8 Yoga yang Wajib di Ketahui Pemula

8 Yoga yang wajib di ketahui pemula8 Yoga yang Wajib di Ketahui Pemula - Sebagian besar masyarakat kita tidak cukup percaya diri untuk bisa melakukan yoga, banyak alasan yang di lontarkan mereka mulai dari tidak sabar, tubuhnya kurang lentur atau berasumsi bahwa itu perbuatan yang sia sia.

Sebenarnya mereka kurang mengetahui tentang manfaat dan cara melakukan yoga yang benar bagi pemula.

Jika kita menyadari bahwa betapa banyaknya manfaat yoga bagi kesehatan tubuh kita, bisa di lakukan oleh siapun dan berusia berapapun. Yoga memberikan kekuatan fisik maupun mental, keseimbangan, kelenturan bahkan membantu meredakan tingkat stres yang di alami seseorang, tidak hanya itu ternyata yoga menjadi alternatif terbaik bagi penderita masalah jantung untuk memulihkan kembali kesehatan jantung secara bertahap.

Berikut ini ada 8 Cara Yoga yang Mudah di Pelajari dan Cocok untuk para Pemula

1. Seperti Anjing yang Melihat ke Bawah

Caranya ambil posisi seperti anjing (kedua tangan dan lutut di lantai) setelah itu angkat bokong dan lutut ke atas sehingga menjauhi lantai (telapak tangan dan ujung jari kaki masih menempel di lantai), ambil nafas dan buka kedua kaki dengan posisi tungkai tetap lurus.

Jaga posisi punggung dan tangan agar tetap lurus dan kepala menghadap ke bawah, pertahankan posisi ini dan tunggu hingga 1-3 menit. Hal ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan tangan, kaki, dada, punggung dan tubuh bagian atas yang lain.

2. Sikap Gunung

Maksudnya berdiri tegak dengan menyentuhkan kedua jempol kaki dan memisahkan kedua tumit. Tangan tetap pada posisi kanan dan kiri badan, lalu tarik kedua bahu ke bawah dengan menjaganya agar tetap seimbang tidak ke belakang, lapangkan tulang selangka. Kepala tegak dengan punggung tetap lurus. Pertahankan posisi ini selama 30 menit sampai satu jam. Jika latihan ini di lakukan secara berkelanjutan akan membantu memperbaiki postur tubuh.

3. Posisi Ksatria Satu

Dari posisi gunung, Anda bisa merenggangkan kaki kanan hingga berjauhan dengan kaki kiri. Posisikan tubuh dan kaki serong ke arah kanan, lalu angkat kedua tangan ke atas dengan lengan berada di samping telinga kanan dan kiri dalam keadaan lurus.

Telapak tangan saling terkatup, tekuk kaki kanan hingga lutut sedikit berada di depan pergelangan kaki, Perlahan busungkan dada hingga punggung melengkung ke belakang, jagalah agar kepala tetap tegak. Tahan posisi ini hingga 30 - 60 detik. Setelah itu ganti dengan posisi tubuh lain. Latihan ini bermanfaat untuk keseimbangan dan kekuatan otot tubuh bagian bawah.

4. Posisi Ksatria Dua

Dengan mengambil posisi kaki dan tubuh yang sama dengan ksatria satu, menengoklah ke kanan atau kekiri sesuai dengan posisi tubuh, dan rentangkan kedua tangan dengan mata mengarah ke jari. Tahan posisi ini selama 30 hingga 60 detik.

5. Plank

Ambil posisi tubuh seperti posisi yang pertama (posisi anjing) lalu rendahkan tubuh ke bawah hingga menyerupai posisi push up. Kedua telapak tangan berada tepat di bawah bahu dengan keadaan siku lurus. Wajah menghadap ke bawah. Posisi ini membantu membentuk lengan pergelangan tangan dan otot inti menjadi lebih kuat. Tahan postur tubuh ini hingga sampai satu menit.

6. Berbaring

Berbaringlah dengan posisi telentang, lalu ambil pernafasan secara perlahan sambil fokuskan pikiran Anda. Naikkan kaki kanan ke atas dan tahan lalu turunkan, lalu ganti dengan kaki kiri. Setelah itu bersamaan kedua kaki di angkat sejajar di udara. Tahan semampu Anda sambil tetap fokus, jaga pernafasan agar tetap normal dan perhatikan keseimbangan badan.

7. Posisi Pohon

Ambil sikap seperti posisi gunung, lalu angkat kaki kanan dan letakkan menempel pada sisi paha kaki kiri. Tempelkan kedua telapak tangan di depan dada. Setelah itu rasakan dan fokuslah. Tahan posisi ini sekitar 30 hingga 60 detik. Lalu, ganti dengan kaki kiri (kaki kanan sebagai tumpuan dan telapak kaki kiri menempel di sisi paha kaki kanan).

8. Posisi Anak

Duduk di lantai dengan kedua paha sejajar dengan betis dan ibu jari bertemu di belakang, lutut kanan dan kiri menjauh, pantat di atas kedua tumit. Setelah itu bungkukkan tubuh ke arah depan hingga perut menyentuh paha dan dahi menyentuh lantai atau matras.

Tempatkan kedua tangan ke samping tubuh kanan dan kiri ke arah belakang dengan telapak tangan terbuka ke atas. Tahan posisi ini selama 30 detik sampai tiga menit, hal ini bermanfaat untuk elastisitas dan meregangkan otot leher, punggung bagian bawah dan panggul.

Semua cara yoga di atas bisa di lakukan sendiri tetapi lebih baik dengan teman atau instruktur yang mendampingi. Jangan memaksakan tubuh untuk melakukan pose tertentu yang di anggap sulit, jika terasa sakit saat melakukan pose tertentu Anda bisa meminta bantuan instruktur untuk membantu.

Selain 8 pose di atas masih ada banyak jenis yoga yang dapat di lakukan untuk membantu tubuh dalam menjaga kesehatan dan kebugaran seperti bikram yoga, power yoga, Ashtanga yoga.  Kondisi medis tertentu dapat di bantu dengan melakukan Kripalu yoga, Vini yoga, Iyengar yoga. Tetapi konsultasi dahulu dengan dokter sebelum melakukan yoga akan lebih baik.

Semoga bermanfaat dan terima kasih




0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga