Komposisi Makanan Sehat Untuk Diet Sehat

Komposisi makanan sehat untuk diet sehatKomposisi Makanan Sehat Untuk Diet Sehat - Memilih makanan yang cocok dan sehat bagi tubuh memang tidak mudah, apalagi bila makanan yang menjadi favorit merupakan pantangan yang harus di tinggalkan.

Makanan sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh kita baik secara fisik maupun mental, karena semua nutrisinya akan di butuhkan oleh setiap unsur dan organ tubuh kita.

Namun setelah kita ketahui besama bahwa segala penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol, asam urat dan berbagai penyakit lain yang merugikan tubuh kita berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Apalagi kalau makanan yang kita konsumsi kurang sehat dan tidak memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, tentu akan sebaliknya dan bisa jadi malah rawan terkena berbagai penyakit mulai dari pencernaan sampai penyakit akut yang lain.

Komposisi Makanan Sehat Untuk Diet Sehat

Makanan Sehat

Apa sajakah kriteria yang menjadikan makanan tersebut di sebut menyehatkan? Makanan yang mengandung banyak gizi, vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, karbohidrat, protein, zat besi, lemak dan banyak nutrisi lainya yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita itulah yang di sebut makanan sehat.

Tidak hanya makanan sehat saja yang kita butuhkan namun aktifitas fisik seperti olahaga dan senam juga di perlukan untuk membantu proses metabolisme tubuh, karena proses metabolisme ini akan menghasilkan sisa zat yang tidak di perlukan lagi dalam tubuh dan ini yang akan di buang melalui feces, urine atau keringat.

Menu Makanan Sehat yang Mengandung Protein

Salah satu menu makanan yang sehat yang harus kita konsumsi adalah yang mengandung protein, karena nutrisi ini akan dimanfaatkan untuk menjaga energi dalam beraktifitas sehari - hari agar tetap tercukupi. Makanan tersebut antara lain,

Sayuran:

- Kacang polong

- Buncis hitam

- Buncis merah, pinto

- Buncis matang

- Edamame

- Kedelai

- Kacang Almond

Ikan dan Seefood:

- Ikan yang kaya Omega 3 seperti ikan Tuna, Makarel, Sarden dan salmon

- Kepiting, Lobster, Udang biasa dan Tiram, Kerang

Daging:

- Kerbau, Unta, Kelinci, Rusa

- Angsa, burung

Unggas tanpa kulit:

- Daging ayam

- Daging kalkun

Tips Menghitung Kandungan Karbohidrat Makanan di Atas

Cara mengetahui kandungan karbohidrat di atas adalah dengan mengkombinasikan daging dengan sayuran, buncis atau kedelai. Daging tidak terdapat karbohidrat yang di takutkan sehingga dapat di kombinasikan dengan sayur buncis. Takaran 15 gram karbohidrat dan 1/5 mangkuk buncis sudah tepat untuk memenuhi menu sehat Anda.

Dalam piring Anda 1/4 nya adalah makanan dengan protein tinggi, Anda dapat memasukkan 4 ons dada ayam plus setengahnya adalah sayuran hijau segar, semua kombinasi makanan di atas cukup untuk memenuhi nutrisi tubuh Anda setiap hari.

Menu Makanan Sehat Tinggi Serat

Kebutuhan akan serat sangat di butuhkan untuk proses pencernaan tubuh Anda, karena tanpa serat usus halus tidak dapat mencerna sari sari makanan yang kita makan. Berikut adalah makanan yang banyak mengandung serat tanpa tambahan lemak, antara lain

-  Wortel

- Pisang raja

- Labu

- Kentang

- Biji buah ek

- Selai kacang

- Kacang polong

- Jagung

Tips Menghitung Jumlah Karbohidrat Makanan di Atas adalah

Sayuran yang mengandung tepung adalah sumber makanan yang juga mengandung karbohidrat tinggi seperti wortel, kentang dan jagung, Anda dapat menyajikannya sebanyak 1/4 labu atau kentang tanpa harus menambah makanan berlemak tinggi.

Menu Makanan Sehat Pagi, Siang dan Malam

Untuk sarapan pagi Anda tidak perlu menambahkan makanan berat seperti nasi atau jagung, namun Anda dapat melakukan kombinasi makanan sehat berikut.

Sarapan Pagi

1. Oatmeal, sangat bagus di konsumsi sebagai sarapan pagi, biasanya dalam memasaknya bisa di campur dengan kacang polong atau butiran jagung sedikit.

2. Keju, Anda bisa kreatif membuat keju sendiri di rumah, tepung panir dan ricotta sangat mudah di buat di rumah.

3. Pancake, sarapan dengan pancake akan sangat tepat jika Anda campurkan dengan saus karamel rendah gula.

4. Roti, sarapan dengan sepotong roti plus mentega nutrisi sangat tepat di sajikan saat sarapan pagi. Jika ingin lebih sempurna Anda bisa menambahkan dengan susu rendah lemak.

Menu Makan Siang

Untuk makan siang, Makanan sehat yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut,

1. Sup, sangat cocok untuk mengembalikan energi Anda yang telah terkuras saat beraktifitas seharian. Sup yang bisa di nikmati adalah yang kombinasi Antara sayuran dan pasta.

2. Nasi merah, perlu di ketahui bahwa nasi merah sangat kaya serat dan ini cocok di konsumsi saat siang hari, nasi merah lebih sedikit kandungan gulanya jika di bandingkan dengan nasi putih.

Menu Makan Malam

Bagi sebagian orang makan malam hari menyebabkan kegemukan tetapi beda dengan sebagian orang lagi, mereka tetap makan malam dan itu tidak menyebabkan kegemukan, berikut menu makan malam yang bisa Anda nikmati.

1. Sereal gandum, gandum sangat baik di konsumsi pada malam hari karena tidak terdapat kadar gula yang dapat menaikkan kadar gula darah Anda saat beristirahat malam.

2. Susu gandum, jika tidak sempat membuat menu sereal gandum, Anda dapat membuat susu gandum untuk makan malam Anda karena kandungan gizinya yang sama dengan sereal gandum.

Menu Sehat Pasti dengan Konsumsi Sayur dan Buah buahan Segar

Dengan mengkonsumsi buah segar setiap hari maka kita akan terhindar dengan berbagai penyakit berat seperti penyakit jantung, kanker, kardiovaskuler, alergi dan sebagainya. Sayuran organik bisa menjadi pilihan Anda untuk konsumsi sayur segar setiap hari, karena kandungan mineralnya lebih banyak dan cocok untuk program diet sehat Anda.

Tips Sehat Konsumsi Buah

- Sebelum di konsumsi buah dan sayur harus di cuci bersih dari kotoran dan berbagai zat kimia.

- Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan berasam tinggi seperti nanas, ubi dan sayuran kol

- Hindari buah import (karena kebanyakan telah di awetkan)

- Hindari buah yang sudah di suntik dengan pemanis buatan.

Itulah beberapa komposisi makanan sehat yang sangat baik untuk diet sehat dan seimbang bagi tubuh kita. Semoga bermanfaat dan terima kasih
Source article here.




0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga