Manfaat Bangun Lebih Pagi

Manfaat bangun lebih pagiManfaat Bangun Lebih Pagi - Bagi Anda yang terbiasa bangun lebih pagi mungkin bukan hal yang sulit, tetapi bagi yang tidak terbiasa akan terasa berat dan susah bangun lebih pagi.

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa "Pergi ke tempat tidur lebih awal membuat seseorang lebih sehat, segar dan bijaksana esok harinya" (Ben Franklin), mungkin ungkapan ini akan membuat Anda lebih termotivasi untuk bangun lebih pagi.

Apalagi bagi Anda seorang muslim, ada kewajiban yang harus di jalankan yaitu sholat subuh. Pagi yang menyegarkan akan membuat pikiran dan hati juga terasa lebih segar, apalagi waktu yang kita miliki akan lebih banyak untuk bisa melakukan aktivitas di hari itu.

Tetapi saat ini tidak sedikit orang yang kesulitan bangun lebih pagi, apalagi di temani smartphone, laptop atau komputer lain, tidur menjadi sering malam. Cobalah kita ketahui manfaat apa saja yang dapat di dapatkan saat bangun lebih pagi.

Artikel lain:
Artikel tentang hidup sehat dan definisi sehat 
Tips paling mudah untuk hidup sehat

Berikut Manfaat Bangun Lebih Pagi 

1. Menyapa Hari

Bersyukurlah, karena kita masih di berikan waktu untuk menyapa hari yang akan kita gunakan untuk mengembangakan potensi diri, memperluas hati untuk melayani sesama dan berbagi. Meminjam ungkapan dari Kahlil Gibran bahwa "Hari kemarin adalah kenangan, hari esok adalah harapan dan hari ini adalah hadiah" Jika kita mendapat hadiah tentunya "Berbahagia" untuk itu sambutlah di awal hari dengan bahagia.

2. Hari yang Indah

Jika waktu yang Anda miliki sempit (bangun siang) tentu saja aktivitas yang Anda lakukan akan tergesa gesa dan mungkin kurang maksimal hasilnya. Anda akan melalui hari itu dengan tidak nyaman dan terkesan tidak tenang.

Namun jika Anda bangun lebih pagi dan akhirnya terbiasa maka Anda akan rela mengucapkan "Hari yang indah". Logikanya, Anda dapat melalui waktu di hari itu dengan mengisi aktivitas yang bermanfaat.

3. Ketenangan

Waktu itu adalah waktu damai dan ketenangan, tidak ada suara anak anak, tidak ada deru mobil, tidak ada suara tangis atau suara apapun itu. Waktu di awal hari adalah waktu ketenangan. Dan saat itu adalah waktu yang cocok untuk instropeksi diri.

4. Sinar Matahari

Dengan bangun lebih pagi Anda memiliki kesempatan untuk menikmati sinar matahari pagi yang cerah dan menyehatkan. Anda bisa menikmati perubahan suasana dari gelap menuju terang dan merasakan vitamin D yang luar biasa.

5. Sarapan

Dengan memiliki kesempatan yang banyak maka Anda bisa menyiapkan sarapan pagi dengan menu favorit Anda, jika Anda sudah berkeluarga, mereka akan terkejut dengan hidangan yang sudah siap di meja makan dengan nutrisi lengkap dan siap santap.

Hari yang cerah akan dapat Anda lalui dengan gembira, karena sarapan pagi akan memberikan tambahan tenaga ekstra untuk bekal aktivitas di hari itu.

6. Olah Raga

Anda bisa melakukan olah raga selain di pagi hari namun dengan memiliki kesempatan di waktu awal hari Anda dapat memanfaatkanya untuk olahraga ringan sebelum memulai pekerjaan. Berolahraga dengan anggota keluarga atau sendiri dapat di lakukan dengan leluasa.

Tentu saja jika hal ini dapat Anda lakukan secara rutin maka tubuh akan terasa lebih sehat dan bugar, mulailah aktivitas olahraga rutin walau sebentar tapi cukup untuk melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot agar tidak kaku.

7. Produktivitas yang Jauh Lebih Baik

Produktivitas Anda di tentukan oleh awal pada pagi hari itu. Anda melakukan aktivitas dengan tenang dan damai membuat jiwa dan potensi yang Anda miliki dapat tersalurkan dengan baik. Jadi dengan bangun lebih pagi Anda dapat menempatkan diri Anda pada pribadi yang lebih produktif.

8. Saat Berangkat ke Kantor

Situasi yang sibuk bikin stres apalagi jika waktu yang mulai merangkak naik ke siang hari. Jika Anda menghindari kesibukan saat perjalanan ke kantor Anda bisa berangkat lebih awal, karena saat itu situasi lebih damai dan tenang.

Saya sendiri pergi ke kantor membiasakan jalan kaki atau paling tidak bawa sepeda angin, hal ini membuat tubuh lebih segar dan sehat. Cobalah tengok warga tiongkok (China) atau Jepang mereka rata rata pergi ke kantor dengan bersepeda atau jalan kaki, kita jangan kalah sama mereka!!

9. Aktivitas Terjadwal

Dengan bangun lebih pagi Anda dapat lebih leluasa untuk cek agenda apa yang akan di lakukan pada hari ini, apalagi yang berkaitan dengan bisnis yang penting. Menepati janji dengan klien akan lebih mudah jika tidak dalam suasana terburu buru.

Dengan demikian aktivitas Anda terjadwal dengan sempurna dan dapat mengakhiri hari itu dengan baik serta dapat menghasilkan sesuatu yang lebih memuaskan.

Selain semua keuntungan yang di sampaikan di atas, Anda dapat lebih mudah menata hati dan pikiran untuk tetap fokus pada apa yang akan Anda lakukan hari itu dengan ketenangan dan kedamaian.

Tips: Agar lebih mudah dan sukses bangun lebih pagi sebaiknya lakukan secara bertahap misalkan bangun pagi lebih awal dari biasanya 15-20 menit, lalu hari berikutnya di tambah 15 menit lagi sampai pada waktu yang telah di tetapkan. Setelah itu pertahankan untuk membiasakanya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



4 comments:

  1. Wah ternyata banyak juga ya manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bagaimana mba tertarik untuk selalu bangun pagi?

      Delete
  2. gw nich paling males bangun pagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumilebay jangan males bangun pagi nanti rezekinya di patok ayam,, hehehe

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga