7 Manfaat Buah Mentega untuk Menunjang Kesehatan

7 Manfaat buah mentega untuk menunjang kesehatan7 Manfaat buah Mentega untuk Menunjang Kesehatan - Mungkin ada yang masih belum mengetahui buah mentega? buah ini masih kerabat buah kesemek dan memiliki nama lain seperti bisbul, buah lemak, kamagong, velvet apple dan ada juga yang menyebutnya marit.

Sebenarnya buah ini tidak terlalu asing bagi warga negeri ini karena tidak sedikit pula masyarakat yang memanfaatkan buah ini untuk di konsumsi langsung atau di buat cemilan dari buah mentega seperti keripik atau jajanan ringan lainnya.

Konon asal buah ini dari Philipina dan banyak di temui di hutan belantara, masyarakat menyebutnya dengan buah kamagong, dengan banyak cara akhirnya buah yang terasa manis legit ini sampai ke indonesia dan sekitarnya.

Pohon buah mentega tergolong pohon besar dan rindang yang biasanya di tanam di pinggir jalan atau taman sebagai peneduh lingkungan sekitarnya. Buah mentega yang masih mentah berwarna hijau dan yang sudah matang berkulit kuning kemerahan dan daging buahnya bertekstur seperti mentega, berwarna putih kekuningan.

Kandungan Gizi Buah Mentega

Seperti yang telah di lansir oleh organicfacts, buah bisbol memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, tidak kalah dengan kandungan gizi buah yang lain yang sudah kita ketahui.

1. Serat
2. Vitamin-A
3. Vitamin-C
4. Lemak
5. Protein
6. Karbohidrat
7. Kalium
8. Kalsium
9. Tiamin
10. Zat besi
11. Fospor
12. Riboflavin

Manfaat Buah Mentega untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Seperti yang telah di sampaikan di atas bahwa buah mentega mengandung serat alami yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Dengan terpenuhinya kebutuhan akan serat jelas akan meningkatkan derajad kesehatan pencernaan sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyangkut pencernaan seperti kanker usus, radang pada usus dan lambung, sembelit dan susah buang air besar.

Menjaga Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi yang melimpah pada buah bisbol sangat mendukung terpenuhinya sel darah merah, zat ini juga mendukung kelancaran sirkulasi darah yang mengarah ke seluruh bagian tubuh. Zat besi yang tersuplay akan membantu merangsang pertumbuhan rambut, memperbaiki sel yang rusak dan mendukung proses metabolisme tubuh agar lebih sehat dan maksimal. Buah ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah dengan darah seperti anemia dan kurang darah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam buah bisbol sangat mendukung kesehatan jantung, ini adalah salah satu pilihan terbaik buat Anda yang memiliki masalah jantung, selain rasanya manis dan enak jantung pun sehat.

Zat kalium yang ada di dalam darah mampu membantu meregangkan pembuluh darah yang mulai menyempit, mengurangi stres pada sistem kardiovaskuler dan menstabilkan tekanan darah, selain itu buah ini juga bisa menurunkan kolesterol yang berlebih dalam tubuh kita.

Dengan mengkonsumsi buah bisbol satu biji sehari dapat membantu menurunkan resiko penyakit aterosklerosis, darah mengental, serangan jantung dan strok. Bagaimana hebat bukan?

Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Sistem Imun)

Seperti yang telah di sebutkan di atas bahwa buah ini juga mengandung Vitamin-A dan Vitamin-C yang bisa bertindak juga sebagai antioksidan alami. Dengan mengkonsumsi buah ini berarti kita telah menambah kekuatan kekebalan tubuh kita sehingga tidak mudah sakit.

Antioksidan yang melawan radikal bebas akan memberikan kekuatan baru untuk menjaga kualitas aktifitas harian kita seperti melakukan pekerjaan rutin, belajar dan sebagainya. Kedua vitamin ini akan menjaga dan meningkatkan kualitas derajad kesehatan Anda.

Kedua vitamin ini juga anti penuaan dini, merangsang pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh bagi anak dan satu lagi meningkatkan kesehatan dan menjaga kelembaban kulit.

Menjaga Kesehatan Pernafasan

Masyarakat Filiphina mempercayai bahwa buah bisbol dapat di manfaatkan untuk meredakan batuk, sesak nafas dan asma. Hal ini kemungkinan besar adanya kandungan vitamin dan mineral yang kuat sehingga memberikan konstribusi terhadap kesehatan pernafasan dan kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Tulang yang kuat adalah idaman bagi setiap orang agar hidup tetap berkualitas dan jauh dari segala bentuk penyakit tulang sampai tua. Ada beberapa penyakit tulang yang jarang di ketahui oleh orang dan hal ini selalu bermuara pada kurangnya suplay kalsium dan fospor dalam tubuh kita.

Tulang dan gigi membutuhkan nutrisi agar kuat dan tahan lama. Dengan terpenuhinya kalsium dan posfor akan membantu kita jauh dari osteoporosis, pengapuran tulang dan memperkuat jaringan tulang sehingga buah ini sangat baik untuk masa pertumbuhan.

Menambah Cadangan Energi Tubuh

Manfaat buah mentega untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu menyediakan energi bagi tubuh. Dalam studi buah mentega per seratus gram memiliki kandungan kalori sebesar sekitar 11,8 gram. Itulah keistimewaan buah mentega yang lain.

Kandungan karbohidratnya mampu memenuhi kebutuhan kalori harian kita sehingga membantu tubuh agar tidak mudah lelah dan kita dapat melakukan aktivitas harian lebih baik dan maksimal sepanjang hari.

Itulah 7 manfaat buah mentega untuk menunjang kesehatan kita, untuk saat ini buah mentega mulai jarang di temukan, namun di beberapa daerah lain di indonesia seperti jawa (Bogor, Semarang dan Malang) masih mudah di temukan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih

 

0 komentar:

Post a Comment

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga