Cara Mengatasi Trauma yang Tepat dan Benar

Cara mengatasi trauma yang tepat dan benarCara Mengatasi Trauma yang Tepat dan Benar - Trauma psikologis biasanya terjadi pada seseorang yang setelah mengalami kejadian besar yang mengancam jiwa atau apapun yang memberikan efek atau dampak yang kuat dan selalu teringat pada peristiwa tersebut pada waktu yang lain.

Biasanya yang terjadi dalam bentuk kesedihan yang berlebih yang menurut penderita sudah melampaui batas kemampuannya dalam menerima reaksi stres atau depresi terhadap suatu peristiwa tertentu.

Artikel lain:
8 Langkah mudah mengatasi gelisah
5 Makanan yang mendukung timbulnya stres

Seseorang yang mengalami traumatik biasanya selalu merasa tidak tenang, takut, sedih, galau dan syok. Reaksi setiap orang berbeda-beda meskipun menghadapi kejadian traumatik yang sama, namun orang yang mengalami kejadian ini di sarankan untuk segera menanggulanginya agar tidak berkepanjangan.

Berikut ini Beberapa Cara untuk Mengatasi Trauma yang Tepat dan Benar Agar Tidak Muncul Lagi

* Pelajari pola pikir sendiri, yang pertama adalah sadarilah bahwa rasa tidak tenang, syok, takut, sedih, galau dan cemas hanya ada di dalam pikiran dan bukan kasat mata, sadari pula bahwa peristiwa itu sudah berlalu dan saat ini Anda sudah terlepas darinya. Langkah kedua cobalah untuk menerima hal baru yang saat ini berlangsung apalagi saat rasa itu mulai muncul kembali. Berusahalah untuk melupakan peristiwa itu! 

* Menenangkan diri dengan cara menarik nafas, ketika gejala cemas, syok, takut atau pikiran mulai tidak tenang cobalah untuk melawannya dengan cara menarik nafas lebih lama lalu keluarkan perlahan, lakukan berulang agar keadaan menjadi lebih tenang dan bisa berfikir jernih.

* Tunggu sampai mereda, dalam situasi yang tidak menentu sangat di sarankan agar tidak mengambil keputusan besar yang berpengaruh terhadap kehidupan, seperti pindah rumah, menjual rumah, pindah studi, menikah, risigh dari pekerjaan atau hal lain yang berpengaruh besar pada kehidupan Anda. Tunggulah situasi agar pikiran Anda lebih tenang dan dapat menerima secara rasional.

* Ikhlas dan menerima apa adanya, kejadian traumatik akan menjadikan suasana hati yang tidak tenang, seperti pindah rumah sadarilah bahwa nanti Anda akan menerima perubahan sosial yang ada di sekitar tempat tinggal, menjual rumah sadarilah nanti setelah laku terjual Anda tidak lagi memiliki rumah, dengan menikah Anda akan mengalami suasana kehidupan baru yang jauh berbeda dari biasanya, atau keluar dari pekerjaan yang akan tidak ada lagi penghasilan yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan setiap hari dan sebagainya.

Mulailah dengan menerima ketidak pastian hidup, ikhlas dan menerima apa adanya sadarilah bahwa segala sesuatu yang Anda miliki pun bukan milik Anda yang sesungguhnya. Perlahan, hilangkan perasaan cemas, takut, galau dan teman-temannya itu agar Anda segera pulih kembali. Satu hal lagi yang harus di ingat bahwa keadaan seperti ini tidak berlangsung selamanya, akan ada perubahan secara bertahap di kemudian hari.

* Kembali sibuk dengan aktifitas harian, keadaan stabil dengan adanya rutinitas harian akan membantu Anda mengalihkan perhatian, sehingga semakin lama akan semakin jauh dari rasa tidak tenang tersebut dan Anda akan memasuki dunia baru yang lebih baik.

Mulailah dengan mengenal atau bersosialisasi dengan teman, tetangga, keluarga dan membuat suatu perencanaan yang menyenangkan bersama keluarga atau sahabat. Menyibukkan diri dalam aktifitas itu akan merubah suasana hati dan perasaan menjadi lebih happy yang pada akhirnya akan menggantikan kondisi psikologis Anda saat ini secara perlahan.

* Jangan menyalahkan diri sendiri, penyebab peristiwa yang terjadi pada masa lalu sadarilah bahwa itu bukan kesalahan dan kehendak Anda, oleh karena itu jangan menyalahkan diri sendiri. Semua sudah di gariskan untuk terjadi. Sadarilah bahwa rasa sedih, galau, malu, marah, takut, kecewa dan mengasihi diri sendiri justru akan menambah suasana menjadi lebih buruk dan penyebab munculnya penyakit.

Artikel lain:
7 Makanan sehat penghilang rasa cemas
Cara meningkatkan kesehatan dengan mendengarkan musik 

* Bantuan dari pihak lain, sebenarnya cara di atas jika di lakukan terus menerus akan memulihkan kondisi Anda tetapi jika ingin lebih cepat lagi, Anda bisa meminta bantuan pihak ketiga seperti berkonsultasi kepada para ahli kejiwaan atau psikologi yang sesuai dengan kehendak hati dengan di bantu anggota keluarga atau sahabat.

Atau meminta pendapat dan konsultasi pada organisasi tertentu yang bergerak di bidang konsultasi khusus bagi penderita trauma karena bencana, kecelakaan atau yang lain. Dengarkan dan pelajari apa yang di sampaikan, hal ini akan mempercepat proses pemulihan.

Pada dasarnya penyembuhan atas kondisi yang terjadi adalah tergantung dari diri Anda sendiri, oleh karena itu jangan cepat menyerah atau putus asa dengan keadaan seperti itu semua orang berpeluang mengalaminya, Anda tidak sendirian. Anda harus bisa menanggulanginya dan kuat dalam menerima cobaan.

Itulah cara mengatasi trauma yang tepat dan benar, semoga dengan adanya tulisan ini dapat berguna dan memberikan pemecahan permasalahan hidup yang terjadi.

Terima kasih



2 comments:

  1. saya sendiri sering mengunakan Cara menarik napas untuk menenangkan..diri,,dan ternyata cukup ampuh mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar Kang Nata, tehnik ini meskipun sangat sederhana ternyata memberikan manfaat yang sangat besar terhadap trauma yang kita derita,,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga