8 Makanan Yang Nutrisinya Melebihi Multivitamin

8 Makanan yang nutrisinya melebihi multivitamin8 Makanan Yang Nutrisinya Melebihi Multivitamin - Mungkin Anda pernah berfikir bahwa mengkonsumsi satu butir multivitamin adalah langkah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Hal ini tidak seutuhnya benar, karena nutrisi yang di konsumsi oleh salah satu jenis vitamin tidak bisa menggantikan semua kebutuhan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh.

Artikel lain:
4 Manfaat bayam merah yang layak mendapatkan apresiasi 
5 Fakta tentang antioksidan yang wajib di ketahui

Selain itu mengkonsumsi multivitamin secara rutin bisa menjadi penyebab diet yang tidak sehat. Oleh karena itu kembali membiasakan mengkonsumsi buah dan sayur segar lebih di sarankan daripada mengkonsumsi multivitamin.

Memang dengan adanya vitamin A, B, C, D, E, dan K dalam tubuh memberikan peran yang sangat penting dalam menjalankan peran fungsi organ tubuh secara normal. Tanpa memanfaatkan vitamin maka kita mudah terserang berbagai penyakit dan proses metabolisme tubuh lemah, pencernaanpun tidak maksimal.

Vitamin sebenarnya ada dua jenis yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak, semua vitamin tersebut sangat bermanfaat bagi menunjang kesehatan tubuh kita.

Vitamin yang larut dalam air termasuk vitamin B dan C, beberapa vitamin ini tidak di simpan dalam tubuh melainkan di keluarkan melalui urine sehingga kita harus menggantinya dengan mengkonsumsi makanan yang kita makan setiap hari.

Vitamin yang larut dalam lemak termasuk vitamin A, D, E, dan K, beberapa vitamin ini di simpan dalam lemak sehingga kita membutuhkan asupan lemak sehat untuk menyimpan vitamin tersebut ke dalam beberapa jaringan tubuh.

Mendapatkan nutrisi sehat dari beberapa makanan sehat (buah dan sayur segar) lebih baik daripada multivitamin. Dalam satu kasus mengkonsumsi satu porsi makanan bernutrisi alami lebih baik dan mencukupi sekitar 100% kebutuhan nutrisi tubuh.

Berikut ini 8 Makanan Yang Nutrisinya Melebihi Multivitamin

Brokoli Hijau

Kita melihat penampilan sayur yang satu ini, betapa banyaknya klorofil yang terkandung di dalamnya, tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain sebagai antioksidan juga menyediakan manfaat lain yang berfungsi untuk kesehatan organ vital tubuh yang lain, jika kita mengetahui manfaat dari brokoli untuk kesehatan maka kita pasti jatuh cinta pada brokoli hijau.

Rumput Laut

Kekurangan yodium adalah masalah kesehatan yang paling umum di alami oleh populasi penduduk dunia. Kekurangan yodium menyebabkan masalah tiroid pada orang dewasa. Kekurangan yodium sangat fatal akhibatnya, apalagi jika di alami oleh ibu hamil, bayi yang lahir kelak akan mengalami keterbelakangan mental.

Rumput laut sangat kaya yodium, asupan yang di butuhkan tubuh setiap hari adalah sekitar 150 mg, namun perlu di ketahui beberapa jenis rumput laut memiliki kandungan yodium yang berbeda.

Hati

Hati adalah bagian organ hewan yang paling bernutrisi. Di antaranya vitamin B-12, vitamin A, Zat besi, Asam folat, tembaga. Kita ambil contoh Vitamin B-12 yang sangat baik untuk perkembangan kesehatan sel sel otak dan saraf.

Konsumsilah hati secara bijak dan jangan sampai berlebihan (minimal 2 kali dalam semingu), karena jika berlebih akan terjadi penumpukan gizi dalam tubuh sehingga bisa berakhibat sebaliknya.

Kubis

Tentunya kita semua mengenal kubis, sayuran yang satu ini menjadi salah satu sayur pilihan terbaik yang memiliki kandungan nutrisi terlengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Kita ambil contoh vitamin K yang bermanfaat untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Dalam 67 gram kubis terdapat nutrisi yang sangat tinggi seperti 900% vitamin K, 134% vitamin C, 111% tembaga, selain itu kubis juga mengandung serat, mangan, potasium, zat besi, dan vitamin B-6

Kerang

Kerang menjadi pilihan terbaik yang mengandung nutrisi di banding hewan laut lain. Dalam sebuah studi kerang mengandung potasium, selenium, zat besi, vitamin B dan zenk. Kerang sangat baik untuk orang lanjut usia karena kemampuan vitamin B-12 yang lebih baik dalam membantu sistem pencernaan yang mulai menurun karena pengaruh usia.

Paprika Kuning

Jika ingin membeli paprika pilihlah yang berwarna kuning, karena jenis ini kaya vitamin C yang sangat baik untuk tubuh seperti kekebalan tubuh dan fungsi lainnya. Kekurangan vitamin C dapat mengakhibatkan ruam pada kulit, nyeri otot, dan mudah lelah.

Dengan terpenuhinya vitamin C maka akan meminimalisir kerusakan DNA dan berbagai penyakit kronis lain. Sebagai perbandingan bahwa paprika kuning memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 3 kali lipat dari jeruk.

Sarden

Ikan sarden yang kita kenal ternyata memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Ikan yang kecil berminyak dan biasanya di sajikan dalam bentuk kalengan. Ikan sarden juga bisa di konsumsi dengan cara di bakar, di asap maupun di asinkan.

Ikan sarden kaya omega-3, DHA dan EPA. Selain itu ikan ini juga mengandung selenium dan kalsium. Nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan jantung dan tentu saja kesehatan otak.

Kacang Brazil

Kacang ini memiliki biji besar berwarna coklat yang tumbuh banyak di hutan hujan tropis di Amerika selatan. Kacang brasil kaya akan nutrisi seperti selenium, serat, magnesium, dan fospor.

Selenium berfungsi untuk tiroid dan sistem fungsi imun yang sangat baik untuk antioksidan. Dalam sehari, tubuh memerlukan asupan selenium mencapai 50-70 mg atau setara dengan 1 biji kacang brasil.

Setiap biji kacang brazil mengandung 95 mg selenium. Serta toleransi jumlah selenium adalah 3-400 mg untuk orang dewasa. Jadi, pastikan untuk tidak mengkonsumsi kacang brazil secara berlebihan.

Meskipun multivitamin sangat di perlukan oleh tubuh sebagian orang namun bisa jadi tidak bagi sebagian orang yang lainya. Jadi jika Anda ingin meningkatkan asupan gizi yang tepat untuk tubuh Anda selain multivitamin Anda bisa mengkonsumsi makanan atau sayuran di atas.

Demikian 8 makanan sehat yang nutrisinya melebihi multivitamin yang bisa kami ketahui, jika di antara pembaca ingin menambahkan, silahkan tulis di kolom komentar agar bisa bermanfaat bagi lebih banyak orang lain lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.



4 comments:

  1. anak saya suka bgt brokoli tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau brokoli yang hijau itu jauh lebih banyak klorofilnya daripada yang kuning

      Delete
  2. Suplai vitamin dan nutrisi terbaik lainnya sih mending dari sayuran atau buah-buahan aja karena lebih alami. Saya belum nyobain kcang Brazilnya euy.

    ReplyDelete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga