5 Makanan Penyebab Timbulnya Stres

5 Makanan penyebab timbulnya stres5 Makanan Penyebab Timbulnya Stres - Penyebab timbulnya stres bukan hanya sebagai akhibat adanya tekanan mental atau psikis kita saja, bisa jadi stres timbul juga karena makanan yang kita makan setiap hari.

Sebagian makanan memberikan perlawanan terhadap hormon penyebab stres namun sebagian yang lain justru sebaliknya yaitu mendorong timbulnya stres.

Beberapa makanan itu seharusnya kita ketahui agar kita selalu bisa selektif terhadap makanan yang kita konsumsi setiap hari. 

Coba cek! makanan apa saja yang kita konsumsi setiap hari? nutrisi apa yang sudah kita masukkan ke dalam tubuh? apakah sudah termasuk kriteria makanan sehat atau bukan? tentunya kita sepakat bahwa "Kita adalah apa yang kita makan setiap hari".

Memang tidak selamanya stres itu merugikan, jika kita mampu mengelolanya stres justru akan berdampak positif pada diri kita. Seperti yang telah di lansir oleh womanitely.com

Berikut ini di tuliskan 5 Makanan yang Justru menjadi Penyebab Timbulnya Stres

1. Makanan Manis

Beberapa makanan yang terasa manis akan memicu timbulnya stres, saat Anda stres maka hormon penyebab stres (Kortisol) meningkat signifikan dan ini sangat berbahaya jika kita tidak mampu mengelolanya.

Beberapa makanan manis seperti kue tart, donat, es cream dan lainnya memang enak jika kita makan apalagi jika itu merupakan salah satu makanan favorit, terasa nikmat sekali bukan? tetapi jika konsumsi terlalu banyak akan meningkatkan hormon kortisol dan menyebabkan stres.

Memang tubuh memiliki sistem perbaikan secara alami yang memperlambat proses penuaan, stres akan menghentikan proses tersebut sehingga mempermudah sel kanker atau sel penyakit lain tumbuh lebih leluasa.

Tentu saja hal ini akan memicu penyakit kronis lain seperti strok, diabetes, jantung, kanker dan lainnya. Jika Anda ingin makanan manis cobalah sepotong coklat hitam atau mentega kacang secukupnya.

2. Teh, Kopi dan Minuman Berenergi

Jika Anda memiliki riwayat stres sebaiknya hindari minuman seperti ini, beberapa minuman ini memang mempengaruhi suasana hati lebih menyenangkan namun ketahuilah itu hanya beberapa saat saja.

Beberapa minuman tersebut diantaranya juga mengandung kafein, theobromine, neuro-simulator dan itu semua penyebab timbulnya stres. Konsumsilah kopi atau teh sewajarnya saja, jangan terlalu berlebih.

Atau lebih baik pilihlah minuman yang berenergi natural seperti Air lemon, Teh hijau hangat tanpa gula atau jus buah segar lain. Minuman ini lebih sehat dan menyegarkan tubuh juga otak kita tentu saja hal ini akan berdampak baik untuk kesehatan dalam waktu yang lama.

3. Makanan Olahan

Makanan dalam kemasan atau makanan olahan adalah sumber yang tinggi pemicu hormon kortisol, karena banyak mengandung sodium, zat aditif dan lemak. Ketika Anda mulai merasakan stres ringan sebaiknya hindari makanan olahan tersebut.

4. Makanan Pedas

Saat tubuh mulai stres sistem pencernaan tidak berjalan normal sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan tekanan dan berpengaruh pada mental. Stres memperlambat metabolisme sehingga meperlambat proses pencernaan dalam usus, tidak menutup kemungkinan timbul refluks asam dengan mengkonsumsi makanan pedas akan membuat situasi semakin buruk.

Dalam beberapa pemberitaan menyatakan bahwa makanan pedas mampu membantu jantung agar lebih sehat, artinya kematian akhibat serangan jantung dapat di minimalisir. Tetapi perlu juga untuk di ketahui jika pencernaan bermasalah sebaiknya hindari makanan pedas.

Sebaiknya perbanyak makan makanan sayur dan buah segar, seperti bayam, brokoli hijau, kangkung, sayur okra, wortel, jeruk, pisang, alpukat dan kale. Anda bisa memilih sayur atau buah segar favorit sehingga kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan baik.

5. Roti Putih dan Beberapa Kue

Roti putih dan sebagian besar kue mengandung tepung terigu, gula, sodium, dan beberapa zat aditif lain yang bisa merangsang meningkatnya hormon kortisol Anda sehingga stres akan muncul lebih cepat.

Beralihlah ke versi bebas gluten, untuk menghindari stres tambahan yang merangsang semakin kuatnya tingkat stres. Jika Anda ingin memanggang kue pertimbangkan dengan menggunakan tepung kelapa atau tepung almond. Saat ini memang jarang masyarakat yang menggunakannya, tetapi makanan yang menggunakan bahan dasar seperti ini akan manjauhkan Anda dari stres.

5 makanan penyebab timbulnya stres tersebut menjadikan referensi bagi kita semua untuk menghindarinya atau setidaknya mengurangi jumlah porsi yang di tetapkan dari biasanya, agar tubuh dan mental kita tetap dalam keadaan sehat dan kuat.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga