Manfaat Dan Kasiat Biji Kurma

Manfaat dan khasiat biji kurmaManfaat Dan Kasiat Biji Kurma - Pada bulan ramadhan tentunya ada banyak makanan dan minuman yang telah tersedia di meja tamu atau meja makan. Saat yang meriah dan bahagia di rasakan bersama keluarga.

Salah satu makanan yang khas di bulan ramadhan adalah kurma. kurma memiliki rasa yang manis dan enak rasanya, selain rasanya yang banyak di sukai, kurma juga banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan tubuh, salah satunya kurma mengandung gula alami yang dapat di ubah oleh tubuh menjadi energi secara cepat.

Salah satu jenis kurma yang memiliki harga yang mahal dan beda dari kurma jenis lain adalah kurma Ajwa. Kurma Ajwa atau biasa di sebut kurma nabi, adalah salah satu jenis kurma favorit kesukaan Nabi Muhammad SAW kala itu. Kurma ajwa berbeda dari kurma sekki, barhi, kholas dan jenis lain, kurma kesukaan Nabi tersebut sampai sekarang juga masih bisa kita nikmati.

Kali ini kita bukan membahas tentang buah kurma namun biji kurma, yang biasanya kita buang begitu saja setelah memakan daging buahnya. Siapa sangka biji kurma yang tidak kita perhitungkan ternyata memiliki manfaat bagi kita.

Berikut ini Beberapa Pengolahan Biji Kurma untuk Kebutuhan Manusia

Cuci bersih

Cuci bersih biji kurma yang sudah di kumpulkan dari kotoran atau sisa daging buah kurma. Caranya cucilah sambil di bilas tanpa menggunakan sabun atau sejenisnya. Jika ingin hasil yang maksimal bila perlu bersihkan biji kurma dengan menggunakan sikat gigi agar kebersihan lebih terjaga.

Di Jemur di Bawah Terik Matahari

Setelah yakin biji kurma yang akan kita olah bersih, lalu sebarkan di wadah yang lebar dan taruh di tempat yang panas karena sinar matahari agar cepat kering. Di samping menjemur biji kurma tersebut jagalah selalu kebersihannya agar tidak bercampur dengan debu atau kotoran atau serangga.

Di Goreng

Tahap berikutnya adalah di goreng tanpa menggunakan minyak goreng. Aduk terus sampai merata dan berubah warna menjadi kehitaman, dengan aroma mirip biji kopi yang harum, sehingga dengan demikian biji kurma di anggap sebagai pengganti kopi dan bisa di pakai untuk minuman sehat seperti layaknya minum kopi.

Haluskan

Setelah di goreng dan berubah warna menjadi hitam, tahap selanjutnya adalah di haluskan atau bisa juga di blender, Haluskan sampai merata agar di dapatkan bubuk isi buah kurma yang lembut.

Itulah beberapa langkah untuk menghaluskan biji kurma agar dapat di manfaatkan untuk kepentingan kita, sayang bukan kalau harus di buang begitu saja.

Manfaat dari Bubuk Biji Buah Kurma tersebut antara lain:

* Menurunkan resiko terkena strok hingga 40%

* Menghilangkan letih dan lesu

* Menjaga kehangatan tubuh kita agar selalu dalam keadaan hangat

* Menyembuhkan sakit perut

* Menyembuhkan sakit kepala atau migrain

* Melancarkan dan menstabilkan peredaran darah

* Membantu menyembuhkan strok, kolesterol dan darah tinggi

* Membantu menstabilkan rasa kantuk tubuh kita

* Membantu menyembuhkan kanker, keputihan, gatal di kulit dan masuk angin

* Membantu merileksasi otot saraf sehingga dapat menimbulkan perasaan tenang dan tidak gelisah

* Meningkatkan stamina tubuh dan menjaga kondisi yang sehat

* Membantu melunakkan daging yang keras

* Di percaya dapat membantu menyembuhkan penyakit diabetes

* Di percaya membantu mengatasi kebotakan

* Bagi wanita bubuk biji kurma bisa di pakai untuk lulur kulit agar tampak lebih cantik alami

* Melancarkan pencernaan karena juga mengandung serat alami dan menguatkan tulang dan gigi

* Merawat kesehatan mata dan mempertahankan agar tetap sehat

* Mengurangi resiko penyakit jantung koroner, karena dapat menurunkan tingkat LDL (Kolesterol jahat)

* Sebagai minuman yang cocok untuk penderita anemia

* Membantu mempercepat pembekuan darah

* Membantu meningkatkan responsivitas terhadap saraf karena biji kurma juga mengandung potasium (Tubuh kita tidak bisa menyimpan potasium berlebih sehingga akan terbuang bersama keringat)

Jadi, bubuk biji kurma tadi bisa Anda jadikan minuman seperti layaknya kopi. Rasanya, pasti beda, penasaran? Anda bisa buat sendiri dan rasakan sensasi minuman bubuk biji kurma.

Jika Anda seorang wanita, di atas sudah di singgung bahwa bubuk biji kopi bisa di pakai untuk menghaluskan dan mempercantik kulit wajah. Caranya, Ambil bubuk biji kurma secukupnya dan campurkan dengan madu, aduklah dan oleskan ke kulit. Bagaimana, mudah bukan?

Itulah beberapa manfaat bubuk biji kurma yang bisa kita manfaatkan untuk menunjang kesehatan dan kecantikan diri kita, jika pemirsa memiliki manfaat lain dari biji kurma, Anda bisa tambahkan di kolom komentar agar bisa di manfaatkan untuk lebih banyak orang lagi.

Semoga bermanfaat dan terima kasih


2 comments:

  1. wah,,,ternyata,,,,kurma banyak juga manfaatnya.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya dagingnya tapi bijinya pun juga bermanfaat,,, terima kasih Kang Nata

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga