Larangan Makanan Buat Ibu Hamil

Larangan makanan buat ibu hamilLarangan Makanan Buat Ibu Hamil - Pada kesempatan yang lalu kita telah membahas tentang makanan sehat untuk ibu yang sedang hamil muda dan makanan sehat yang tepat untuk ibu hamil dan kali ini mengenai larangan makanan buat ibu hamil.

Kita ketahui bahwa sangat banyak makanan buat ibu hamil, beberapa makanan bisa menunjang kesehatan ibu dan janin namun ada beberapa makanan lagi yang justru sebaliknya, jika tetap di konsumsi maka akan berpotensi terjadinya keguguran dan ini sangat di larang.

Memang jika ibu sedang hamil harus siap dengan berbagai aturan dan larangan yang harus di patuhi karena jika tidak akan membahayakan terutama bagi kesehatan janin.

Beberapa Makanan Berikut di Larang di Konsumsi oleh Ibu Hamil

1. Keju

Pada artikel yang lain memang keju bagus untuk di konsumsi ibu hamil karena berbahan dasar susu, namun ada beberapa jenis keju yang di larang untuk di konsumsi ibu hamil, apalagi usia kehamilan masih sangat muda.

Keju yang berbahan dasar susu yang sudah di pasteurisasi adalah jenis keju yang boleh di konsumsi sementara keju yang berbahan dasar susu yang belum di pasteurisasi adalah keju yang di larang untuk ibu hamil karena masih banyak mengandung bakteri (patogen maupun nonpatogen). Jadi, bunda harus pandai memilih jenis keju? jangan sembarangan konsumsi keju.

2. Ikan yang di Kemas dalam Kaleng

Ada yang berpendapat bahwa banyak mengkonsumsi ikan akan membuat kecerdasan dan kesehatan janin akan meningkat, memang benar ungkapan ini namun jika ikan yang di konsumsi adalah ikan segar, bukan ikan kalengan yang sudah di awetkan.

Ikan yang sudah di kemas dalam kaleng tentu saja akan mengandung bahan kimia pengawet, pewarna atau bahkan perasa. Hal ini akan membahayakan embrio jika ibu hamil memaksakan untuk mengkonsumsinya, karena beberapa zat kimia ini tidak akan di terima oleh embrio.

3. Durian

Buah yang satu ini enak rasanya, saya juga termasuk pecinta buah durian, apakah Anda juga suka durian? Bagi Anda seorang ibu yang kebetulan suka durian dan tidak dalam hamil tidak menjadi masalah namun jika Anda dalam keadaan hamil, sebaiknya hindari buah yang satu ini.

Buah durian jika di konsumsi ada rasa panas di dalam perut dan hal ini akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin, ada zat panas yang terkandung di dalam daging buah ini yang bernama asam arhacidonat.

Jika ibu hamil nekat mengkonsumsi buah ini saya tidak bisa bayangkan apa yang terjadi, karena menurut para ahli mengatakan bahwa jika ibu hamil mengkonsumsi buah ini maka sangat berpotensi keguguran atau paling tidak lahir dalam keadaan prematur atau cacat.

4. Kepiting Laut

Beberapa ahli berpendapat bahwa ibu hamil di larang mengkonsumsi kepiting laut karena dapat menyebabkan pendarahan dan rahim menyusut. Jelas hal ini sangat merugikan bagi kedua belah pihak (Ibu dan janin).

Seefood yang satu ini sangat di larang untuk di konsumsi ibu hamil, mendingan pilihlah makanan yang di perbolehkan saja, Anda harus mentaati aturan ini jika ingin lancar dalam masa kehamilan sampai pada masa persalinan nanti.

5. Makanan yang di Fermentasi 

Jika Anda sedang hamil jangan sekali kali mengkonsumsi makanan yang sudah di fermentasi. Makanan fermentasi akan banyak mengandung alkohol yang menyebabkan kandungan Anda terasa panas dan hal ini akan menyebabkan kerugian bagi janin.

Konsumsi makanan ini akan menyebabkan keguguran bagi janin atau paling tidak lahir dalam keadaan prematur atau cacat.

6. Makanan Mentah

Ibu hamil di larang mengkonsumsi berbagai makanan yang masih mentah. Makanan yang masih mentah seperti seefood atau sushi daging mentah, makanan yang masih mentah banyak mengandung bakteri atau virus, jika ibu terlalu banyak mengkonsumsi ini akan menyebabkan kontraksi janin.

Bisa jadi janin juga akan terinfeksi virus tokso, virus yang menyebabkan jumlah cairan dalam kepala menjadi terlalu berlebih sehingga bayi yang lahir nantinya akan memiliki ukuran kepala yang tidak sewajarnya.

7. Buah Nanas

Kita yang sudah dewasa saja saat mengkonsumsi buah nanas kadang terasa gatal di mulut dan perut apalagi jika ibu yang sedang hamil mengkonsumsinya, jelas mengkonsumsi buah nanas sangat di larang karena akan merugikan kesehatan janin bahkan berpotensi keguguran.

Artikel lain:
Puasa sunah yang aman untuk ibu yang sedang hamil
Jengkol untuk ibu hamil

8. Makanan Setengah Matang

Makanan setengah matang sebaiknya jangan di konsumsi ibu hamil karena dalam makanan setengah matang terdapat bakteri yang di namakan salmonella. Jika ibu nekat mengkonsumsinya maka akan mudah terjadi kontraksi dini.

Bakteri salmonella tersebut terdapat pada:

- Kuning telur setengah matang
- Daging setengah matang
- Sate setengah matang
- Berbagai makanan steak medium well

9. Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Jika ingin ngemil sebaiknya ibu hamil harus pandai memilih makanan ringan, jangan pilih kudapan yang mengandung pemanis buatan atau sakarine. Karena zat ini tidak di terima oleh embrio. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini justru akan merugikan bagi perkembangan dan pertumbuhan janin.

10. Makanan yang Banyak Mengandung MSG

MSG adalah semacam zat kimia yang dapat memberikan kesan rasa gurih pada setiap masakan. Memang setiap masakan yang di tambahkan MSG akan terasa lebih nikmat dan gurih, tapi tahukah Anda bahwa MSG adalah zat kimia Aditif yang di dapatkan melalui proses kimia.

Zat ini tidak di terima oleh janin, jika di paksakan akan membuka peluang bagi anak berpotensi bodoh, artinya zat ini akan mempengaruhi sel syaraf otak dan menurunkan tingkat kecerdasan anak nantinya.

11. Makanan Berformalin

Bagi setian bunda yang sedang hamil harus sangat selektif terhadap makanan yang di konsumsi setiap hari. Karena tidak sedikit penjual makanan yang curang dengan menambahkan zat pengawet seperti formalin atau boraks ke dalam makanan tersebut.

Jika Anda memaksakan diri, maka janin yang Anda kandung akan mati dan justru akan merugikan Anda sendiri, oleh karena itu pilihlah makanan alami yang tidak mengandung pengawet atau zat kimia lain.

12. Mayonaise

Dalam seminar kesehatan yang saya adakan tempo hari, ada di antara audien saya menanyakan, kenapa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi mayonaise?

Sebelum di larang ada baiknya ibu hamil mengetahui cara pembuatan mayonaise tersebut, mayonaise adalah saus yang terbuat dari telur yang masih mentah, kuning telur dan putih telur yang sudah di campur minyak terus menerus di aduk sampai membentuk emulsi.

Nah, sekarang kita mengetahui bukan, bahwa mayonaise terbuat dari bahan mentah yang mengandung bakteri salmonella dan ini sangat tidak baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Selain dua buah di atas (Nanas dan buah durian) ada beberapa buah lain yang di larang di konsumsi oleh bunda yang sedang hamil di antaranya yaitu buah nangka atau cimpedak, pepaya muda, anggur, juga daun berry. Karena daun ini mengandung banyak alkohol yang dapat menyebabkan rasa panas di dalam uterus (rahim).

Hindari kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol atau kurang tidur dan terlalu banyak aktifitas. Buat kehamilan Anda terasa nyaman dan cantik.

Itulah beberapa larangan makanan buat ibu hamil yang patut untuk di hindari agar janin dalam keadaan tetap sehat dan mengalam pertumbuhan yang sempurna. Kesimpulannya adalah saat Anda sedang dalam masa kehamilan Anda harus selektif terhadap berbagai makanan karena makanan itu bukan hanya untuk Anda saja tapi juga untuk si kecil.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.


2 comments:

  1. Ibu hamil ternyata banyak juga pantangan makanannya ya,,,

    Saya tahunya cuma buah nanas dan durian saja yang harus dihindari oleh ibu hamil, jadi tambah ilmu nih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih www.hari.asia, semoga bermanfaat

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga