4 Manfaat Bayam Merah yang Layak Mendapatkan Apresiasi

4 Manfaat bayam merah yang layak mendapatkan apresiasi4 Manfaat Bayam Merah yang Layak Mendapatkan Apresiasi - Tanaman bayam yang tumbuh di sekitar lingkungan kita kadang tidak mendapatkan perhatian khusus dan cenderung memandang sebelah mata, ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan, terutama bayam merah. Di China bayam merah bernilai ekonomis tinggi.

Konon tanaman bayam ini berasal dari Amerika tropik dan bernama latin Amaranthus dubius. tanaman ini mudah tumbuh di belahan dunia yang beriklim tropis dan sub tropis. Awalnya tanaman ini bermanfaat untuk penghias taman saja namun seiring berkembangnya zaman tanaman bayam merah lebih di promosikan sebagai sumber vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan.

Ada beberapa jenis bayam yang kita kenal dan yang paling umum adalah bayam yang biasa di buat sayur yang biasa di sebut bayam "sekul". Ada 3 varietas dari bayam yang tergolong Amaranthus antara lain

1. Bayam kakap (A. Hybridus), bayam duri (A. Spinosus) dan bayam tanah (A. blitum)

2. Bayam hijau biasa, bayam merah (blitum rubum) yang berwarna hijau keputihan.

3. Batang dan daun bayam merah mengandung cairan yang berwarna merah, selain A. tricolor terdapat juga bayam jenis lain.

Jenis bayam yang paling banyak di budi dayakan adalah tricolor dan hybridus, sedangkan jenis bayam lain tumbuh liar.

Berikut 4 Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Layak untuk Mendapatkan Apresiasi

1. Meningkatkan Kinerja Ginjal

Selain untuk meningkatkan kinerja ginjal juga menlancarkan pencernaan. Di China banyak masyarakat yang memanfaatkan akar bayam merah untuk pengobatan disentri.

Caranya:
Ambil beberapa bagian akar dari bayam merah (sekitar 10-12 akar) bersihkan terlebih dahulu, lalu tumbuk sampai halus dan tambahkan sedikit garam halus (sekitar seujung sendok teh) setelah itu di aduk dan saring!untuk pengobatan bisa di minum sekali dalam sehari, lakukanlah rutin setiap hari.

2. Anti Kanker

Dalam sebuah  penelitian di in vitro, melakukan sebuah penelitian dengan menggunakan ekstrak sari air bayam merah, ternyata ekstrak air bayam merah tersebut mampu menghambat perkembangbiakan sel kanker hati dan sel kanker payudara. Sebuah hasil penelitian yang mengagumkan untuk kebaikan umat manusia. Tidak hanya itu ternyata efek penurunan perkembangbiakan juga di temukan pada sel kanker usus besar.

Penelitian tidak hanya berhenti di situ namun di lanjutkan dengan mengunakan sebuah medium seekor tikus putih, hasilnya sel kanker yang terdapat pada tikus juga mengalami penurunan perkembangbiakan setelah di berikan suplemen ekstrak air bayam merah 5 persen, lalu 7,5 persen dan terakhir 10 persen. Hambatan yang paling signifikan terdapat pada tikus yang telah di berikan suplemen ekstrak air bayam merah sebesar 10 persen.

3. Meningkatkan Respons Glikemik

Manfaat nutrisi bayam merah yang lain adalah sebagai bahan untuk meningkatkan asupan serat untuk mendongkrak respons lipid dan glikemik. Sebuah penelitian yang menggunakan roti dengan bahan dasar bayam merah.

Penelitian ini menggunakan medium tikus dan di bagi menjadi tiga kelompok. Pada kelompok pertama di beri roti tanpa bayam merah, kelompok ke dua di beri roti dengan bahan dasar bayam merah 10 persen dan kelompok ketiga di berikan roti dengan bahan dasar bayam merah lebih besar 20 persen.

Hasilnya menunjukkan bahwa ada perbedaan statistik konsentrasi glukosa, protein dan trigliserida pada tikus yang di berikan 10 dan 20 persen bahan dasar ekstrak bayam merah.

4. Meningkatkan Semangat saat Melakukan Olahraga

Kandungan nitrat pada bayam merah di sinyalir sebagai penyedia energi saat kita melakukan olah raga. Zat ini di ketahui mampu memanfaatkan oksigen (O2) lebih ekonomis, hal ini sangat berguna saat kita melakukan olahraga karena penggunaan kalori lebih hemat.

Salah satu keuntungannya adalah mampu memberikan efek bertahan dan tidak cepat merasa lelah saat melakukan olahraga berat seperti berlari jarak jauh, bersepeda dan olah raga lain yang membutuhkan tenaga lebih besar. Meskipun hasil awal menunjukkan kemajuan namun masih membutuhkan banyak penelitian lain agar lebih akurat.

Kandungan Unsur Kimia dalam Bayam Merah

Di bandingkan bayam hijau, bayam merah kurang populer di telinga masyarakat. Meskipun demikian bayam merah banyak mengandung nutrisi tinggi atau zat kimia seperti protein, lemak, nitrat, kalium, karbohidrat, amaratin, rutin, purin, vitamin A, B, C, zat besi dan serat, mangan, posfor, niasin, karoten, saponin, klorofil, polivenol, flavonoid dan Alkaloid.

Meskipun penelitian terhadap bayam masih tidak banyak namun sampai saat ini banyak kalangan masyarakat yang memanfaatkan untuk makanan (sayur) sebagai teman nasi terutama pada beberapa negara di Asia selatan, Asia tenggara dan Afrika, namun bedanya mereka yang di Asia cenderung untuk di buat makanan namun di Afrika untuk pengobatan herbal.

Itulah 4 manfaat bayam merah yang memang layak untuk mendapatkan apresiasi dari banyak kalangan masyarakat.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



6 comments:

  1. Bayam merah sumur - umur saya sepertinya belum pernah mencicipinya. Kalau bayam hijau umumnya ada di dalam sajian sup. Ternyata banyak juga manfaatnya ya mas. Kapan - kapan ke pasar nyari tu sayuran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas hanya kalah populer saja, tapi kalau di pasar tradisional mungkin jarang di temui tapi kalau di supermarket ada.

      Delete
  2. aku koq jarang ya nemuin bayam merah dipasar dekat rumah ku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bayam merah itu kalah populer dengan bayam hijau yang sering kita temui, tapi manfaatnya tidak kalah dengan bayam-bayam jenis lain, setahu saya ada kok di supermarket.

      Delete
  3. baru tahu ada bayam merah
    ternyata manfaatnya banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sayang sekali kalau tidak kita manfaatkan, alam telah menyediakan banyak ragam tanaman yang siap di manfaatkan untuk keperluan kita.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga