Manfaat Yoga dan Meditasi untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Manfaat yoga dan meditasi untuk kesehatan jiwa dan ragaManfaat yoga dan meditasi untuk kesehatan jiwa dan raga - Dari dahulu yoga dan meditasi sudah menjadi salah satu aktivitas positif yang dapat mendatangkan kesehatan jiwa dan raga kita, tapi sayang masih banyak sebagian masyarakat dunia yang memandang sepele dari yoga.

Padahal kalau kita mau mengetahui manfaat melakukan yoga secara rutin, kita akan melakukan dengan senang hati karena bukan hanya mendatangkan kesehatan bagi diri kita saja namun juga menghadirkan ketentraman pada jiwa.

Bagi mereka yang sudah merasakan manfaat dari aktivitas yoga ini maka mereka baru bisa berkata bahwa "yoga sangat bermanfaat bagi jiwa dan raga". Yoga, melakukan pembakaran kalori tubuh lebih banyak karena yoga sebenarnya adalah olah raga fisik dan pikiran.

Dengan adanya keseimbangan kesehatan jiwa dan raga kita, maka akan mendatangkan ketenangan batin dan pikiran sehingga ada yang beranggapan bahwa yoga juga aktivitas yang bermanfaat untuk mengusir stres, entah stres karena pekerjaan, pendidikan , asmara atau hal yang lainnya.

Yoga banyak macamnya, semua yoga bermanfaat untuk merilekskan tubuh dan pikiran agar mencapai ketenangan, tetapi bagi Anda yang baru mengenal yoga berikut ini ada 8 Yoga yang wajib di ketahui bagi pemula, caranya mudah dan dapat di terapkan dengan atau tanpa pembimbing.

Berikut Manfaat Yoga dan Meditasi untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

* Mengurangi Stres

Pada dasarnya semua jenis olahraga dapat menghilangkan stres begitu juga dengan yoga, dalam sebuah studi menyimpulkan bahwa yoga dapat menghilangkan stres, depresi, gelisah dan meningkatkan "mood" artinya meningkatkan kesejahteraan fisik dan psikis. Bahkan ada sebagian orang berpendapat bahwa yoga dapat menghilangkan schizophrenia dan insomnia (gangguan tidur)

* Meningkatkan Kebugaran 

Selain itu manfaat yoga adalah meningkatkan kebugaran dan kesegaran tubuh Anda. Jika aktivitas ini di lakukan secara kontiyu dan berkelanjutan maka tubuh Anda akan lebih memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik, lentur, kekuatan tubuh dan jangkauan gerak yang lebih jauh.

* Membantu Mengatasi Masalah Kesehatan

Jika Anda memiliki riwayat penyakit kronis seperti jantung, maka yoga menjadi alternatif terbaik untuk masalah jantung. Selain itu melakukan olahraga ini juga melancarkan peredaran darah ke otak dan semua organ vital tubuh sehingga meningkatkan organ vital tersebut dapat bekerja lebih baik dan lebih sehat. Jika Anda rutin melakukan ini Anda akan jauh dari penyakit kronis lain.

* Sakit Punggung

Yoga bersifat melenturkan tubuh dari rasa kaku pada otot, sehingga jika kebetulan Anda mengalami sakit punggung, Anda bisa coba dengan melakukan yoga. Lakukan dengan baik dan perlahan bila perlu dengan guru pembimbing itu akan lebih baik.

Artikel lain:
5 Cara meninggikan badan secara alami

* Mengurangi Masalah Asma

Jika Anda ada riwayat penyakit asma dan kadang kambuh, Anda bisa coba usir dengan melakukan aktivitas ini. Asma yang kambuh membuat rasa sakit, nyeri dan menyiksa diri. Yoga membantu meringankan asma Anda di samping melakukan pengobatan baik pengobatan herbal maupun medis.

Dalam sebuah studi menyimpulkan bahwa beberapa gerakan yoga seperti Pranayama dapat membantu meringankan gejala asma. Karena gerakan pranayama selalu berhubungan dengan pernafasan.

* Mengurangi Efek Setelah Mabuk

Mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda untuk melakukan sebuah aktivitas yoga karena setelah semalaman minum minuman beralkohol dan mabuk. Tetapi jika Anda sudah sadar esok harinya dan ingin menghilangkan rasa "pengar" (hangover). Anda bisa melakukan yoga, karena yoga dapat mendetoksifikasi (menetralkan) sistem tubuh kita.

Dalam sebuah studi menyimpulkan bahwa beberapa gerakan yoga seperti "plow" atau "Shoulder stand" dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan melatih kelenjar tiroid. Selain itu jika Anda serius melakukan yoga maka peredaran darah ke otak akan lebih banyak otomatis kadar oksigen pun juga demikian. Jika sudah begitu maka keseimbangan tubuh dan pikiran akan lebih baik.

Jadi yoga selain membuat pikiran dan hati lebih tenang, ternyata juga membawa keberkahan bagi tubuh agar lebih sehat dan bugar. Anda bisa melakukan yoga secara teratur setiap hari bisa di lakukan sendiri tetapi lebih baik lagi jika ada guru pembimbing.

Itulah manfaat yoga dan meditasi bagi kesehatan jiwa dan raga yang bisa kita ketahui, semoga bermanfaat dan dapat menjadikan inspirasi bagi kita semua.



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga