Paru paru Seorang Perokok

Paru paru seorang perokokParu paru Seorang Perokok - Banyak sekali para perokok yang tidak menyadari kondisi kesehatan paru parunya, mereka kadang justru berkelit dengan mengatakan bahwa paru parunya tetap sehat dan tidak dalam keadaan sakit meskipun merokok.

Selama kesehatan paru parunya di rasakan tidak ada permasalahan yang berarti, mereka tidak memiliki motivasi untuk berhenti merokok, tetapi ketahuilah bahwa semua penyakit yang behubungan dengan paru paru selalu ada kaitannya dengan kebiasaan merokok sebelumnya.

Kebiasaan merokok dapat merusak jaringan paru dan saluran pernafasan, kerusakan ini bersifat jangka panjang sehingga tidak terlalu kentara perubahanya. Oleh karena itu jika kita masih sayang kepada paru paru kita, berhenti merokok dapat mengurangi keparahan kondisinya.

Namun sebagian dari mereka ada yang sadar bahwa apa yang dia lakukan adalah salah satu kebiasaan yang salah dan fatal akhibatnya. Salah satu alat atau aplikasi smartphone yang dapat membantu untuk berhenti merokok adalah Quit Pro , sebenarnya sudah lama ada alat ini namun sepertinya masih kurang populer.

Sebuah penelitian sudah di lakukan dan hasilnya lebih dari 40% perokok mengalami penebalan saluran pernafasan (Emfisema). Dengan kondisi seperti ini akan mempengaruhi kinerja organ tubuh lain sehingga kurang maksimal dalam melakukan setiap aktivitas.

Bahkan jika seseorang yang memeriksakan paru parunya ke dokter dan dinyatakan masih berfungsi normal, namun sebenarnya kondisi seperti ini sudah masuk pada tahap awal kerusakan paru paru di sebut dengan nama Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

Konon dalam sebuah penelitian rokok memiliki lebih dari 7000 zat kimia yang beresiko dapat bersarang di dalam paru paru. Dari sekian ribu zat kimia tersebut terdapat sekita 250 zat yang sangat berbahaya dan sekitar 69 beresiko timbulnya penyakit kanker, seperti kromium, benzene, arsenik, nikel, vinil klorida dan yang paling umum kita kenal adalah nikotin. Sehingga tidak salah kalau ada yang beranggapan bahwa merokok sama dengan bunuh diri secara perlahan.

Berikut Inilah Beberapa Penyakit Yang Sangat Mungkin Terjadi Pada Seorang Perokok

Kanker Paru paru

Jika Anda seorang perokok aktif kemungkinan besar sekitar 80% hingga 90% akan beresiko terkena penyakit kanker paru paru, pertumbuhan sel kanker akan terus menyebar dan memperparah kondisi kesehatan organ paru paru Anda.

Kondisi yang seperti ini akan di dukung dengan adanya gaya hidup yang tidak sehat seperti sering minum minuman beralkohol, kurang olah raga dan sebagainya. Saluran pernafasan yang menebal juga mendukung memperparah kondisi paru paru perokok.

Penyakit paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Di perkirakan lebih dari 40 juta manusia di dunia ini mengalami (COPD) atau Chronic Obstruktive Pulmonary Disease, penyakit paru seperti ini antar lain bronkitis kronis, emfisema dan perpaduan di antara keduannya merupakan penyakit Obstruktif kronik atau PPOK.

Pada penderita emfisema dinding yang membatasi kantong udara menjadi rusak, yang menyebabkan ukuran kantong udara (Alveoli) menjadi lebih besar dan jumlah udara semakin sedikit. Jika Alveoli lebih besar sangat tidak efektif dalam pertukaran udara sehingga menganggu proses pertukaran oksigen dan karbondioksida. Jadi kesimpulannya bagi penderita emfisema seluruh bagian dada bisa menjadi lebih besar dari ukuran normal.

Asma

Jelas, Asma akan di derita oleh perokok lebih cepat dari pada orang yang tidak merokok. Kelainan pernafasan ini akan sangat mengganggu setiap aktifitas yang Anda lakukan setiap hari dan beresiko menular pada orang lain.

Penyakit Jantung

Satu dari lima orang yang meninggal karena penyakit jantung adalah karena kebiasaan merokok. Orang yang merokok beresiko lima kali lebih besar menderita penyakit jantung dari pada yang tidak merokok. Resiko ini akan jauh meningkat pada wanita perokok yang menggunakan pil KB.

Lebih sering Terkena Flu dan Pneumonia

Seorang perokok memiliki kekebalan tubuh yang lemah sehingga sangat mungkin terjadi terkena flu dan pneumonia. Selain itu mereka juga sangat rentan terserang berbagai penyakit lain seperti alergi.

Oleh karena itu langkah yang paling bijak untuk menyikapi permasalahan ini adalah dengan berhenti merokok dan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan produktif.

Pada tingkat keparahan tertentu, para korban rokok akan berakhir dengan kematian. Jauhkan hidup Anda dari tembakau jika masih peduli pada kesehatan paru paru dan organ tubuh yang lain.

Terima kasih dan semoga bermanfaat  



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga