8 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Benar dan Aman

8 Cara menurunkan berat badan dengan benar.8 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Benar dan Aman - Memiliki tubuh ideal dan sehat adalah idaman banyak orang, banyak cara yang di lakukan mulai dari melakukan diet sehat, olahraga rutin sampai dengan cara medis.

Paling tidak untuk mengetahui status derajat berat badan kita adalah dengan menggunakan Body Mass Index (BMI).

BMI adalah suatu perhitungan kalkulasi yang di dapatkan dasarkan nilai berat badan dan tinggi badan. Anda bisa mencobanya dengan rumus di bawah ini, kira kira Anda termasuk yang mana? mungkin sudah banyak yang membahasnya namun jika kurang tepat bisa menimbulkan kesalahan dalam perhitungan atau kebetulan sudah lama tidak mencoba lagi.

Rumus BMI adalah:
8 Cara menurunkan berat badan dengan benar

Sehingga bisa di dapatkan derajat golongan berat badan kita, apakah termasuk golongan kurus, sedang, gemuk atau berlebih (Obesitas). Dari rumus tersebut di dapatkan kesimpulan bahwa,

* 18.5 (Kebawah)          : Berat badan rendah
* 18.5 - 24.9                  : Berat badan normal
* 25 - 29.9                     : Berat badan berlebihan
* 30 ke atas               : Obesitas

Perhitungan BMI pada pria dan wanita sama selama mereka berumur di atas 20 tahun. Kadang perhitungan pada usia di bawah 20 tahun berbeda jadi perhitungan BMI tidak terlalu menjadi patokan terbaik untuk berat badan kususnya mereka yang berprofesi sebagai olah ragawan.

Hal ini terjadi karena massa berat badan mereka berdasarkan berat massa otot, sehingga meskipun dalam perhitungan BMI termasuk golongan Obesitas atau gemuk berlebih hal ini tidak terjadi.

Banyak masyarakat kita yang berpedoman bahwa jika wanita memiliki berat badan ideal bila BMI menunjukkan angka 20-22 sedangkan pada pria menunjukkan angka 23 dan 25. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mencoba BMI kalkulator online di sidebar kanan bawah blog ini.

Berikut ini 8 Cara Menurunkan Berat Dadan dengan Benar dan Aman

Sebelumnya perlu di ingat bahwa tanpa menjalankan program hidup sehat usaha untuk menurunkan berat badan yang Anda lakukan akan sia-sia, oleh karena itu jika ingin menjalankan diet sehat lakukanlah dengan benar.

Banyak contoh program diet yang bisa Anda pilih salah satunya adalah program diet milik Deddy Corbuzier yaitu Diet OCD, Diet Dash dan banyak lagi yang lain asalkan tetap mengkonsumsi makanan sehat khusus untuk diet.

* Kuatkan Tujuan

Langkah yang pertama adalah Anda harus kuatkan tekad tujuan untuk menurunkan berat badan. Kita ambil contoh Anda bisa tuliskan di kertas besar bahwa Anda bertekad untuk menurunkan berat badan 10% dari berat badan sekarang dalam waktu 5 bulan.

* Menurunkan Berat Badan secara Konsisten

Mengambil langkah menurunkan berat badan di harapkan jangan terlalu ekstrim karena bisa membahayakan diri Anda sendiri. Sebagai saran Anda bisa mengambil langkah untuk menurunkan berat badan 0.5 kg per minggu secara bertahap, itu lebih baik daripada langkah ekstrim.

* Kontrol Nafsu Makan Anda

Jangan pernah tidak sarapan pagi atau sebaliknya tidak mengkontrol nafsu makan, sama saja dengan bohong. Oleh karena itu meskipun harus sarapan pagi Anda tetap kontrol dan kendalikan nafsu makan.

Artikel lain:
10 Jenis makanan terbaik untuk program diet
Pola makan sehat untuk diet alami

* Kurangi Makanan Berlemak atau yang di Goreng

Anda tidak untuk di larang mengkonsumsi makanan yang berlemak atau di goreng tetapi harus di kurangi dan di batasi porsinya.

* Pilih Cara Memasak yang Lebih Sehat

Cara memasak juga mempengaruhi kesehatan pencernaan Anda untuk itu pilihlah makanan yang di masak lebih sehat seperti di kukus, di rebus atau di panggang. Selain rasanya lebih enak, struktur gizinya juga tidak mudah rusak.

Artikel lain:
7 Kebiasaan aneh yang bisa membantu menurunkan berat badan
Makanan sehat untuk diet bagi penderita maag

* Lebih Banyak Konsumsi Sayur Hijau

Konsumsi sayur hijau dan berwarna cerah lebih banyak dan kurangi nasi. Awalnya mungkin berat tetapi lama kelamaan jadi ringan menjalaninya. Kita tahu bahwa banyak sayur hijau yang sangat mendukung program diet sehat seperti brokoli, wortel, sayur okra dan banyak lagi yang lain.

* Kurangi Minuman dan Makanan Manis

Minuman manis justru akan membuat Anda lebih cepat merasa lapar tentu saja hal ini akan menyiksa jika terlalu cepat terjadi. Pilihlah minuman air mineral, karena selain menghindarkan dari dehidrasi juga kelembaban tubuh tetap terjaga. Air mineral sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

* Hidup Lebih Aktif

Meskipun Anda menjalankan salah satu program diet, tidak menutup kemungkinan harus banyak aktivitas, yang penting tidak terlalu banyak menguras tenaga. Beberapa aktivitas seperti menari, berjoget, jogging, senam, bernyanyi, berjalan di sekitar rumah atau sekedar membersihkan pekarangan hal ini akan mempengaruhi metabolisme tubuh lebih sehat.

Itulah beberapa poin yang bisa menurunkan berat badan dengan benar dan tidak membahayakan bagi keselamatan tubuh Anda. Meskipun kelihatan sederhana tetapi percayalah hal itu akan memberikan dampak lebih pada berat badan Anda jika di lakukan dengan teratur dan berdisiplin tinggi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

  1. memnag dalam urusan badan yang ideal adalah impian semua orang namun jika tidak di imbangi dengan kerja keras pasti hasilnya juga nihil, artikelnya sangat bagus semoga menambah wawasan yang sudah membaca artiekl ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasi yang di sampaikan, kerja keras dan kerja cerdas untuk mensiasati dalam upaya diet sehat memang harus di butuhkan. Semoga dapat bermanfaat

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga