Makanan Sehat Untuk Diet Kolesterol Tinggi

Makanan sehat untuk diet kolesterol tinggiMakanan Sehat Untuk Diet Kolesterol Tinggi - Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat membantu Anda dalam menjaga kestabilan kesehatan termasuk kadar kolesterol dalam darah.

Saat ini masalah kolesterol bukan hanya di derita oleh orang dewasa saja namun juga usia remaja memiliki resiko yang sama dengan mereka yang sudah lanjut usia.

Penyebab utamanya banyak sekali, namun biasanya yang sering kita dengar adalah makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Kita sepakat bahwa salah satu jenis makanan yang menjadi penyebab utama timbulnya masalah kolesterol adalah makanan cepat saji. Saat ini sangat banyak sekali gerai yang menyediakan makanan jenis ini. Jika kita tidak waspada, tidak menutup kemungkinan kita juga menjadi korbanya.

Kolesterol jahat yang bersarang di dalam tubuh kita dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang sangat merugikan kita semua, hingga kadang berakhir dengan kematian penderita.

Beberapa penyakit yang dapat di timbulkan karena kolesterol jahat antara lain serangan jantung, strok, darah tinggi serta beberapa penyakit kronis yang lain yang membahayakan.

Jika dalam kali ini Anda sudah terlanjur menderita kadar kolesterol tingi, maka sudah saatnya Anda harus menjaga pola makan setiap hari.

Artikel lain:
Pola makanan sehat untuk diet alami 
10 Jenis makanan terbaik untuk diet

Berikut ini Beberapa Makanan Sehat Untuk Diet Penderita Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi bisa di turunkan dengan makan makanan yang sehat yang bertujuan untuk menurunkan kolesterol selain itu juga bisa di imbangi dengan olah raga sehat yang di lakukan setiap pagi, meskipun tidak lama.

1. Buah dan Sayur Segar

Tidak hanya penderita kolesterol saja yang harus mengkonsumsi buah dan sayur segar, orang sehat pun juga harus mengkonsumsi buah dan sayur segar untuk menjaga kestabilan kesehatan tubuhnya.

Bagi penderita kolesterol yang mengkonsumsi makanan ini di maksudkan bahwa makanan ini mengandung lemak jenuh sehat yang rendah, jika penderita kolesterol tinggi mengkonsumsi makanan ini akan timbul rasa kenyang yang tahan lama, sehingga akan meminimalisir untuk makan makanan lagi yang berlemak.

Konsumsi makanan yang kaya serat seperti brokoli, apel, pir, ubi, buah berry, terung dan kiwi dapat sangat efektif menurunkan kadar kolesterol Anda.

2. Sayur Kacang

Beberapa golongan tanaman jenis kacang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena mengandung protein, lemak tak jenuh dan vitamin E, magnesium, serat, dan kalium.

Jika Anda serius untuk menurunkan kadar kolesterol Anda maka, di sarankan untuk mengkonsumsi makanan jenis kacang - kacangan ini, karena menurut sebuah riset bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan ini akan menurunkan kadar kolesterol sebanyak 5% - 6% jika mengkonsumsi 1 - 2 ons per hari.

3. Oat dan Jelai

Jika kita mengkonsumsi kedua jenis makanan ini maka nutrisi yang di kandung kedua makanan ini akan mengikat kolesterol dalam usus dan menghalangi agar tidak turut terserap oleh usus halus.

Kenapa ini bisa terjadi? karena kedua makanan ini mengandung zat yang di sebut serat beta glukan. Konsumsi makanan yang mengandung serat beta glukan setiap hari di yakini dapat menyerap kadar kolesterol tinggi Anda.

Selain kedua jenis makanan ini, kacang merah dan beras merah juga mengandung serat larut yang bagus untuk penderita kolesterol tinggi.

Jenis makanan ini Anda bisa menyajikannya dalam bentuk bubur plus buah pisang yang kaya serat. Tentu saja konsumsinya harus teratur dan tidak sembarangan.

4. Ikan dan Asam Lemak Omega-3

Apakah Anda mengetahui ikan apa yang banyak mengandung asam lemak omega - 3 yang sangat bagus untuk kesehatan otak dan tubuh Anda? Yap! ikan itu adalah Tuna, Sarden, Makarel, dan salmon.

Tetapi, jika Anda tidak ingin repot untuk mendapatkan ikan - ikan tersebut, Anda bisa dapatkan ikan lele yang banyak ada di pasar. Ikan lele juga mengandung asam lemak omega-3 namun dalam kadar tidak terlalu banyak.

Asam lemak omega 3 memang tidak berpengaruh dalam LDL (kolesterol jahat) namun sangat efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi Anda dan mencegah terjadinya pembekuan darah. Konsumsilah nutrisi ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Asam lemak omega 3 juga meminimalisir terjadinya detak irama jantung yang tidak beraturan yang dapat beresiko penyakit yang lebih parah lagi, asam lemak ini juga mampu mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

5. Makanan yang Mengandung Sterol dan Stanol

Fungsi dari nutrisi ini adalah untuk menghalangi tubuh yang akan menyerap kolesterol melalui usus halus. Makanan yang mengandung kedua nutrisi ini adalah selain kacang - kacangan juga biji - bijian, minyak nabati, buah dan sayur segar kecuali minyak kelapa sawit dan minyak kelapa.

Karena minyak kelapa ini mengandung kadar lemak jenuh. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung stanol dan sterol tentu saja sesuai dengan anjuran yang telah di tetapkan. Konsumsi setidaknya 2 gram sterol dan stanol setiap hari maka akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah paling tidak sepersepuluhnya.

6. Makanan yang Mengandung Kacang Kedelai

Beberapa makanan seperti puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, kacang edamame, tahu dan tempe mengandung protein yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi sebanyak 0,5 ons dalam sehari bisa mengurangi kolesterol Anda sebanyak 6%.

7. Avokad

Buah yang satu ini mengandung lemak nabati tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Jika mengkonsumsi makanan ini usahakan dalam bentuk buah segar atau jus buatan sendiri, bukan jus yang instant yang biasa di jual di supermarket.

Penderita kolesterol tingi mengurangi asupan lemak jenuh, batasan lemak jenuh pada wanita sekitar 20 gram sedangkan bagi pria sekitar 30 gram.

Semua jenis makanan yang di sebutkan di atas memiliki kapasitas manfaat yang berbeda namun perlu di ketahui bahwa pola atau gaya hidup juga penting untuk di perhatikan demi terwujudnya kesuksesan dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda.

Selain itu juga perlu di lakukan olahraga rutin walau tidak lama seperti joging, senam dan yoga. Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol juga menjadi penentu kesuksesan Anda. Lebih sempurna lagi jika Anda mengkonsultasikan ke dokter keluarga yang bisa di percaya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga