Cabai Memperpanjang Usia

Cabai memperpanjang usiaCabai Memperpanjang Usia - Kabar yang menguntungkan bagi pecinta rasa pedas, dalam sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa seseorang yang biasa mengkonsumsi lebih banyak cabai dapat memperpanjang usia hingga 7 tahun. Wow,,,

Makanan pedas memang identik dengan masakan khas Asia, namun tahukah Anda ada keuntungan yang berlebih dari sisi kesehatan yang akan kita dapatkan jika kita terbiasa konsumsi makanan yang mengandung cabe?

Cabai Memperpanjang Usia

Usia memang di tangan Tuhan tetapi dalam riset yang di lakukan beberapa tahun lalu, menemukan kesimpulan bahwa rasa pedas dapat memperpanjang usia seseorang walau dalam jumlah sedikit.

Jadi, tidak hanya sisi buruk saja yang akan di dapatkan bagi pecinta rasa pedas tetapi juga ada dampak positifnya. Mari kita simak penjelasan berikut.

Manfaat Baik dari Konsumsi Cabe

1. Dorongan Untuk Berusia Lebih Panjang

Sebuah studi yang di lakukan di Tiongkok pada tahun 2015 melibatkan setengah juta masyarakat Tiongkok, menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi pedas cabe dalam kurun waktu enam kali dalam seminggu dapat mengurangi angka kematian selama 14% dalam interval 7 tahun.

2. Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cabe dapat membantu mengekang nafsu makan dan mempercepat proses metabolisme dalam tubuh kita. Pada tahun 2011 para peneliti yang berasal dari Purdue University menemukan kesimpulan bahwa orang akan merasa lebih kenyang tahan lama setelah makan makanan yang mengandung cabe (pedas).

Dalam studi sebelumnya juga telah di temukan bahwa seseorang yang terbiasa mengkonsumsi makanan pedas memiliki kadar lemak lebih sedikit jika di bandingkan dengan orang yang tidak suka makanan pedas.

Hal tersebut kemungkinan di sebabkan karena proses metabolisme yang terjadi lebih baik dalam tubuhnya, menurut seorang asisten professor dari Departemen Psikiatri dan gastroenterology dari University of Pittsburgh bernama Dr. Gregory Thorkelson.

3. Efek Anti Peradangan

Dalam sebuah data yang di dapatkan bahwa zat yang terdapat di dalam cabe bernama capsaicin, dapat meringankan dalam kondisi autoimun seperti rheumatoid arthritis, Thorkelson mengatakan bahwa jenis penyakit ini sangat jarang di temukan di daerah atau negara yang terdapat makanan yang pedas untuk di konsumsi.

4. Efek Anti Mikroba

Penelitian menunjukkan bahwa capsaicin memiliki karakter anti bakteri dan kemungkinan zat ini juga anti jamur meskipun padat tingkat sedikit menurut Thorkelson, itulah sebabnya mengapa ada beberapa produk makanan yang menggunakan pengawet alami dari cabe.

Manfaat Buruk Konsumsi Cabe

1. Capsaicin adalah zat yang berkarakter pengencer darah. Kemungkinan besar tidak menjadi masalah bagi sebagian besar orang dan akan menjadi manfaat bagi orang yang sehat. Tetapi jika kita dalam masa pengobatan seperti warfarin, capsaicin dapat menjadi permasalahan karena akan menipiskan sel darah merah terlalu banyak menurut Thorkelson.

2. Wasir. Salah satu ciri atau karakter capsaicin adalah tidak dapat di cerna dengan baik oleh organ pencernaan kita. Karena sulit untuk di cerna, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung cabe atau rasa pedas akan menjadi permasalahan pada dubur kita. Atau biasa kita menyebutnya dengan wasir.


Semoga bermanfaat dan terima kasih




2 comments:

  1. wah saya baru tau nih...
    nice info, makasih min...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas Adams, sama sama kembali kasih

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga