7 Akhibat Jika Bayi Sering di Cium

7 Akhibat jika bayi sering di cium7 Akhibat Jika Bayi Sering di Cium - Jika kita menyayangi bayi kita itu adalah ekspresi yang wajar, tetapi jangan terlalu berlebih seperti mencium berkali kali.

Rasa sayang yang berlebih kadang membuat kita gemas melihat sang buah hati, lalu melampiaskan dengan mencium berkali kali ke wajah atau pipi bayi. Jika Anda memang meyayangi bayi Anda jangan lakukan itu! Why?

Karena banyak kuman, bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit bagi bayi Anda. Bibit penyakit itu datang saat bersentuhan dengan kulit Anda dan bisa juga bersamaan dengan percikan ludah atau keringat saat berinteraksi dengan bayi Anda dengan medium udara.

Di luar negeri mayoritas warganya melarang anaknya di cium sembarangan oleh orang lain. Hal ini adalah salah satu upaya pencegahan terjadinya kontaminasi dengan berbagai kuman penyakit yang merugikan kesehatan bayi itu sendiri, menurut dr, Theresia Adhitirta yang merupakan manager product PT. Wyeth Indonesia.

Inilah 7 Bahaya jika Bayi Kita Sering di Cium Sembarangan Oleh Orang Lain atau Kita Sendiri  

1. Terinfeksi Flu dan Batuk

Virus penyebab flu adalah yang paling banyak menyerang dan di derita oleh banyak orang, berhati hatilah jika Anda mencium buah hati Anda atau ada orang lain yang sengaja mencium anak Anda. Karena virus ini bisa berpindah tempat dari Anda ke pipi atau area wajah lain pada bayi Anda, akhibatnya suatu hari nanti bayi Anda pasti akan sakit dan terserang flu sama seperti Anda.

2. Sangat Rawan Menderita Demam

Beberapa penyakit dengan gejala demam akan sangat mudah di tularkan pada bayi Anda malalui sentuhan atau ciuman pipi bayi Anda, apalagi jika imunitas bayi masih belum berkembang dengan sempurna. Beberapa penyakit dengan gejala demam seperti pilek atau radang tenggorokan akan mengancam kesehatan buah hati Anda.

Artikel lain:
Ciri bayi cerdas dan sehat
Cara menghindari virus meningitis

3. Rawan Terinfeksi Penyakit CMV

Cytomegalovirus atau biasa kita kenal dengan (CMV) akan mudah menular jika orang yang mencium bayi Anda membawa virus ini. Virus yang menyerupai penyakit herpes ini kadang memiliki gejala mirip flu atau bahkan tanpa menunjukkan gejala.

Penyakit yang kelihatan sederhana ini ternyata jika tidak segera di tangani akan mengancam keselamatan jiwa penderita dan berakhir dengan kematian.

4. Rawan Terinfeksi Virus Herpes

Virus herpes yang biasanya penularanya melalui hubungan intim ini ternyata juga bisa bertahan di dalam tubuh penderita sepanjang hidupnya. Waspadalah terhadap virus ini karena dapat menular ke baby Anda saat terjadi sentuhan kulit atau berdekatan dengan penderita. Usahakan bayi Anda aman dan tetap dalam keadaan bersih juga tidak sembarangan di cium orang.

5. Cacar Air

Cacar air ini dapat menular ke orang lain dengan cara sentuhan dengan penderita, Penyakit cara air yang di sebabkan oleh virus Varicella-Zoster ini sangat mudah menginfeksi bayi Anda, apalagi jika bayi Anda belum memiliki vaksinasi tentang penyakit ini. Jauhkan dari sentuhan atau ciuman dengan orang apalagi mereka yang tidak biasa menjaga kebersihan.

Penularan akan jauh lebih mudah jika penderita cacar air ini melakukan bersin, batuk atau meludah di dekat bayi Anda, karena virus ini ada di dalam butiran cairan ludah penderita dengan perantara udara.

6. Radang Otak

Bahaya radang otak jika bayi sering di cium. Orang dewasa tidak dapat di lihat dengan mudah secara fisik jika dia memiliki virus yang berbahaya. Meningitis atau radang otak akan menginfeksi si kecil jika orang yang menciumnya memiliki virus ini. Bagaimana, berbahaya bukan?

Gejala meningitis seperti demam tinggi, pusing, mual dan muntah akan mulai muncul jika korban atau seseorang terinfeksi virus ini. Oleh karena itu segera periksakan bayi Anda jika menderita sakit, jangan segan untuk menolak jika ada orang lain yang akan mencium bayi Anda.

7. Bahaya Penyakit IPD

Menurut dr. Theresia Adhitirta, mencium bayi terlalu sering akan meningkatkan potensi bayi terserang penyakit Invasive Pneumococcal Disease (IPD) adalah sekelompok penyakit infeksi pneumokokus, seperti radang paru (pneumonia), infeksi darah (bakteremia), dan radang selaput otak (Meningitis)

Tingkat kematian bayi di bawah usia 5 tahun akhibat terinfeksi virus ini mencapai 50%, angka yang cukup tinggi bagi keselamatan bayi Anda jika terserang penyakit IPD. Atau jika imunitas bayi cukup memadai cacat seumur hidup bisa terjadi.

Jagalah si buah hati dari tempat yang memungkinkan terdapat virus IPD. Tempat penitipan anak atau tempat umum lain seperti halte bus, perkantoran, jalanan bebas, gedung sekolah, mall sangat rawan terdapat virus ini, karena terdapat banyak orang yang berinteraksi, Asap rokok, tempat kumuh tanpa memperhatikan kebersihan juga sangat beresiko tinggi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

  1. waduh sampe bahaya gitu yaa.. mandi dulu kali ya sebelum nyium

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang nyium harus bersih dan sehat dulu biar bayinya tidak ketularan virusnya, apalagi kalau bayinya kelihatan imut banget, pasti gemes banget dan muncul keinginan untuk nyium berkali kali,,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga