Daun Insulin Tidak hanya Untuk Pengobatan Herbal Diabetes

Daun insulin tidak hanya untuk pengobatan herbal diabetesDaun Insulin Tidak hanya Untuk Pengobatan Herbal Diabetes - Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui daun insulin dan manfaatnya, daun yang berbentuk memanjang dan melebar ini bermanfaat untuk mengobati diabetes melitus dan juga untuk pengobatan lain.

Tanaman insulin ini konon berasal dari Brasil timur, bagi warga India daun yang bernama lain Fiery Costus atau spiral flag ini sudah tidak asing lagi, karena banyak warga di sana memanfaatkannya untuk pengobatan Ayurveda. Menurut kepercayaan mereka bahwa daun insulin ampuh untuk mengobati diabetes melitus.

Artikel lain:
8 Tanaman obat herbal antihipertensi
Makanan yang baik dan buruk bagi penderita diabetes

Tidak hanya untuk pengobatan diabetes ternyata daun insulin juga bermanfaat untuk infus gangguan ginjal di Meksiko. Setelah di lakukan sebuah penelitian ternyata daun insulin juga bersifat sebagai antioksidan, antimikroba, antikanker dan antibiotik.

Manfaat Daun Insulin

Obat Herbal untuk Penyakit Diabetes

Seperti telah di singgung di atas bahwa daun insulin bermanfaat sekali untuk mengontrol dan mengobati penyakit diabetes. Penduduk India bahkan mempercayai bahwa dengan mengkonsumsi satu lembar daun insulin setiap hari akan bermanfaat untuk menstabilkan dan menurunkan kadar gula darah. Dan hal ini di pertegas dengan adanya sebuah penelitian yang menggunakan medium tikus yang di infeksi penyakit diabetes lalu di berikan ekstrak daun insulin ternyata menunjukkan perkembangan yang bagus terhadap gula darahnya.

Sebagai Antioksidan

Tidak hanya daun tapi akar tanaman insulin di duga memiliki zat yang bersifat antioksidan yang cukup tinggi. Dalam sebuah penelitian senyawa bioaktif quercetin dan diosgenin dalam tanaman insulin menunjukkan aktifitas sebagai antioksidan yang cukup untuk mengatasi stres pada organ hati, pangkreas dan ginjal tikus yang menderita diabetes.

Merangsang Efek Deuretik (Mempermudah Produksi Air Seni)

Daun insulin di duga juga memiliki sifat natriuretik yang serupa dengan furosemide, yaitu obat yang di gunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan edema (kelebihan cairan di bagian tubuh tertentu).

Furosemide bekerja dengan merangsang ginjal untuk mengeluarkan garam dan air yang tidak di butuhkan oleh tubuh melalui urine. Sementara peran dari ekstrak daun insulin adalah untuk meningkatkan kadar natrium dan kalium untuk efek diuresis.

Aktifitas Hipolipidemik

Hipolipidemik adalah suatu keadaan tertentu pada lipid dan lipoprotein rendah dalam darah. Lipoprotein merupakan zat yang dapat mengikat kolesterol yang ada di dalam darah. Jika kadar lipoprotein dalam darah cukup tinggi maka bisa memicu penyakit kardiovaskuler seperti penyakit arteri koroner, serangan jantung dan strok.

Nah, menurut studi yang di lakukan pada tikus, daun insulin di duga dapat mengatasi kondisi hiperlipidemia dalam darah dengan cara menurunkan kadar kadar kolesterol serum, kolesterol jahat (LDL) dan Trigliserida secara signifikan.

Antimikroba

Ekstrak daun insulin di percaya dapat bermanfaat untuk menangkal aktifitas jamur dan bakteri yang merugikan manusia.

Antikanker

Dalam sebuah penelitian di temukan kesimpulan bahwa ekstrak daun insulin juga bermanfaat sebagai zat yang anti sel kanker, artinya sel kanker apapun dapat di cegah dengan daun insulin.

Artikel lain:
Daun bambu sebagai obat herbal yang mujarab
Manfaat daun dan bunga pepaya untuk kesehatan

Kandungan zat yang terdapat di dalam daun insulin di duga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia namun demikian masih membutuhkan banyak studi dan penelitian lain yang lebih meyakinkan.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



2 comments:

  1. Wahhh.....sudah buanyakkk nich artikelnya,,,, gan...mmmm,,, kaya manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe,,, makasih Kang Nata, semoga banyak memberi manfaat,,,

      Delete

"Terimakasih sudah membaca blog ini, silahkan tinggalkan komentar."

Lazada Indonesia

Bahasa yang kamu gunakan

Copyright © infokesehattan.com | Powered by Blogger DMCA.com

Design by Sehat Jiwa dan Raga