Zika Virus

Zika virusZika Virus - Virus zika termasuk golongan virus yang baru di temukan dengan inang seekor nyamuk dari jenis Genus Aedes, dan dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Orang yang terjangkit virus ini akan mengalami demam yang tinggi, sakit kepala, nyeri di punggung, timbul ruam di beberapa bagian tubuh, nyeri sendi serta timbul kemerahan di mata. Gejala yang di timbulkan biasanya berlangsung dari beberapa hari hingga seminggu.

Organisasi kesehatan di Amerika memperingatkan kepada publik tentang penyebaran virus zika pada Mei 2015 lalu. Pertama kali kasus di temukan di negara Brazil, dan setelah kejadian itu ada banyak kehamilan dengan hasil akhir yang sangat buruk dan cacat sejak lahir.

Zika Virus 

Berikut ini ada beberapa hal yang penting untuk di ketahui tentang virus zika, walau sampai saat ini masih belum ada warga yang positif terserang virus zika. Kita tetap waspada!! Sebelumnya pernah di laporkan oleh Lembaga Peneliti Eikjman Institute di Jambi - Indonesia ada satu kasus yang kemungkinan itu adalah virus zika, saat itu terjadi wabah demam dengu pada periode Desember 2014 sampai dengan Mei 2015.

Pengertian Virus Zika

Virus zika adalah anggota dari keluarga Flaviviridae, dan di tularkan ke manusia oleh nyamuk, sama seperti halnya nyamuk pembawa virus dengu. Virus ini memang tidak menimbulkan kelainan berat seperti demam berdarah, meskipun zika merupakan Flavivirus yang berhungan erat dengan demam kuning, demam berdarah, West nile dan virus ensevalitis Jepang.

Tetapi virus ini dapat mempengaruhi kesehatan janin bagi ibu hamil yang terinfeksi. Virus ini telah di kaitkan dengan mikrosefali atau dengan pengertian lain bahwa bayi mengalami perkembangan kepala yang tidak sempurna, yaitu kepala kecil dan sel otak tidak berkembang sebagaimana layaknya.

Pada tahun 2015 angka kelahiran bayi dengan kondisi mikrosefali melonjak tajam, tetapi menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), masih membutuhkan informasi yang lebih akurat dengan keterkaitan informasi tersebut. Menurut juru bicara CDC pada Time mengatakan bahwa " Ada banyak penyebab terjadinya mikrosefali pada bayi, masih membutuhkan banyak waktu untuk menentukan penyebab penyakit ini."

Penyebaran Virus Zika

Virus zika di anggap sebagai penyakit menular yang berpotensi menyebar ke daerah lain dengan cepat dengan keberadaan nyamuk Aedes. Terakhir, keberadaan virus ini sudah ada di Afrika, Asia tenggara, Kepulauan pasifik, dan baru baru ini masuk informasi dari Amerika latin dan Karibia.

Artikel lain:
4 Nyamuk paling berbahaya di dunia
10 Penyakit paling berbahaya di dunia

Apakah Sudah ada Vaksin atau Obatnya?

Sampai saat ini belum ada vaksin atau obat penangkal virus yang menakutkan ini. Namun bagi ibu hamil harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri dan lingkungan sekitarnya agar bisa di pastikan tidak adanya keberadaan nyamuk. Ada yang memprediksi bahwa di temukannya vaksin virus zika sekitar 10 tahun yang akan datang.

Gunakan lotion anti nyamuk saat pergi tidur, atau gunakan trik apa saja supaya nyamuk tidak mampir ke dalam rumah dan hinggap di tubuh kita, yang penting kita aman dari nyamuk. Atau Anda juga bisa mencoba menggunakan trik menangkap nyamuk paling mudah tanpa insektisida.

Semoga bermanfaat dan terima kasih




18 comments:

  1. belum dibasmi penyebab DBD, sekarang sudah ada virus Zika, namanya juga cantik lagi, semoga kita terhindar dari penyakit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, semoga wabahnya tidak secantik namanya yah,,, Hehe

      Delete
  2. harus makin wsaspada nih apalagi skarang musim hujan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, di sini juga masih hujan mba. Mendingan ruanganya di semprot dulu pakai obat anti nyamuk atau pasang jaring kelambu anti nyamuk,,, biar aman dan nyenyak tidurnya,, hehe

      Delete
  3. serem banget sama virus satu ini :( apalagi dirumah ada balita

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ria,, tapi kita jangan terlalu terbawa arus fenomena virus zika, yang penting selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan supaya nyamuk tidak datang

      Delete
  4. semoga di jauhkan dengan penyakit ini

    ReplyDelete
  5. ikutan parno karena skrng sedang hamil, semoga bayikus ehat dan normal, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga saat proses persalinan nanti di berikan kemudahan, kesehatan dan kelancaran, juga bayinya sehat. Amiiin

      Delete
  6. Semakin banyak saja jenis virus menyebar. Semoga kita selalu terlindungi & senantiasa di beri kesehatan

    ReplyDelete
  7. Pernah baca tentang virus ini dan yah... menakutkan sekali dampaknya. Semoga kita semua terhindr dari Zika

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Amin, minimal kita bisa meminimalisir dengan selalu menjaga kebersihan

      Delete
  8. Penyakit yg munul dari nyamuk semakin banyak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kita perlu waspada saja,,, moga terhindar, apalagi saat ini masih musim penghujan

      Delete
  9. Semakin hari ada aja penyakit jenis baru, semoga aja kita tidak mengalaminya

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga