal ini di karenakan adanya penumpukan cairan. Efek yang terjadi ini tidak berlangsung lama dan akan kembali normal setelah beberapa waktu penggunaan pil KB.

Gairah Untuk Hubungan Intim Menurun

Jika hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan pil KB jenis lain dan tentu saja harus di konsultasikan terlebih dahulu. Namun sebagian wanita justru sebaliknya merasa terbantu dengan adanya hormon endrogen dalam pil tersebut. Dan apabila masih belum berhasil, ganti metode alat kontrasepsi Anda.

Perubahan Suasana Hati Secara Mendadak

Jika di yakini tidak ada faktor lain penyebab perubahan suasana hati berarti pil KB inilah yang menyebabkan. Jika Anda merasa tidak nyaman, bisa beralih pada metode non hormonal.

Ketika baru awal mengkonsumsi obat biasanya efek samping selalu mengganggu, tetapi semakin lama akan menghilang, karena seiring dengan itu tubuh akan cepat beradaptasi dengan adanya obat tersebut. Jika Anda masih tetap tidak nyaman dengan efek samping yang di timbulkan, beralihlah pada metode kontrasepsi yang lain.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga