Cara Meningkatkan Kesehatan Dengan Mendengarkan Musik

Cara meningkatkan kesehatan dengan mendengarkan musikCara Meningkatkan Kesehatan Dengan Mendengarkan Musik - Mendengarkan musik tidak hanya melampiaskan kesenangan saja, namun selain sebagai hiburan musik juga mempengaruhi kesehatan mental atau jiwa.

Dengan mendengarkan musik Anda akan mendapatkan perubahan suasana hati yang bahagia serta memudahkan untuk berkonsentrasi.

Dalam sebuah studi menyimpulkan bahwa mendengarkan musik, terutama musik bernuasa instrumental dapat memberikan dampak reaksi pada beberapa bagian sel otak terutama yang berkaitan dengan memori dan penglihatan.

Studi lain yang di lakukan di Kanada tahun kemarin ini menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dengan beberapa bagian inti dari sel otak yang berkaitan dengan rangsangan seperti makanan, cahaya, aktivitas dan lainnya. Menurut Dr. Victoria Willianson, seorang dosen psikologi dari Goldsmith College London. Sebagai kesimpulan, hasil kesehatan apakah yang akan kita dapatkan saat mendengarkan musik?

1. Meningkatkan Susana Hati

Reaksi orang saat mendengarkan musik umumnya tidak sama, namun dalam sebuah studi yang di lakukan di Kanada pada tahun 2011 lalu menyimpulkan bahwa "Musik favorit apapun yang di putar sesuai dengan kehendak hati Anda maka akan dapat mencairkan suasana hati yang galau."

Sementara itu menurut sebuah penelitian yang di lakukan di McGill University Montreal menyimpulkan bahwa mendengarkan musik favorit akan merangsang pelepasan hormon dopamin, yang menyebabkan diri kita lebih rileks dalam situasi tertentu.

Memang struktur otak sangat rumit maka dari itu, menurut Bridget O'Connell, seorang kepala informasi dari Mental Health Charity Mind yang mengatakan bahwa pelepasan hormon dopamin selalu berhubungan dengan perasaan senang.

2. Fokus

Kedengarannya sedikit aneh tapi memang terbukti nyata bahwa mendengarkan musik dapat membantu Anda lebih fokus dalam berfikir. Sebuah alat "digital tonic" yang di sebut Ubrain, mengklaime dapat membantu fikiran fokus dan lebih rileks.

Konon katanya aplikasi ini bekerja berdasarkan binaural beats (Yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu Anda meningkatkan mood, energi dan semangat untuk mendengarkan musik favorit.

"Dengan membantu korteks otak menghasilkan gelombang tertentu, sehingga kita dapat menginduksi pada beberapa bagian otak agar tetap terjaga, tergantung pada apa yang akan kita lakukan," menurut Paris seorang psikolog klinis dari Brigitte Forgeot.

Artikel lain:
4 Manfaat teh hangat untuk kesehatan otak
Manusia hanya memanfaatkan 10 persen kemampuan otaknya, mitos atau fakta?

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sebuah studi yang di lakukan di Brunel University London barat. Menyimpulkan bahwa Mendengarkan musik favorit setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh sebesar 15%, serta dapat meningkatkan efisiensi energi sebesar 1-2% juga meningkatkan semangat hidup. Wow,,, sebuah penemuan yang menabjubkan bukan?

Sebaiknya gunakan musik yang sesuai dengan tempo olahraga Anda, berolahraga sambil mendengarkan musik akan menambah efek metronomik sehingga Anda akan betah dan berolahraga lebih lama.

4. Kesehatan Mental Lebih Baik

Musik akan memberikan dampak yang besar terhadap kesehatan mental Anda, sehingga mendengarkan musik akan sangat sesuai bagi seseorang yang mengalami ganguan kesehatan mental.

Sebenarnya ada dua cara yang dapat di gunakan untuk terapi musik, yaitu sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri atau untuk kualitas inheren yaitu untuk penyembuhan kata Bridget O'Connell.

5. Meredakan Depresi atau Stres

Dalam sebuah riset tahun 2011 lalu menyimpulkan bahwa hampir sepertiga orang mendengarkan musik yang bertujuan untuk memberikan semangat saat sedang melakukan pekerjaan. Dan satu dari empat orang yang mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu meredakan stres dan depresi karena beban pekerjaan.

Artikel lain:
9 Kebiasaan yang dapat menurunkan kinerja otak
Cara meningkatkan kinerja otak kanan dan otak kiri

6. Perawatan Pasien

Musik sangat memberikan dampak yang signifikan terhadap penderita penyakit akut seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan masalah pernafasan.

Terbukti bahwa musik dapat menstabilkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, rasa cemas dan meningkatkan kualitas hidup para pasien.

Kesimpulannya bahwa musik dapat bermanfaat untuk seseorang yang berada pada situasi kehilangan kontrol karena efek lingkungan eksternal mereka sehingga ada upaya untuk kembali normal dan sehat secara psikis.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.



2 comments:

  1. saya setuju kalau mendengarkan musik itu bisa meningkatkan konsentrasi.
    saya mengalaminya sendiri,tapi justru saya jadi gak konsen kalau jenis musiknya saya gak suka. mending hening daripada salah genre. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, saya juga begitu, kalau musik favorit sesuai dengan selera hati tentu bermanfaat bagi kita, terima kasih sudah mampir

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga