9 Manfaat Buah Malaka untuk Kesehatan dan Kecantikan

9 Manfaat buah malaka untuk kesehatan dan kecantikan9 Manfaat Buah Malaka untuk Kesehatan dan Kecantikan - Buah malaka adalah buah yang berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau segar, kalau di lihat dari samping hampir mirip dengan buah jambu air. Buah ini memang tidak biasa jika di makan langsung namun akan menjadi lezat jika di buat aneka makanan cemilan seperti manisan.

Buah malaka memiliki banyak nama seperti amlaki, ammalaki, nilika, amala, mellikai, nilikya dan mungkin masih banyak sebutan yang lain. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam buah ini antara lain vitamin-C, zat besi, posfor, serat, kalsium dan karbohidrat.

Tidak sedikit masyarakat yang sudah mengetahui bahwa buah malaka spesial untuk kesehatan rambut dan kulit dan telah banyak produk yang menggunakan bahan dasar dari buah malaka untuk kecantikan.

Berikut 9 Manfaat Buah Malaka untuk Kesehatan dan Kecantikan

Anti Kanker

Buah yang satu ini bersifat anti kanker, karena memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Konsumsi buah ini sebagai cemilan nikmat setiap hari akan menjauhkan Anda dari berbagai jenis penyakit kanker.

Mengurangi Kolesterol LDL dalam Tubuh

Buah malaka juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh kita sehingga menguntungkan bagi pembuluh darah arteri agar peredaran darah lancar ke seluruh tubuh. Asam amino dan pektin yang ada di dalam buah ini yang menjalankan peran pentingnya.

Sehat untuk Pencernaan Kita

Kandungan serat yang ada di dalam daging buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan kita, sehingga memiliki gerakan elastis yang tetap sehat. Dengan mengkonsumsi buah ini Anda juga akan terbebas dari sembelit dan tukak lambung.

Menurunkan Berat Badan

Nutrisi yang terdapat pada buah malaka akan mendetoksifikasi tubuh dengan cara mengeluarkan segala toksin yang tidak berguna melalui tiga pembuangan yaitu urine, keringat dan buang air besar (BAB), beberapa orang memilih buah ini untuk menu diet sehat yang mereka jalani.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Selain beberapa manfaat di atas buah malaka juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh kita, terutama yang menuju jantung dengan cara menghapus penyumbatan atau halangan yang mengganggu dengan cara meningkatkan kualitas aliran darah sehingga oksigen dapat di terima di semua organ vital termasuk ginjal, hati, limpa dan lainya.

Memperkuat Jantung

Di atas sudah di singgung bahwa buah malaka juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas aliran darah yang menuju jantung sehingga dapat memperkuat derajat kesehatan jantung. Hal ini karena peran penting zat besi yang mempromosikan terbentuknya sel darah merah baru sehingga dengan demikian akan meminimalisir terjadinya serangan jantung dan strok.

Mengontrol Tekanan Darah

Satu lagi keunikan buah malaka yang kecil segar dan imut ini yaitu dapat mengontrol tekanan darah sehingga kelainan tekanan darah dapat di hindari. Selain itu zat yang terkandung di dalamnya juga membuat Anda merasa menjadi lebih rileks dan nyaman. Konsumsi buah ini setiap hari maka Anda akan mendapatkan manfaatnya lebih sempurna lagi.

Mengatasi Uban

Jangan kawatir jika uban Anda terlalu banyak sehingga meningkatkan rasa kurang percaya diri atau kurang menarik, sehingga berupaya untuk menghitamkan lagi dengan cara di semir atau di cat warna warni dan sebagainya.

Banyak yang mengatakan bahwa uban tumbuh karena DNA, atau kesalahan minyak atau sampo dan sebagainya, persepsi yang macam-macam membuat kita bingung dan tidak jelas. Ternyata minyak buah malaka dapat mengatasi masalah uban.

Caranya:

* Potong buah malaka dengan ketebalan sekitar 5 cm.

* Jemur potongan buah malaka di tempat yang tidak langsung terkena matahari, tunggu hingga kering.

* Setelah itu panaskan buah malaka yang telah kering dengan minyak kelapa, lalu tunggu sampai minyak berubah menjadi warna hitam.

* Angkatlah dan dinginkan di tempat yang aman, setelah itu oleskan ke rambut dan kulit kepala sambil memberikan pijatan ringan.

Catatan: Lakukanlah hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Mengatasi Masalah Liver

Di atas telah di singgung bahwa nutrisi buah malaka dapat mengeluarkan toksin atau racun tubuh termasuk yang ada di dalam hati/liver. Dengan mengkonsumsi rutin buah malaka atau yang sudah menjadi serbuk maka dapat menjaga liver Anda tetap sehat.

Itulah 9 manfaat buah malaka untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kita ketahui, semoga bermanfaat dan terima kasih.




6 comments:

  1. kalau buah untuk meningkatkan berat badan ada ngk mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, tetapi sebenarnya bukan karena buah itu mengandung kalori, karbohidrat atau nutrisi lain yang tinggi namun lebih di karenakan oleh kapasitas, seberapa besar kita mengkonsumsi makanan/buah ini setiap hari,,,

      Delete
  2. buah malaka kaya buah jambu biji ya mas... memang khasiatnya juga hampir sama yakni bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, memang buah ini tidak terlalu populer di negeri ini, sehingga kurang di kenal oleh masyarakat meskipun demikian bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh kita.

      Delete
  3. Replies
    1. Meskipun buah ini banyak tumbuh di daratan india, di jawa juga bisa kita dapatkan, tetapi biasanya sudah dalam bentuk makanan ringan sepeti manisan.

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga