Perawatan Rambut Selama Kemoterapi

Perawatan rambut selama kemoterapiPerawatan Rambut Selama Kemoterapi - Bagi pasien penderita kanker kemoterapi menjadi alternatif pengobatan yang selama ini masih di percaya dan menjadi pilihan terbaik.

Saat menjalani kemoterapi, sebagian para pasien tidak semudah itu menerima efek samping dari pengobatan kemoterapi ini.

Memang, dilakukan kemoterapi adalah bertujuan untuk membunuh sel sel kanker yang ada di dalam tubuh kita, namun efek samping dari perawatan ini juga mempengaruhi dan membunuh sel sehat yang ada disekitarnya.

Namun demikian tidak menyurutkan kemauan penderita untuk berjuang menghindari perawatan kemoterapi tersebut dalam menghancurkan sel sel kanker. Kita harus kuat menghadapi kenyataan yang ada, karena saya yakin itu merupakan pilihan langkah terbaik yang di berikan oleh Tuhan.

Perawatan kemoterapi akan berdampak pada kondisi rambut selama kurang lebih 2 hingga 3 minggu berikutnya. Pada suatu saat folikel rambut akan semakin lemah dan pada akhirnya mati hingga tidak ada tempat lagi untuk tumbuh.

Hingga saat ini masih belum di temukan formula untuk mencegah atau menghindari kerontokan rambut saat di lakukan perawatan kemoterapi. Namun para ahli mengatakan bahwa bagi pasien yang menjalani kemoterapi tidak usah kawatir tentang kerontokan rambutnya karena suatu saat akan bisa tumbuh kembali.

Kerontokan akan berhenti dan rambut akan mulai tumbuh kembali selama pengobatan dan kemoterapi di hentikan kurang lebih 1 hingga 2 bulan kemudian. Rambut yang baru akan memiliki warna lebih gelap dan mengkilap, sementara pada saat kemoterapi yang penting untuk di persiapkan adalah mental pasien artinya harus tegar dan percaya diri. Bagi pasien dengan usia lebih muda akan memiliki pertumbuhan rambut yang lebih cepat dari usia yang lebih tua.

Berikut Tips Untuk Merawat Rambutnya Selama Masih Menjalani Perawatan Kemoterapi

1. Jangan mengkriting atau mewarnai rambut.

2. Potong rambut model bob, rambut pendek akan terlihat lebih lebat dan jika ada kerontokan akan lebih mudah untuk di tangani.

3. Gunakan shampo yang ringan.

4. Gunakan sarung bantal dengan kain satin atau bahan kain lembut lainnya.

5. Jika Anda harus menggunakan pengering rambut lebih baik dengan suhu rendah dan tidak terlalu kencang.

6. Gunakan sisir rambut  yang lembut, jangan takut untuk menyisir rambut karena dengan menyisir rambut maka peredaran darah lebih lancar dan membantu pertumbuhan rambut kembali.

7. Gunakan tabir surya, topi, syal, atau wig untuk menghindari kontak langsung dengan sinar matahari. Jika Anda ingin memakai wig, Anda bisa memakainya sebelum ada kerontokan rambut dan pilihlah rambut yang berbahan rambut asli serta warna sesuai dengan selera.

Dalam proses kemoterapi peran anggota keluarga lain juga sangat di perlukan terutama orang tua dan orang terdekatnya, dorongan moril dan motivasi untuk pasien harus di berikan agar pasien tetap dalam keadaan tegar dan percaya diri.

Selain itu konsumsi makanan yang banyak mengandung mineral dan nutrisi khusus untuk rambut harus lebih banyak di berikan. Beberapa makanan sehat yang dapat membantu kesehatan dan pertumbuhan rambut adalah.

1. Ikan salmon

2. Kacang kacangan

3. Blueberry

4. Kacang buncis dan lentil

5. Alpukat

6. Tiram

7. Yoghurt

8. Sayuran warna hijau tua seperti brokoli, kangkung dan bayam

9. Susu, daging dan telur.

Dengan memperbanyak konsumsi makanan di atas maka kesehatan rambut Anda akan terbantu dari dalam dan kemungkinan besar kerontokan rabut tidak terlalu berlebihan. Konsumsi suplemen khusus untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut juga bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

Itulah beberapa langkah perawatan yang sebaiknya di lakukan untuk menjaga kesehatan rambut selama masih pada masa kemoterapi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


  

0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga