Sari Buah Kurma Untuk Kesehatan

Sari buah kurma untuk kesehatanSari buah Kurma Untuk Kesehatan - Buah kurma biasanya banyak kita jumpai pada bulan ramadhan, makanan yang memiliki nama ilmiah dactylifera phoenix dan terasa manis ini sangat di gemari para muslim bisa untuk berbuka puasa atau untuk sekedar camilan sehat.

Kandungan gula alami yang sangat tinggi dalam sari buah kurma ini dapat di cerna langsung oleh organ pencernaan kita, sehingga saat menjalankan ibadah puasa tubuh bisa bertahan tetap segar dan sehat.

Pada zaman dahulu Nabi Muhammad SAW selalu membiasakan berbuka puasa dengan buah kurma, kurma nabi atau saat ini di kenal dengan kurma ajwa memiliki nilai gizi yang jauh lebih tinggi di banding dengan jenis kurma yang lain. Untuk itu kita yang menjalankan ibadah puasa di anjurkan untuk berbuka puasa dengan buah kurma.

Buah Kurma

Buah kurma juga bisa di makan dalam keadaan setengah matang atau masih segar dalam kondisi seperti ini buah kurma terlihat teksturnya yang sangat lembut dan terasa manis sekali. Sari buah kurma mengandung zat fruktosa dan dekstrosa sehingga terasa sangat manis.

Gula alami ini sangat mudah di cerna oleh organ pencernaan kita, sehingga dapat dengan mudah berubah menjadi energi. Oleh karena itu jika dalam keadaan puasa dan tiba saat berbuka sangat di anjurkan untuk memulai berbuka dengan buah kurma terlebih dahulu.

Buah kurma yang matang terdapat sekitar 80% gula, selain itu buah kurma yang sudah masak banyak mengandung serat dan kalium yang tinggi, dalam 5 butir buah kurma atau setara sekitar 45 gram mengandung 115 kalori dan hampir semua termasuk karbohidrat.

Artikel lain:
Cara mudah agar tetap sehat saat berpuasa
Manfaat sari kurma untuk ibu hamil dan janin

Nutrisi selain itu yang terkandung di dalam buah kurma antara lain adalah:

- Protein

- Sumber vitamin A

- Lemak

- Mineral

- Zat besi

- Magnesium

- Asam folat (Bagus untuk ibu hamil)

Sari Buah Kurma untuk Kesehatan dan Pengobatan

1. Nutrisi buah kurma sangat baik untuk kesehatan mata, di sebutkan di atas bahwa kurma sebagai salah satu sumber vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A juga baik untuk kesehatan kulit, selain itu jika kita sering mengkonsumsi buah kurma konon akan terhindar dari penyakit kanker paru-paru dan rongga mulut.

2. Zat besi yang terdapat pada sari buah kurma ini sangat baik untuk mendukung kesehatan darah kita. Dengan terpenuhinya kadar zat besi di dalam darah maka asupan oksigen pun tercukupi dan hasil akhirnya peredaran darah lancar sehat pun datang.

3. Di atas sudah di sebutkan bahwa buah kurma juga mengandung serat yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan usus atau organ pencernaan, juga berperan dalam penyerapan kolesterol LDL kita.

Dengan adanya selaput lendir di dinding usus yang terlindungi maka usus akan senantiasa sehat dan jauh dari berbagai penyakit kanker usus.

4. Kandungan kalium yang tinggi dalam sari buah kurma juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan dan kestabilan denyut jantung dan tekanan darah. Tentu saja hal ini akan melindungi jantung Anda dari serangan penyakit jantung koroner dan strok.

5. Buah kurma sebagai makanan laksatif food, yang sangat bermanfaat untuk memperlancar kita saat buang air besar serta dapat mencegah terjadinya konstipasi.

6. Kurma juga mengandung tembaga yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan proses produksi sel darah merah atau hemoglobin.

7. Kalsium yang terdapat dalam buah ini juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang dan gigi, dengan selalu mengkonsumsi buah ini maka Anda akan jauh dari osteoporosis juga anti terjadinya penggumpalan darah.

8. Kandungan mangan dalam kurma di gunakan sebagai unsur pendukung yang baik untuk menunjang kesehatan kita sebagai antioksidan superoksida dismutase.

9. Tanin yang terdapat pada buah ini juga sangat bermanfaat untuk antioksidan yang sangat baik dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. sehingga sangat efektif untuk anti inflamasi, anti infeksi dan anti hemoragik.

Nah sahabat, itulah informasi mengenai sari buah kurma yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan kita, oleh karena itu mumpung masih di berikan kesempatan untuk menjaga kesehatan manfaatkan kesempatan ini.

Terima kasih dan salam sehat



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga