Penyakit Tulang Yang Jarang di Ketahui Orang

Penyakit tulang yang jarang di ketahui orangPenyakit Tulang Yang Jarang di Ketahui Orang - Pertumbuhan tulang seseorang lebih mudah dan lebih cepat terjadi pada usia anak - anak dari pada pada orang dewasa apalagi saat mereka memasuki usia 20 tahun ke atas.

Tulang bisa tumbuh sehat jika konsumsi tulang terpenuhi seperti kalsium, vitamin D dan olah raga yang cukup. Dengan kesehatan tulang otomatis akan membantu menunjang kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Tulang memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk tubuh yang sehat, terutama untuk menyokong tegak tubuh dan membantu seseorang dalam bergerak. Tanpa tulang yang sehat semua kinerja organ tubuh terganggu dan pasti akan berpengaruh pada setiap aktivitas kita.

Oleh karena itu jika kita masih peduli terhadap kesehatan tulang kita maka budaya hidup sehat harus di terapkan setiap hari dan menghindari segala bentuk aktivitas yang merugikan seperti kurang istirahat, kurang olah raga, bermalas malasan, kurang asupan gizi, merokok dan terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol.

Kita umumnya mengetahui penyakit tulang seperti osteoporosis tetapi ternyata ada beberapa penyakit tulang yang sepertinya jarang di ketahui oleh banyak orang, dan biasanya orang menderita ini karena kontaminasi dengan penyakit lain atau karena pengaruh genetik. Berikut ini di antaranya,

Penyakit Tulang Paget

Penyakit tulang paget adalah penyakit yang timbul karena perkembangan, pertumbuhan dan pembaharuan tulang tidak bisa berjalan semestinya.

Pada kasus ini pembaharuan tulang berjalan lebih cepat dari biasanya, tetapi sayang, hingga saat ini masih belum di ketahui penyebab terjadinya keabnormalan dari kesehatan tulang ini. Para ahli hanya bisa menduga bahwa hal ini terjadi karena faktor genetik dan kemungkinan juga karena faktor lingkungan.

Dengan terjadinya kasus itu, tulang menjadi lemah dan memiliki kelainan bentuk (Deformitas), sementara gejala awal yang di ungkapkan oleh para ahli adalah rasa nyeri yang terjadi pada tulang panggul dan tulang pungung.

Dan biasanya orang yang mengalami hal ini baru bisa di ketahui saat merasakan ada keluhan nyeri pada tubuhnya dan di periksakan ke dokter. Oleh karena itu jika sedikit ada kelainan pada tulang lebih baik segera di konsultasikan ke dokter agar bisa di ketahui penyakitnya sedini mungkin.

Metastasis Tulang

Penyakit metastasi tulang ini bisa terjadi ketika berbagai sel kanker mulai menyebar dan mempengaruhi tulang sehat. Penyakit ini biasanya bisa timbul saat pasien menderita suatu penyakit kanker, seperti penyakit kanker prostat dan kanker payudara dan lainnya.

Penyakit metastasis tulang bisanya lebih terjadi pada tulang punggung, tulang pingul dan tulang paha. Penyakit ini biasanya terjadi pada seseorang yang telah menjalani pengobatan penyakit kanker pada masa yang lalu.

Jika seseorang menderita penyakit ini apalagi sudah memasuki stadium 4 maka susah di sembuhkan dan biasanya ahli kesehatan akan memberikan penawar rasa nyeri tulang saja dan hal itu tidak bersifat penyembuhan.

Osteodistrofi Ginjal

Osteodistrofi ginjal merupakan penyakit tulang yang di derita seseorang yang khusus mengalami kelainan ginjal. Gangguan ginjal tersebut terjadi karena ketidak mampuan ginjal dalam mempertahankan keseimbangan komposisi kalsium dan fosfor dalam darah. Penyakit jenis ini banyak terjadi pada pasien yang cuci darah.

Waspadalah terhadap anak anak Anda, karena penyakit ini tidak menutup kemungkinan juga bisa di derita oleh anak anak. Karena jika hal ini terjadi dalam jangka lama akan berdampak serius terhadap kesehatan tulang anak. Anak akan mengalami cacat dan bentuk tulang tidak kuat, tegap dan lemah sehinga bisa menekuk ke luar atau ke dalam, para ahli biasanya menyebutnya dengan penyakit rakitis ginjal. Bentuk tubuh anak yang menderita penyakit ini biasanya tidak bisa tinggi dan cenderung lemah.

Penyakit Tulang Rapuh

Penyakit tulang rapuh atau yang biasa disebut dengan Osteogenesis Imperfecta (OI) yang artinya tidak sempurnanya pembentukan tulang. Penderita penyakit ini jelas memiliki resiko yang tinggi terhadap tulang retak atau patah.

Penderita penyakit ini biasanya terjadi sejak lahir artinya timbul karena masalah genetik yang di turunkan dari orang tuanya. Awalnya tidak terlalu kentara namun seiring berkembangnya pertumbuhan anak maka semakin terlihat dan rapuh dan hal ini akan mempengaruhi kesehatan ginjal, sehingga suatu saat akan mengalami gagal ginjal.

Tidak hanya itu pasien juga akan mengalami gagal jantung, sumsum tulang belakang juga bermasalah, tidak menutup kemungkinan berpengaruh pada kesehatan pendengaran dan pada akhirnya korban akan mengalami cacat permanen.

Selain selalu menjaga budaya hidup sehat alangkah lebih baiknya jika kita juga menghindari segala kebiasaan yang merugikan kesehatan, kemungkinan resiko itu tetap ada namun jika kita setidaknya memperhatikan kesehatan diri kita maka hal itu tidak akan terjadi.

Segera lakukan pemeriksaan atau konsultasikan ke dokter ahli yang Anda ketahui jika terasa mulai ada kelainan yang di rasakan agar bisa di ketahui sedini mungkin setiap permasalahan kesehatan Anda. Itulah beberapa penyakit tulang yang jarang di ketahui orang, semoga bermanfaat dan terima kasih




0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga