8 Tanaman Obat Herbal Anti Hipertensi

8 Tanaman obat herbal anti hipertensi8 Tanaman Obat Herbal Anti Hipertensi - Kalau kita berbicara tentang penyakit tekanan darah tinggi atau (hipertensi) selalu berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah.

Timbulnya penyakit hipertensi ini di sebabkan karena adanya pembuluh darah yang bermasalah, sehingga menghambat kerja organ tubuh yang lain.

Beberapa masalah pembuluh darah antara lain adanya pengerasan atau penyumbatan pembuluh darah arteri yang berakibat penyempitan saluran pembuluh darah sehingga darah tidak bisa mengalir dengan sehat. Akhibatnya jantung bekerja ekstra untuk mendapatkan suplai darah.

Obat kimia antihipertensi memang bagus untuk di gunakan bagi penderita namun ada beberapa orang yang alergi obat atau pemakaian obat kimia yang terus menerus justru akan berdampak buruk bagi kesehatan penderita itu sendiri dalam jangka waktu yang lama.

Alternatif untuk pengobatan hipertensi terbaik adalah kembali ke alam, kita kembali memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita untuk pengobatan secara natural, selain aman, sehat tidak berdampak negatif lagi.

Berikut 8 Tanaman Obat Herbal Anti Hipertensi Yang Mudah di Temukan di Sekitar Kita

1. Rumput Laut

Kandungan nutrisi dari rumput laut sangat efektif untuk menormalkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Rumput laut banyak jenisnya, antara lain wakame, nori, miso dan kombu, gracilaria dll. Anda dapat memasak rumput laut sesuai selera, selain itu rumput laut juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

2. Mentimun

Anda pasti tahu mentimun, buah atau jenis sayuran ini dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tingi caranya bisa di pakai untuk lalapan (di makan langsung) atau di buat jus. Kandungan mineral pottasium yang terdapat di dalam mentimun baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan meluruhkan batu ginjal.

3. Daun Salam (Syzigium Pholyanthum)

Jika di sekitar Anda ada tanaman ini manfaatkan untuk pengobatan tekanan darah tinggi atau menurunkan kolesterol atau bahkan menurunkan kadar gula.

Caranya:
Ambil daun salam segar sebanyak sekitar 10 lembar lalu daun salam di cuci bersih dan di rebus dengan air sebanyak 3 gelas, tunggu samapai air tersebut tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin atau hangat, saring dan minum setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Buah Blewah

Khasiatnya hampir sama dengan mentimun karena kandungan mineral pottasium yaitu untuk menormalkan tekanan darah dan menyehatkan kandung kemih.

Beberapa tanaman atau buah yang memiliki khasiat mirip dari mentimun dan blewah adalah peach atau buah persik, beberapa buah golongan berry seperti strowberry dan rasberry, daun turnip atau wheat grass.

5. Mengkudu atau Buah Pace

Buah mengkudu sangat bagus untuk menjaga kesehatan selain untuk menurunkan tekanan darah tinggi juga meringankan gejala strok dan menstabilkan kadar gula darah.

Caranya:
Pilihlah buah mengkudu yang telah masak, setelah itu bersihkan dan haluskan bisa menggunakan blender setelah itu saring dan tambahkan madu untuk rasa manisnya. Minumlah setiap pagi sebelum sarapan, lanjutkan setiap hari sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Bawang Putih

Selain menjadi penambah bumbu masakan di dapur siapa sangaka bawang putih juga bermanfaat untuk pengobatan, nutrisi bawang putih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan meluluhkan darah yang menggumpal.

Caranya:
Hampir sama dengan yang di atas, ambil tiga siung bawang putih, kupas dan bersihkan setelah itu haluskan dan di tambahkan air secukupnya setelah itu saring dan bisa di tambahkan sedikit madu, minumlah setiap hari satu gelas.

7. Bawang Bombay

Khasiatnya sama dengan bawang putih namun cara penyajiannya mungkin beda, sesuaikan selera Anda. Kalau Anda suka lalapan bisa di potong tipis tipis dan campurkan untuk lalapan atau di buat jus. Minumlah dan lakukan dua hari sekali.

8. Temu Ireng (Curcuma Aeruginosa Roxb)

Bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, menormalkan tekanan darah dan menetralisir racun dalam tubuh sehingga dapat di keluarkan melalui ginjal.

Cara pembuatanya:

Bahan:
- 30 gram daun dewa
- 25 gram temu ireng
- 2 kuntum bunga siantan/soka
- 2 kuntum bunga mawar

Semua bahan di rebus dengan 600 cc air dan tunggu hingga tersisa 200 cc. Setelah hangat atau dingin minum dua kali sehari (pagi dan sore). Lakukan hal ini berulang esok harinya sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah 8 tanaman obat herbal anti hipertensi yang bisa di dapatkan dengan mudah di sekitar kita, artikel tentang hipertensi ini di harapkan dapat membantu saudara atau siapapun yang membutuhkannya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga