Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan saat Libur Lebaran

Cara mencegah kenaikan berat badan saat libur lebaranCara Mencegah Kenaikan Berat Badan saat Libur Lebaran - Libur lebaran adalah momen yang sangat menyenangkan bagi kita semua yang menjalankannya terutama umat muslim dan tentu saja akan ada banyak makanan lezat nan nikmat memikat hati Anda, awas! berat badan naik.

Menurut sebuah penelitian dari National Institutes of Health (NIH), kenaikan berat badan saat liburan adalah salah satu penyebab utama bertambahnya kasus obesitas pada orang dewasa dan anak.

Namun, kita tidak perlu risau atas kejadian yang akan mengancam tersebut, pada liburan kali ini kita tetap bisa menikmati liburan dengan santai dan makan enak tanpa harus ada kenaikan berat badan satu kilogram pun. Penasaran, berikut ini caranya.

Artikel lain:
Sari buah kurma untuk kesehatan
7 Makanan pembakar lemak tubuh paling kuat

Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan saat Libur Lebaran

Berjalan Kaki

Sampai saat ini kita semua mempercayai bahwa dengan berjalan maka kalori akan terbakar dan mempermudah proses metabolisme tubuh. Nah, di saat libur lebaran kali ini, buatlah jadwal baru untuk keluarga dengan berjalan kaki di pagi hari.

Selain bisa membakar kalori aktivitas ini bisa menambah keharmonisan hubungan di antara anggota keluarga, berjalan kaki di percaya juga mampu menjaga kesehatan mental. Dengan melakukan hal ini kita juga terbantu mengalihkan perhatian dari makanan pada kesibukan menikmati suasana pagi yang segar dengan santai.

Jangan Datang dalam Keadaan Lapar

Liburan, terutama libur lebaran, identik dengan aktivitas berkumpul dengan keluarga besar dengan cara mengunjungi rumah sanak saudara lain untuk bersilaturahmi. Nah, saat berkunjung pastikan kita dalam keadaan tidak terlalu lapar.

Konsumsi camilan sehat saat di perjalanan dan minum air mineral terlebih dahulu ini lebih baik dari pada Anda berangkat dalam keadaan perut kosong. Dengan begitu kita tidak makan terlalu banyak saat menikmati hidangan yang di sediakan keluarga, berat badan akan tetap terjaga.

Alihkan Perhatian

Sebenarnya ada satu hal yang tidak kalah penting saat bertemu saudara agar tubuh tidak melar, yaitu "alihkan perhatian Anda" kepada hal lain daripada memandang makanan yang super lezat di atas meja makan contohnya seperti bercerita dan bercengkrama dengan saudara Anda sampai puas karena sudah lama tidak pernah bertemu.

Ini adalah salah satu trik jitu untuk menghindari godaan makanan lezat yang sudah siap di santap di meja makan tersebut, sehingga Anda lolos dari kenaikan berat badan.

Bawa Camilan Sendiri

Jika Anda sedikit kreatif dan lebih mementingkan kestabilan berat badan, lebih baik membawa camilan sendiri dari rumah, tentu saja yang merupakan makanan kesukaan Anda yang lebih sehat, rendah kalori atau rendah gula.

Misalkan salad buah yang segar dengan beragam warna manarik hati, dengan begitu kita tidak mudah goyah iman kita saat melihat banyaknya makanan berlemak yang menggoda. Kita harus pandai selektif terhadap beberapa makanan yang tersedia karena tidak semua makanan sehat bikin berat badan stabil, ada beberapa makanan sehat yang bisa bikin gemuk tubuh Anda

Batasi Makanan Manis

Bukan di larang mengkonsumsi makanan manis, tapi di batasi. Karena momen libur lebaran identik dengan banyaknya makanan camilan yang manis dan menggugah selera, seperti kue kering dengan bertabur gula di atasnya, coklat plus gula, permen dan sebagainya. Jika terlalu banyak bukan tidak mungkin tubuh Anda menjadi melar. Dengan membatasi makan makanan manis berat badan tubuh Anda akan tetap terjaga.

Gunakan Piring Kecil

Saat libur lebaran adalah saat yang berbahagia, oleh karena itu biasanya sangat banyak sekali makanan enak dan menu lezat yang di sediakan oleh keluarga bahkan melebihi batas dari hari biasanya. Untuk itu kepandaian kita dalam menyeleksi makanan di uji, sampai di mana kekuatan iman kita.

Menurut para ahli diet, menggunakan piring kecil saat makan bersama akan membatu membatasi makanan yang kita konsumsi dan utamakan memilih makanan yang paling sehat terlebih dahulu hingga makanan yang kurang sehat.

Itulah beberapa langkah cara untuk mensiasati kenaikan berat badan saat mengkonsumsi makanan di libur lebaran. Tentu saja dari semua cara tersebut, cara yang paling ampuh adalah niat terlebih dahulu. Jika niat di awal sudah tertata maka di jamin berat badan Anda tidak akan naik dan tetap stabil.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.


 

0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga