Gejala Awal Penyakit Ginjal Yang Mudah di Kenali

Gejala awal penyakit ginjal yang mudah di kenaliGejala Awal Penyakit Ginjal Yang Mudah di Ketahui - Ginjal merupakan salah satu organ vital yang memiliki peran penting yaitu menyaring darah yang akan di alirkan ke seluruh tubuh. Juga mengatur keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh.

Darah yang akan di distribusikan ke seluruh tubuh harus dalam keadaan bersih dari toksin dan zat asing yang merugikan.

Jika ginjal mengalami kerusakan maka akan memberikan dampak pada membahayakan bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tidak jarang akhirnya menimbulkan banyak komplikasi.

Di awali dengan kerusakan ginjal yang pada akhirnya menurunkan fungsi kerja ginjal, beberapa penyakit mulai muncul seperti infeksi ginjal, batu ginjal, gagal ginjal, kanker ginjal dan banyak penyakit lain yang timbul.

Jika hal ini mulai terjadi dan kita tidak mengetahuinya maka bisa berakhibat fatal dan biasanya berakhir pada kematian.

Pengobatan penyakit ginjal bisa secara medis juga bisa secara herbal. Jika kondisi penyakit sudah parah lebih baik pengobatan medis, tetapi selama itu masih tidak terlalu parah pengobatan herbal bisa di lakukan. Sebenarnya banyak pengobatan herbal yang bisa di ketahui untuk ginjal.

Artikel lain: 
Daun sukun mengatasi gagal ginjal tanpa cuci darah 
Gagal ginjal sehat kembali dengan konsumsi ikan gabus

Gejala Awal Penyakit Ginjal Yang Mudah di Kenali

Timbulnya gejala awal dari penyakit ginjal biasanya tidak di sadari oleh penderita, hingga suatu saat baru di ketahui ketika fungsi utama dari ginjal berangsur - angsur menghilang dan menjadi parah. Untuk itu kita seharusnya peka terhadap segala penyakit yang melibatkan ginjal.

Di bawah ini akan di sampaikan beberapa gejala awal dari penyakit ginjal yang mudah di ketahui. Jika dari Anda ada yang mengalaminya, lebih baik segera di periksakan ke dokter agar mendapatkan pengobatan dan tidak menjadi parah.

Jika terjadi kerusakan parah dan ginjal mengalami ketidak mampuan dalam menjalankan tugasnya maka harus di ganti dengan ginjal yang baru dan sehat, kita biasa menyebutnya dengan transplantasi ginjal. Ada banyak ketentuan yang harus di taati bagi pendonor atau penerima ginjal.

Pertama. Kulit penderita pucat 

Kedua. Kulit terasa gatal dan kering 

Ketiga. Nafsu makan menurun drastis

Keempat. Biasanya penderita juga mengalami tekanan darah tinggi

Kelima. Bau nafas buruk dan seperti bau urine

Keenam. Mudah muncul rasa lelah yang setiap hari dan bernafas dengan interval waktu pendek

Ketujuh. Kadang timbul kram otot pada kaki

Kedelapan. Terjadi bengkak pada beberapa bagian tubuh seperti mata dan pergelangan tangan

Kesembilan. Urine sedikit dan muncul rasa mual dan ingin muntah 

Sedangkan, jika penyakit ginjal ini di derita oleh anak biasanya timbul rasa ngantuk yang berlebih dan setiap hari, nafsu makan menurun, cepat lelah dan tidak terlalu kelihatan aktif dalam berekspresi.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Sedia payung sebelum hujan untuk kesehatan ginjal. Artinya, sebelum ginjal kita mengalami masalah atau kesehatan ginjal kita semakin memburuk, alangkah baiknya kita menjaganya supaya selalu dalam keadaan sehat. Beberapa langkah untuk menjaga kesehatan ginjal antara lain,

Pertama

Tentunya kita sepakat bahwa makanan yang bernilai gizi tinggi tentu akan membawa dampak yang baik pula bagi kesehatan tubuh kita, termasuk ginjal. Dengan mengkonsumsi 7 makanan sehat yang membantu meningkatkan kesehatan ginjal akan sangat membantu menjaga kesehatan ginjal Anda selain berolah raga rutin dan menjalankan pola hidup sehat lainnya.

Kedua

Minum cukup air mineral. Jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi, kekurangan air bagi tubuh, bukan hanya berdampak pada ginjal tetapi akan membuat semua organ tubuh menjadi berat dalam menjalankan tugasnya. Cukupilah kebutuhan air bagi tubuh agar sistem metabolisme tubuh berjalan lancar.

Kita bisa juga cek kesehatan ginjal dengan mengetahui kondisi urine kita, urine yang berwarna kecoklatan sebagai indikator bahwa ginjal dalam kondisi kurang sehat, perbanyak minum air putih dan olah raga secara stabil.

Ketiga

Jangan sekali kali mengkonsumsi makanan atau minuman beralkohol atau menggunakan obat obatan terlarang. Selain pemerintah yang menyatakan "perang" terhadap narkoba, dampaknya pun juga pada kesehatan organ dalam tubuh kita sendiri. Biasanya hipertensi dan penyakit lain yang mengerikan.

Keempat

Cek kondisi dan berat badan Anda! satu lagi, sepertinya kita sepakat bahwa, segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak sehat. Dengan berat badan yang tinggi maka tubuh kita rawan terserang berbagai penyakit, tidak hanya penyakit ginjal saja tapi juga penyakit jantung dan penyakit kronis lain. Upayakan berat badan kita stabil dan tetap dalam kondisi sehat.

Jika kita ingin berlama lama dalam hidup ini berarti kita harus rajin menjaga kesehatan tubuh termasuk semua organ vital antara lain jantung, ginjal, hati dan yang lain. Anda juga bisa mengetahui cara lain agar ginjal dalam keadaan sehat di sini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga