Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak dengan Olahraga

Cara meningkatkan kepercayaan diri anak dengan olahragaCara Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak dengan Olahraga - Perasaan kurang percaya diri (minder) selalu menghantui anak dan hal ini sangat mengganggu perkembangan psikis mereka. Hal ini harus segera di atasi, karena akan berdampak hingga pada masa dewasa.

Anak-anak usia tujuh sampai dua belas tahun adalah masa yang efektif untuk pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara fisik, mental dan emosional. Oleh karena itu hal ini menjadi sangat penting dan menjadi prioritas perhatian utama.

Kebiasaan gaya hidup sehat harus di tanamkan sejak dini karena dengan olahraga anak juga akan bisa belajar menghargai nilai kehidupan, berolahraga akan mendidik anak untuk pantang menyerah, sportivitas dan meningkatkan kepercayaan diri yang bagus. Menurut seorang ahli psikolog anak Roslina verauli, M.Psi. di senayan-Jakarta pusat.

Saat ini trennya sudah berubah, beda dengan aktivitas anak dulu dengan sekarang, kalau dulu mereka setengah di paksa untuk selalu duduk di bangku sekolah dan tekun mendengarkan pelajaran yang di sampaikan pengajar, namun sekarang jam olahraga dan aktivitas di lapangan harus lebih banyak.

Pada usia tujuh hingga dua belas tahun ini adalah awal masa proses pencarian jati diri anak, mereka kerap tidak percaya diri saat menghadapi apa yang ada di depannya.

Dengan lebih banyak aktivitas di luar sekolah seperti berolahraga maka otak anak akan terangsang lebih kreatif dan produktif, otak akan lebih segar dalam menerima mata pelajaran. Sebaliknya jika kurang bergerak mereka cenderung banyak keluhan dan bahkan kadang sering menggangu kawan lainnya.

Seorang pemerhati gaya hidup Dr. Grace Judio-Kahl, MSc,MH. Mengatakan bahwa " Kurang gerak akan menyebabkan kekebalan tubuh kurang dan menghambat pertumbuhan." Oleh karena itu berolahraga akan membantu pertumbuhan anak.

Dr, Grace menyarankan setidaknya anak harus melakukan lari tiga sampai lima kali dalam seminggu, selain itu mereka juga harus melakukan gerak bela diri atau olah tubuh, seperti gerakan karate, tinju atau menari.

Dengan kepercayaan diri yang stabil maka seorang anak dapat menerima secara apa adanya dirinya, selain mendatangkan sikap bersyukur anak juga akan bisa menghadapi hidup dengan tenang. Mereka akan menjalani hidup dengan perasaan yang realistis dan rasional.

Artikel lain:
3 Anak dengan kecerdasan di atas rata-rata
7 Makanan yang dapat membantu menghilangkan rasa cemas

Olahraga Akan Menghasilkan Sesuatu Yang Baru Bagi Anak

* Merasa Berprestasi
Setiap kali anak berolahraga akan meningkatkan kondisi derajat pribadinya, karena dengan melakukan itu mereka akan merasakan telah melakukan sesuatu yang berarti bagi dirinya daripada hanya diam atau duduk termenung saja.

* Merasa Bahagia
Ketika berolahraga maka tubuh akan mengeluarkan zat endorfin yang bersifat mengurangi stres dan memunculkan rasa bahagia dalam hati, jelas hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri anak.

* Mengubah Pola Pikir
Saat mulai berfikir negatif dan muncul rasa cemas maka olah raga akan mengubah pola pikir ini dengan hal yang lebih positif. Hal ini akan meningkatkan tingkat derajad kepercayaan diri anak.

* Mempererat Sosialisasi
Melakukan olahraga dengan orang lain, teman, sahabat atau anggota keluarga lain akan membantu memperbaiki juga meningkatkan keharmonisan hubungan di antara mereka. Dengan bertemu orang lain akan merangsang otak untuk berfikir sejenak dan berucap.

* Fisik Sehat
Banyak sekali manfaat olahraga selain memberi dampak positif secara mental dan sosial satu hal lagi yaitu memberikan dampak positif bagi fisik anak. Dengan melakukan aktifitas fisik maka kekebalan tubuh anak akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

* Memperbaiki Penampilan Diri
Tubuh akan selalu sehat, kulit tampak lebih cerah dan bersih, penampilan akan semakin menarik, dengan begitu anak akan merasa bahwa dirinya lebih baik dari saat kemarin, hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri yang lebih baik juga.

* Makin Cerdas
Berolahraga akan menjadikan anak lebih cerdas dan sehat, karena saraf otak akan lebih terangsang dan aktif, dengan demikian akan lebih mudah menerima materi pelajaran sekolah sehingga lebih fokus dan konsentrasi meningkat.

* Lebih Kompetitif
Berolahraga mungkin akan meimbulkan perasaan menantang diri sendiri atau orang lain, tentu saja sikap kompetitif ini harus di pilih dalam hal positif seperti berprestasi di sekolah atau lomba lari dll. Dengan semangat yang tinggi maka prestasi akan mudah di raih.

Sahabat infokesehattan.com, inilah cara meningkatkan kepercayaan diri anak melalui olahraga dan pilihan ini adalah yang paling mudah, murah dan sehat tentu saja syaratnya adalah jangan malas untuk berolahraga, orang tua harus bisa memberikan dorongan semangat untuk anaknya agar bersedia melakukan olahraga.

Semoga bermanfaat dan terima kasih
  



0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga